Ramadhan Tahun Kedua di Pandaan

Tidak disangka, ini jadi ramadhan kedua saya di Pandaan. Tahun lalu, saya ditugaskan ke Pandaan selama tiga bulan, pas ketika itu bertepatan awal puasa hingga minggu terakhir menjelang lebaran. Tapi tahun ini saya full stay di Pandaan. Beruntungnya lagi, tahun ini mungkin sampai lebaran nanti saya akan stay di Pandaan, karena tidak bisa mudik akibat wabah corona. Aturan larangan mudik bagi semua penduduk di Indonesia, memaksa saya dan banyak orang lain di Indonesia yang merantau jadi tidak bisa mudik, demi menghambat penyebaran corona.

Ilustrasi .katadata

Saya katakan tadi "beruntung", karena kalau tidak ada corona ini belum tentu saya merasakan lebaran di sini. Merasakan lebaran di perantauan di Purwokerto pernah saya lakukan dulu ketika masa-masa kuliah. Kemudian, lebaran di ibukota, Depok dan Jakarta pernah saya rasakan ketika saya memilih untuk tidak pulang kampung. Merasakan suasana lebaran ketika semua orang pada mudik jadi sensasi tersendiri. Tapi tahun ini, semua orang dipaksa untuk tidak mudik, seperti apakah suasana lebaran tahun ini?

Hal yang sama saya rasakan saat ramadhan di sini adalah full suara lantunan ayat Al-Quran melalui speaker mushala di depan kos, sejak selepas magrib habis teraweh pertama, sampai agak malaman, mungkin sekitar jam10 malam baru selesai, nanti lanjut lagi pas sahur sampai baru selesai itu jam7 pagi. Ya begitulah suasana harian yang saya rasakan selama bulan ramadhan tahun lalu, dan tahun ini pun masih sama sepertinya, dibuktikan dihari pertama ini.

Yang membedakan hanya suasana ketika ngabuburit, tak seramai tahun lalu. Tahun ini mobilitas orang terbatasi oleh wabah corona. Memang sih, ini wabah corona benar-benar melumpuhkan berbagai aspek. Tapi mudah-mudahan saudara umat Muslim bisa melaksanakan puasanya ini dengan lancar sampai akhir nanti pas Idul Fitri. Kondisi fisik yang agak menurun ketika puasa, tidak jadi sarana corona menyerang. Semoga selalu diberi kekuatan untuk menjalani puasa dan terhindar dari daya tahan tubuh yang drop, semoga selalu fit. Harapannya, corona ini bisa segera usai.

Akankah tahun ini saya bisa merasakan suasana buka puasa di alun-alun Batu, Malang lagi ya? Hmm, kita lihat saja nanti bagaimana deh. Terus, apakah akan ada acara bukber tahun ini ya?





Selamat berpuasa ya buat teman-teman yang menjalankan puasa tahun ini, semoga dilancarkan ibadahnya. Amin. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar