Persiapan Perayaan Natal Office Palem Natura

"Jingle bell, jingle bell, jingle all the way. Oh what fun it is to ride in a one-horse open sleigh."

Itulah petikan lirik salah satu lagu yang bertemakan Natal. Yoa, bulan Desember selain jadi bulan akhir dipenghujung tahun, identik dengan bulan natal. Karena sebagian kita merayakan kelahiran Sang Juru S'lamat dunia, Yesus lahir di Betlehem, lahir di sebuah kandang ternak dan dibaringkan di palungan.

Berbeda dengan natal tahun yang lalu yang biasa-biasa saja, natal tahun ini kami punya sesuatu yang berbeda. Berawal dipertengahan November, dari obrolan kosong, bagaimana kalau adain acara pas natal, acara tuker kado kayanya seru tuhNah berawal dari situ, akhirnya direalisasikan. Diputuskan, bahwa tanggal 15 Desember 2018 akan diadakan acara tuker kado, mengisi perayaan natal office kita.

Acara ini memang inisiatif kita-kita saja, tidak ada campur-campur dari HRD. Jadi murni acara dari, oleh dan untuk kita. Bahkan acara yang tadinya sekedar tuker kado, bisa diberikan sisipan acara ramah tamah makan bersama.

Panitianya tidak ada, hanya kita saja. Seksi konsumsinya sudah ada dari GA dimotori oleh Madam Joe, dibantu urusan dapur ada Bu Mar. Urusan beres-beres dan kebersihan ada Dali dan Nobi-Nobi si pemilik blog Baragaduy Story.

Inti acara ya kebersamaan, membawa suasana natal yang berbeda, menjalin kekompakan tim bersama, menjadi satu keluarga.

Beginilah rule acara tuker kadonya. Jadi sejak diputuskan untuk acara tuker kado ini, akhirnya dibuat kocokan nama. Nama semua karyawan yang ikut, nama dikumpulkan dan dilakukan pengkocokan. Masing-masing lalu kemudian mengambil satu persatu hasil kocokan.  Nama yang didapat adalah nama yang harus kita berikan kado pada acara nanti. Nama itu harus dirahasiakan, dan nanti nama itu harus ditempelkan dikado dan kado-kado tersebut akan dikumpulkan, saat acara MC akan membacakan nama yang tertempel disetiap kado. Soal aturan kadonya itu, minimal seharga 100K. Jika saat hari H, tidak ada kado, maka harus memasukan uang 200K ke dalam amplop yang mekanismenya sama seperti pengemasan kado tadi. Waktu mencari kado adalah 20an hari, jadi cukup buat mencari kado. Semua kado dibungkus dengan kertas koran.

Dresscoat untuk acara nanti adalah merah, hijau dan putih, ya warna-warna yang ada dihiasan natal atau pernak-perniknya, kan banyak dimominasi warna itu, jadi biar keliatan ada natal-natalnya gitu.

 Ini dia tempat kado akan dikumpulkan

Ini dia kado-kado yang sebagian sudah terkumpul

Saya antusias dengan acara ini, menyenangkan pastinya, maklum sudah lama sekali saya tidak merayakan natal seperti ini. Meskipun umur sudah bertambah tua, tapi untuk hal seperti ini (tuker kado) selalu menyenangkan. Menyenangkan lagi adalah diem-diem tentang nama siapa yang kita pegang, yang kadonya akan diberikan nanti. Belum lagi, rasa kepo ingin tahu. Menarik lagi adalah mencari kado untuk orang yang namanya ada pada kita. Bingung mau belikan apa.

Saya senang itu datang dari menebak-nebak, si A dapat siapa, si B dapat siapa. Karena selama masa pencarian kado, pasti akan seru. Saya memperhatikan gerak-gerik dan topik pembicaraannya ketika membahas semua hal. Sampai akhirnya ya ada yang keceplosan, akan memberikan kado buat siapa. Lalu, si A ini kecenderungannya kemana, atau si B, si C, dan seterusnya. Tidak semua bisa ditebak juga. Kita juga harus menjaga rahasia dari kekepoan yang lain. Entahlah, mungkin hanya saya yang berpikir demikian. Pokoknya, seru deh acara tuker kado ini, apalagi dilakukan dikomunitas kecil seperti ini.

Ini dia kado yang saya bungkus, itu dikertas putih bertanda panah ada nama si penerima kado


Saya sendiri tipe yang sulit memendam cerita, karena saya senang bercerita. Tentang bagaimana mau cari kado, sudah memilih barang yang pas dan sudah beli, tetapi yang mau beli kado, ternyata punya selera lain atas kado yang dibeli. Memang kalau disandingkan, kado kita tidak ada apa-apanya, tapi kan rule budget kadonya, yang penting sesuai, jadi sebenarnya tidak ada masalah. Tapi bersabarlah, karena saatnya acara, akan banyak kegembiraan di sana, bisa melepas cerita.


Ya begitulah kiranya persiapan untuk acara tuker kado dalam rangka perayaan natal di kantor. Acara sederhana tapi harapannya bisa membawa kegembiraan buat semua. Untuk catatan saat acara, akan saya bagikan nanti. Sekian catatan saya kali ini. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar