Jorge #99 Jadi Pusat Perhatian Saat Tes Resmi Pra Musim I Valencia 2019

MotoGP musim 2018 telah usai setelah berlalunya seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Meski musim 2018 telah berlalu, namun itu bukan berarti MotoGP telah usai, selang beberapa hari acara MotoGP Award usai dilangsungkan, penanda musim 2019 pun segera dibuka.

Musim 2019 diawali tes resmi pertama yang digelar di sirkuit yang sama. Di sinilah rider dengan tim baru menampakan diri menjajal motor baru, ada pula yang masih berseragam lama tapi menjajal motor baru untuk musim berikutnya, kemudian penampilan pertama rider yang naik kelas ke MotoGP dari Moto2.


Seperti Lorenzo yang mulai musim 2019 berseragam Repsol Honda setelah bekerjasama dengan Ducati Corse selama dua musim (2017-2018). Johan Zarco yang kini berseragam KTM Red Bull Factory. Andrea Ianone yang kini berseragam Aprilia Racing Gresini. Danillo Petruci yang naik kelas ke tim pabrikan Ducati Corse. Ada pula Joan Mir rider debutan dari Moto2 yang kini berseragam Suzuki Ecstar. Kemudian ada tim baru Petronas Yamaha SRT yang kini jadi tim satelit Yamaha setelah Tech 3 memilih meninggalkan Yamaha dan bekerjasama dengan KTM mulai musim 2019. Serta rider-rider lain yang berpindah tim. Semua itu memberikan warna tersendiri dan rasa penasaran buat pencinta MotoGP untuk tahu.


Zarco bersama tim barunya KTM Red Bull Factory

Ianone bersama tim barunya Aprilia Racing Gresini, semoga lebih akur dan all out 100% bahkan lebih


Joan Mir, debutan dari Moto2, kini bersama tim Suzuki Ecstar memulai debutnya untuk musim 2019 akan datang, bersama Alex Rins

Tak sekedar tim baru, tapi paket motor yang baru juga jadi kekepoan tersendiri. Masing-masing tim, terutama tim pabrikan pasti punya motor andalan untuk menghadapi musim 2019. Update part, teknologi dan segala macamnya diupayakan demi persaingan musim 2019. Kekepoan juga datang dari masing-masing kru tim. Nampak di beberapa video, beberapa kru tim dikirim ke garasi tim lain, untuk ngepoin tim lainnya, seakan penasaran dengan update terbaru dari motor pesaingnya.

Begini ketika tim Ducati mengintip garasi Repsol Honda, untuk melihat motor milik Marc

Hal yang sama juga dilakukan tim Repsol Honda ke garasi Suzuki Ecstar, melihat motor GSX-R yang akan dipakai musim 2019. Tim Yamaha juga ikut mengintip garasi Marc. Tim-tim besar saling kepo satu sama lain, melihat update terhadap motor masing-masing

Tes pra musim 2019 yang dihelat di Valencia ini berlangsung selama dua hari, 20-21 November 2018. Selama tes, Maverick Vinales #12 sukses jadi yang tercepat. Nampaknya, paket Yamaha M1 untuk musim 2019 nampak menjanjikan. Rekan setimnya, Valention Rossi #46 mampu jadi tercepat ketiga dihari pertama dan kesembilan dihari kedua.

Hal lain yang jadi sorotan selama sesi tes pra musim 2019 yang pertama ini adalah Jorge Lorenzo #99. Musim 2019 jadi musim pertamanya bersama Repsol Honda, motor pabrikan ketiga yang berbeda setelah Yamaha M1, Desmocedici GP dan kini Honda RC213V. Sejauh ini, Yamaha masih jadi yang terbaik yang mampu dikuasai Jorge, meski di Ducati hasilnya tidak begitu buruk jika dibandingkan Vale ketika di Ducati. Dan kini Jorge akan menghandel RC213V yang berhasil membawa Marc juara dunia dua kali berturut-turut 2017 dan 2018, dan berhasil merengkuh 5 gelar juara dunia.



Penampilan Jorge selama sesi tes pra musim jadi perhatian karena racing suit yang dikenakannya serba hitam dengan logonya berkelir merah, nampak sangar, belum lagi tiga motor terparkir di garasi tim Repsol Honda dengan nomor #99 bertanduk kelir merah seperti ciri khas Jorge selama ini.



Meskipun hasil tes pra musim 2019 Jorge hanya mampu jadi yang tercepat ke-18 dihari pertama dan ke-12, tapi itu bisa dibilang wajar, karena harus membiasakan diri dengan karakter RC213V dan kondisinya masih baru pulih pasca cidera akibat crash beberapa seri sebelumnya.



Saya sebelumnya memang bukan fans Jorge, tapi kini dengan bergabungnya Jorge, otomatis akan jadi fansnya, karena Repsol Honda jadi tim favorit saya pertama di MotoGP. Harapannya sih, Marc dan Jorge bisa jadi tandem saling menguntungkan dimusim 2018, jangan sampai terjadi persaingan yang kurang asyik, yang membuat suasana garasi jadi panas.

Beberapa dokumentasi saya ambil dari Instagram  dan Twiter, melengkapi diskripsi catatan saya kali ini. MotoGP 2019 start at now! -cpr-


Posting Komentar

0 Komentar