Akhirnya Blogger Dapat Pembaharuan Aplikasi

Blogger merupakan salah satu platform para blogger untuk berkarya dalam dunia blogging, selain Wordpress.

Sejak saya kenal dunia blogger, saya lebih akrab dengan Blogger, yang lebih mudah digunakan para blogger sebagai pemula menurut saya, jika dibandingkan dengan Wordpress yang memerlukan kreatifitas lebih soal editing html.

Kalau ngeblog awalnya saya menggunakan situs blogger.com, dari situ saya ngeblog by website, jadi baru bisa ngeblog ketika saya browsing atau menggunakan laptop atau komputer. Seiringnya waktu, saya dikenalkan dengan aplikasi Android yang memungkinkan kita ngetik blog kapan saja dan dimana saja, jadi mau buat draft lebih praktis. Aplikasi itu bernama "Blogger", sama seperti platformnya itu sendiri.

Aplikasi ini mulai saya kenal sejak saya kenal smartphone Android. Sejak itu pula, ketika saya pertama kali download aplikasi ini hingga saat ini tidak pernah mendapat pembaharuan. Sampai saya 2x ganti smartphone dan install aplikasi ini pun tampilannya ya begitu-begitu saja.


Baru hari ini saya dapat surprise ketika melakukan update aplikasi di Playstore, Blogger ini masuk list update. Saya update dan hasilnya, keren, ada perubahan tampilan. Lebih modern lah sekarang tampilannya. Update ini sebenarnya sudah rilis sejak 7 Oktober 2019, namun baru bisa update hari ini.

Beberapa tampilan barunya bisa dilihat discreenshoot aplikasi yang saya share di bawah ya. Intinya ini ada pembaharuan yang terlihat. Memang, sebelumnya bukan berarti tanpa update sama sekali, ada update aplikasi tapi sangat jarang periode updatenya berbeda dengan aplikasi lain yang berkala updatenya. Kalau pun update pun tidak merubah apapun.

Login menggunakan account Google kita, karena Blogger ini disupport oleh Google

Oh iya, ada satu kelemahan yang sejak aplikasi awal ini saya pakai hingga saat ini setelah dapat pembaharuan saat ini adalah tidak adanya format paragraf, yang mengatur paragraf hasil ketikan kita itu bisa rata kanan, rata kiri atau rata kanan kiri. Jika dibandingkan kita ngeblog by website, tools untuk mengatur tulisan lebih lengkap.

Karena sebelumnya account saya sudah tertaut dengan Android, sehingga account yang masuk ya sudah terdaftar dan tinggal melanjutkan/ memilih saja mau login dengan account yang mana

Dulu di aplikasi ini, hanya tersedia menebalkan huruf, memiringkan dan membuat garis bawah, dan itu pun penggunaannya pun sulit, tidak banyak merubah sesuatu. Tapi sekarang sudah lebih mudah. Jika ingin menebalkan huruf, sebelum mengetik tekan dulu Bold. Jika tidak ingin mengaktifkan tekan kembali. Jika mau memiringkan huruf, tekan dulu Italic, maka tulisan akan jadi miring. Kemudian jika mau tulisan bergaris bawah tekan Underline, maka tulisanmu akan jadi demikian.

Ini contoh postingan terpublish. Berbeda dengan yang sebelum diupdate, list ini tidak menampilkan dokumentasi preview. Update terbaru memunculkannya, it's good.


Ini tampilan draft tulisan yang akan terbit

Upload foto dan gambar bisa lebih mudah, jika dibandingkan update sebelum saat ini. Lebih cepat proses uploadnya.

Satu lagi kelemahan yang justru muncul diupdate terbaru ini. Yakni soal label. Di aplikasi sebelum update, jika kita mau memasukan Label, itu cukup kita ketik huruf depan atau dua huruf depan Label yang biasa kita masukan, dalam arti Label eksisting, maka aplikasi akan otomatis menampilkannya. Kalau sekarang tidak. Saya kan biasa menuliskan Label, 'Posting Pribadi', 'Musik', 'Film', jika jika saya ketikan Label itu, tidak muncul, padahal dulu muncul lho.


Ya itu sih impresi saya menggunakan aplikasi update Blogger. Saya cukup senang dengan pembaharuan ini, dan ada baiknya Blogger ini diupdate berkala, minimal ya enam bulan sekali, atau paling cepat ya tiga bulan sekali. Supaya blogger itu juga dimanjakan, tidak hanya dapat ngeblog via website tapi juga aplikasi, sehingga ngeblog dimana saja dan kapan saja bisa terealisasi.

Mudah-mudahan, soal format toolbars teks ini juga dibaharui, soal Label juga dan kemudahan lainnya dalam ngeblog bisa diakomodir dalam update aplikasi selanjutnya.

Sekian dulu catatan saya ini dibuat, saya buat langsung setelah saya merasakan impresi ngetik dengan aplikasi setelah pembaharuan. Semoga rekan-rekan blogger lain juga bisa merasakan dan berbagi apa saja sih kurang lebihnya dari aplikasi ini. Tambahkan di kolom komentar ya. Oh iya, hanya informasi, aplikasi ini saya jalankan di Xiaomi Redmi Note 4, Snapdragon. Maklum, kan barangkali smartphonenya beda, tampilannya berbeda juga. Sampai jumpa dicatatan lainnya, bye. -cpr-

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Ada catatan tambahan dari pembaharuan aplikasi ini. Dulu di aplikasi yang lama ketika kita membuat catatan/ draft di aplikasi, ketika pilih "enter", atau spasi antar paragraf saat di aplikasi dan kenyataan saat postingan itu dipublish hasilnya bisa berbeda, jadi "enter" antar paragraf hanya semu, nampak saat kita lagi ngetik saja. Pas kita sudah "save", lalu publish atau bahkan kita mengecek draft tulisan kita di weblog browser, "enter" itu tidak ada, yang ada tulisan antar paragraf mepet-dempet.

    Setelah pembaharuan ini, "enter" itu benar-benar difungsikan, jadi ketika di "enter" ya memang itu terjadi, baik ketika dipublish, maupun hanya sekedar draft yang kita buka dari weblog browser.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6