Tampilan Baru di Dasbor Blogger

Asyik berselancar blogwalking ke salah satu blogger yang kebetulan komen di salah satu postingan, saya diajak mampir ke blognya, dan saya mendapati informasi, bahwa blogger punya tampilan baru lho.

Hmm, sebagai ucapan terima kasih saya jadi tahu Blogger punya tampilan baru, saya kasi tahu siapa blogger itu, dia adalah Eka Ikhsanudin. Klik saja tautannya, untuk mampir ke blognya.


Kembali ke soal tampilan dasbor Blogger yang dapat pembaharuan ini seperti apa ya.

Tampilan paling baru ini disektor Statistik, yang memberikan kesan modern

Saya lihat dibawah menu "Bantuan & Masukan" ada task bar gitu, tertulis [Coba Blogger baru!]. Setelah saya klik, muncul notifikasi "Coba Blogger Baru: Blogger secara bertahap memperkenalkan beberapa tampilan baru yang bekerja dengan baik di perangkat seluler. Bersiapkan melihat tampilan ini diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Untuk memulai, periksa Statistik, Komentar, dan Tema."



Wow, tumben sekali Blogger bersolek, selama ini mereka bertahan bertahun-tahun dengan tampilan yang gitu-gitu saja. Setelah saya dibuat senang dengan updatenya di aplikasi Android untuk Blogger. Untuk update ini saya tidak tahu mulai sejak kapan ya. Karena saya baru tahu sekarang ini.


Saya mencoba merasakan sensasinya, perubahan apa saja sih yang diberikan Blogger untuk memanjakan penggunanya, yang selama bertahun-tahun menerima apa adanya fitur ngeblog yang gitu-gitu saja.

Tampilan awal ketika saya pilih tadi adalah seperti di bawah ini. Itu ternyata tampilan Statistik yang mengalami sentuhan update.


Di sana ada informasi follower, total judul postingan, dan total komentar. Lalu di bagian bawahnya ada informasi total viewer blog kita,  total viewer hari ini, total viewer kemarin, total viewer bulan berjalan, dan total viewer bulan lalu.

Lanjut di bagian bawah ada statistik sampel untuk postingan terbaru, di sana menampilkan statistik yang bisa dilihat per periode waktu (sekarang, 24 jam terakhir, 7 hari terakhir, 30 hari terakhir, semua). Tapi, fitur ini tidak berfungsi banyak, ketika update postingan terbarunya rutin, jadi tidak bisa memberikan informasi satu per satu dong.

Lalu bisa lihat juga grafik viewer blog kita per periode waktu. Viewer harian, grafiknya sejak pagi dini hari hingga saat ini bisa terlihat, termasuk berapa komentar yang terjadi. Komentar ini terhitung termasuk komentar balasan kita ya.

Pada intinya, tampilan statistik ini diberikan tampilan lebih fresh dan modern, serta lebih berwarna. Blogger coba menghubungkan ke Google Analytic, jadi data statistiknya lebih bisa dipercaya, sedikit lebih akurat dan lebih banyak informasi statistik yang bisa kita baca.


Tampilan selanjutnya yang mendapat sentuhan refresh adalah Komentar. Perubahannya seperti apa, bisa dilihat di bawah ini ya.



Tampilan selanjutnya yang mendapat sentuhan refresh adalah Tema. Ada beberapa tema baru, tapi kalau saya lihat tidak ada yang menarik, sejauh ini masih sama saja ya. Seperti apa tampilannya, bisa dilihat di bawah ini ya.


Selain itu, tidak ada perubahan. Ya harapannya sih ke depan Blogger ini diperhatikan, jadi para blogger awam seperti saya ini cukup terhibur dengan update-update yang dilakulan pengembang.

Tinggal kita tunggu bagian lainnya untuk mendapatkan perubahan seperti:
- Postingan
- Halaman
- Tata Letak
- Setelan
- Daftar Bacaan

Lama gak ya updatenya? Hmm, ya pastinya gak usah ditunggu, soalnya tahu sendiri, ini saja diupdatenya baru sekarang setelah beberapa tahun berlalu. Mungkin udah beberapa kali, tapi karena perubahannya tidak berkala, jadinya pengguna tidak merasa efeknya.

Sementara gitu dulu catatan saya, soal pembaharuan yang dilakukan Blogger untuk tampilan di website. -cpr-

Posting Komentar

6 Komentar

  1. hehe.. saya juga cuma ikut2-an share mas. yah itung2 buat nambah2 postingan di blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kan membantu yg lain jg, yg gk tw jd tw #informasi nya tersampaikan berarti hehehe
      Thx bro

      Hapus
  2. kalau saya sih masih nyaman yang versi lama mas, setelah saya bandingkan dengan versi yang baru, versi lama lebih simple dan cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa si? Ky ny sm sj deh cpt ny.
      Sy soal ny bosen, gitu2 aja, app android aja ad pembaruannya rutin.

      Nah dg ad yg info bgni, jd bs mmutuskan, prlu nyoba baru apa gk.

      Kalau app android ny, sy brhrp bs dpt rutin update, soalny sy lbh bnyk ngetik dri app.

      Hapus
  3. Awalnua suka bingung karna blm terbiasa dgn tampilan barunya.

    Cukup ok memberi tampilan baru dan segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiburan dengan tampilan baru, tapi soal fungsional dikembalikan ke user masing2.

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6