Mengenal Siapa Saja yang Tersebut dalam Novena Tiga Salam Maria

Novena Tiga Salam Maria, pasti buat kita yang Katolik sudah paham dan mengerti, dan pastinya sudah pernah mendoakannya. Dengan doa inilah salah satu bentuk devosi kita pada Bunda Maria. Bunda Maria punya andil yang sangat besar dalam karya penyelematan Allah terhadap manusia, dengan mengirimkan Yesus Kristus kepada kita.

Nah, ada hal yang menarik dan ingin saya catatkan di sini. Beberapa kali saya mendaraskan Novena Tiga Salam Maria, saya mencatat ada beberapa nama Santa dan Santo yang tersebut dalam lantunan doa ini. Mereka adalah Santa Mecthildis dari Helfta, Santo Antonius dari Padua, Santo Leonardus dari Porto Mauritio dan Santo Alfonsus Maria de'Ligouri. Siapakah mereka, sampai namanya tersebut dalam lantunan Doa Tiga Salam Maria yang jadi pedoman berdoa umat beriman Katolik?

Santa Mecthildis dari Helfta (1241-1298)

Pada awalnya doa ini berasal dari Santa Mecthildis dari Helfta (1241-1298). Yang diperoleh melalu pengalaman iman yang berasal dari Bunda Maria. Pengalaman iman ini diperoleh ketika Santa Metchildis mencemaskan keselamatan hidupnya dan memohon agar membantunya pada saat kematiannya. Bunda Maria menanggapi permohonan itu seraya agar Santa Mecthildis berdoa kepada-Nya tiga kali Salam Maria setiap hari.

Mecthildis adalah Suster Benedictine. Dikenal sebagai Santa Mecthildis dari Helfta karena ia terlahir dari keluarga bangsawan dari Helfta, Saxony, Jerman Timur. Ia tinggal di biara sejak berusia tujuh tahun.Ia diberkati dengan kemampuan spritual yang tinggi. Santa Mecthildis meninggal pada tanggal 19 November 1298, dan tidak pernah secara formal dikanonisasi sebagai Santa oleh Paus.

Santo Antonius dari Padua

Santo Antonius dari Padua sebelumnya sudah pernah saya buatkan catatan mengenai siapa dia, dapat dilihat di sini. Santo Antonius lahir dari keluarga yang layak, namun pilihannya untuk masuk biara membuat hidupnya berbeda, dan pengalaman imannya bisa jadi pelajaran dan panutan bagi kita sekarang dan akan datang. Nama Santo Antonius dari Padua tersebut dalam doa Novena Tiga Salam Maria karena Santo Antonius adalah yang termasuk memperkenalkan berkat rahmat atas lantunan Doa Tiga Salam Maria yang dahulu dimulai oleh St. Mechtildis dari Helfta.

Santo Leonardus dari Porto Mauritio

Santo Leonardus merupakan seorang biarawan Fransiskan yang sangat menjunjung Sakramen Suci, devosi kepada Hati Suci,  dan ibadah Jalan Salib, sekaligus juga sangat percaya pada konsep "dikandung dari Roh Kudus" dalam Bunda Maria. Itu sebabnya, kenapa Santo Leonardus jadi salah satu dari ketiga santo yang memperkenalkan Novena Tiga Salam Maria.

Ia terlahir sebagai Leonard Casanova. Lahir di Kota Port Maurice, Porto Mauritio, Italia pada tanggal 20 Desember 1676. Ia bergabung dengan ordo Fransiskan pada tahun 1697. Ditahbiskan menjadi Imam pada tahun 1703. Ia berkarya di seluruh wilayah Tuscany, Italia. Tahun 1744, Leonardus dikirim oleh Paus Benediktus XIV untuk bertugas dan menyebarkan ajaran Tuhan di Corsica dan akhirnya kembali ke Roma tahun 1751 atas panggilan dari Paus.

Leonardus meninggal dalam biaranya San Bonaventura, pada tanggal 26 November 1751. Pada tahun 1867 dikanonisasi sebagai Santo, dan dijadikan Santo Pelindung untuk misi-misi paroki.

Santo Alfonsus Maria de'Ligouri

Alfonsus Maria de' Ligouri lahir di Kota Napoli, Italia, pada tanggal 27 September 1696. ia lahir dari salah satu keluarga terhormat di Kota Napoli. Alfonsus Maria de' Ligouri belajar beberapa tahun mengenai filsafat dan hukum, dan membaktikan dirinya sepenuhnya kepada Tuhan. Pada tahun 1726 ditahbiskan menjadi Imam dan membaktikan karya dan misinya kepada masyarakat miskin papa di Napoli saat itu. Tidak hanya itu Alfonsus juga berkarya sebagai pengkotbah dan Imam pengakuan dosa. Alfonsus juga membentuk Konggregasi Penebus Mahakudus (Santissimo Salvatore). Pada tahun 1760 ia diangkat menjadi Uskup Sant' Agata dan memimpin keuskupannya dengan penuh dedikasi sampai akhir hayatnya. Ia wafat di Nocera de' Pagani (Salerno), Italia tanggal 1 Agustus 1787.

Santo Alfonsus Maria de' Ligouri terkenal dengan banyak buku-buku dan doa-doa yang ditulisnya, homili dan contoh iman dan hidupnya. Buku yang ditulisnya kebanyakan bertema moral. Ia menjadi salah satu Imam dan Pujangga Gereja yang membela pujian dan penghormatan kepada Bunda Maria dalam doa "Salam ya Ratu" (Salve Regina). Ia membela ketika kelompok Protestan menolak soal konsep ini. Ia menuliskan buku yang terenal "Kemuliaan Maria", karyanya ini terinspirasi oleh Roh Kudus dan Bunda Maria. Hingga saat ini pada akhir Misa Harian dan pada akhir Doa Rosario, Gereja selalu menandungkan doa dan lagu "Salam ya Ratu".

Inilah yang bisa saya bagikan dalam catatan saya, mengenai nama Santo dan Santa yang sering tersebut dalam Doa Novena Tiga Salam Maria. Kita sering menyebut namanya, tetapi kita tidak pernah tahu siapa mereka. Setidaknya gambaran singkat mengenai mereka bisa jadi bahan untuk kita mencari lebih tahu mengenai mereka, sehingga apa yang mereka perbuat bisa jadi panutan dalam hidup beriman.

Sumber informasi:

Novena Tiga Salam Maria. Wikipedia | diakses tanggal 6 Oktober 2013

Mecthildis dari Helfta. Wikipedia | diakses tanggal 6 Oktober 2013

Dialy Gospel. St. Mecthildis of Hefta (13 Century). evangeliodeldia[dot]org | diakses tanggal 6 Oktober 2013

Naturality. Santo Antonius - Santo Benda Hilang. cocoper6-cocoper6[dot]blogspot[dot]com | diakses tanggal 6 Oktober 2013

Leonardus dari Porto Mauritio. Wikipedia | diakses tanggal 6 Oktober 2013

1 Agustus: Santo Alfonsus Maria de' Ligouri, Uskup dan Pujangga Gereja. Facebook | diakses tanggal 6 Oktober 2013

Posting Komentar

0 Komentar