Anniversary Blog #9, Edisi 2019

Tak sangka, sudah mau penghujung tahun 2019 saja, setiap Desember hal lain selain natal dan liburan, yang saya ingat adalah soal hari jadi blog saya ini. Naturality mulai dibangun ya dibulan Desember beberapa tahun yang lalu.
Keeksisan blog ini membuat nama saya di Google cukup berarti. Ya setidaknya cita-cita awal dulu ingin eksis ketika mengetik nama sendiri di Google langsung merujuk pada diri saya.

Ilustrasi, happy anniversary, sedikit tidak nyambung memang, bukan soal cinta-cinta yang anniversary sebenarnya, karena tidak bisa buat design grafis tentang momen ini, jadi ambil di Google deh, biar ada gambarnya hihihi .amazon.id

Tahun lalu saya buat catatan soal evaluasi blog saya ini, selama tahun 2018. Ketika itu, trafficnya memang baik, itu karena ada anomali, yang entah disebabkan apa. Setelah masuk tahun 2019, anomali berkurang, mulai normal trafficnya, tapi ya cenderung menurun, hingga menjelang akhir 2019 ini.

Jika dilihat total postingan tahun ini memang tak lebih banyak dari tahun 2018. Tapi apakah itu yang membuat statistik blog ini mengalami penurunan?

Tahun ini juga saya berusaha untuk kembali bisa dapatkan akses Adsense dari Google, tapi sepertinya tidak berhasil. Alhasil, ya saya hanya bisa menikmati ngeblog sebagai hobi saja, sekedar hobi.

Saya coba membandingkan DA dan PA, DA adalah Domain Authority dan PA adalah Page Authority. Google kini menggunakan penilaian itu untuk menilai suatu blog. Skalanya adalah 100, jika nilainya mendekati angka itu, maka suatu blog dinyatakan baik.

Statistik DA dan PA blog saya tahun lalu ternyata masih lebih baik, tahun ini justru menurun. Saya coba search beberapa web khusus menilai DA dan PA, hasilnya ternyata sama saja, memang ada penurunan.

Saat ini, pengecekan bulan Desember 2019, angka DA saya berada diangka 14, dan PA saya berada diangka 14. Menurun drastis sih, untuk DA penurunan mencapai 4 poin dan PA penurunan mencapai 8 poin.

Awal menuju pertengahan Januari 2020, saya coba cek lagi DA PA blog saya ada perubahan, penurunan DA 1 poin dan kenaikan PA 10 poin. Ini saya cek menggunakan bulkdachecker.com


Saya harus putar akal, gimana menaikan DA dan PA ini, ke kondisi yang lebih baik. Tidak mudah memang, apalagi saya sekedar mengisi kepuasan dengan ngeblog, target utama memang tidak hal ini. Saya pikir, sembari melakukan aktivitas utama, saya bisa berjalan beriringan sebagai penghilang stres.

Disamping angka DA dan PA yang kecil, menjelang Natal ini saya mencoba improvisasi mengubah setelan tema, dengan mengganti display walpaper top title dengan tema sesuai bulan Desember (natal). Setelah saya menggantinya, traffic blog langsung menurun drastis, drop jauh. Saya biarkan untuk bulan ini tema walpapernya begitu, dengan resiko traffic drop. Sekalian saya mau tahu traffic blog saya setahun ke depan bagaimana, jika tiap bulan saya berganti walpaper.

Catatan ini saya gunakan sebagai patokan, evaluasi setahun ini berjalan. Kemudian bisa digunakan juga patokan untuk tahun ke depan, lebih baik atau lebih buruk. Bisa saja ditahun ke depan parameter dari Google dengan alogaritmanya berubah, kan tidak tahu juga. Apalagi saya tak terlalu paham dengan hal ini.

Sekali lagi, happy anniversary my blog. Semoga ya blog ini bisa bermanfaat buat saya pribadi dan pembaca lain, yang mungkin lagi suntuk, pas browsing ada tertarik mampir. Karena ya saya sendiri memanfaatkan blog dari blogger lain ketika lagi suntuk.

Semangat terus buat ngeblog, di sini tempat yang murah meriah, sederhana untuk menghilangkan setres. Bahagia itu sederhana koq, gak usah ribet, tergantung bagaimana kita memanfaatkan situasi yang ada. -cpr-


Note:
Catatan ini memang dipublikasikan per Januari 2020, tetapi naskah dibuat pada Desember 2019, karena kesibukan baru bisa posting. Posting disesuaikan ketika momen anniversary my blog. Just information sih ini, barangkali bingung dengan informasi yang disampaikan di catatan ini

Comments

Popular Posts