Santo Antonius – Santo Benda Hilang

Santo Antonius merupakan salah satu dari orang-orang kudus yang mempunyai suatu karunia tertentu. Semasa hidupnya ada sesuatu mukjijat yang telah diperbuatnya.  Gereja Katolik mengakuinya sebagai salah satu orang kudus, dan memberi gelar Santo. Santo Antonius lebih dikenal sebagai pelindung bagi barang-barang yang hilang. Berikut ini sedikit kisah tentang Santo Antonius dari Padua.
St. Antonius dari Padua
Santo Antonius lahir di Lisbon, Portugal pada 15 Agustus 1195 dengan nama asli Fernando Martins de Bulhão. Orang tuanya bernama Martin Vicente de Bulhão dan Teresa Pais Taveira. Keluarganya mengatur pendidikan yang terbaik baginya di sebuah sekolah lokal tetapi ia menolak dan malah masuk ke biara Santo Agustinus di Lisbon dan menjadi anggota tarekat Santo Agustinus yang terkenal dengan karya kependidikannya. Ia belajar Kitab Suci dan Bahasa Latin. Karena latar belakang keluarganya yang kaya raya, ia seringkali dikunjungi keluarga dan kenalannya yang membawakan aneka hadiah yang sebetulnya membuatnya jengah. Karena ingin menghindarkan diri dari hadiah-hadiah dari keluarga, ia meminta dan memohon pada pimpinan tarekatnya agar memindahkannya dari Portugal. Pimpinannya menyetujui permohonannya, dan ia melanjutkan studinya kesesama biara Santo Agustinus, di Coimbra, masih di Portugal. Selama di biara itu ia bertugas menerima tamu biara. Dalam tugasnya ini pada suatu hari di tahun 1219 saat ia berumur 24 tahun, ia berkenalan dengan lima orang Fransiskan yang sedang melakukan perjalanan ke Maroko sebagai misionaris. Ia terpesona pada kesederhanaan hidup para Fransiskan yang menurutnya meneladani kesederhanaan pada Kitab Suci. Tahun berikutnya, yaitu pada Februari 1220, sebuah berita dukacita tiba mengabarkan kelima Fransiskan tersebut mati sebagai martir. Kelima jenazah martir tersebut : St. Berard, Otto, Petrus, Akursio dan Ainto. Ia merenungkan kepahlawanan kelima Fransiskan tersebut yang dengan gigih mewartakan Injil sehingga mereka didera dan dipenggal di Maroko. Ia ingin mengikuti perintah Tuhan untuk meninggalkan segalanya dan mengikutiNya. Ia juga berharap dapat melakukan misi hingga ke Maroko. Setelah mendapatkan restu dari atasannya, ia diperkenankan meninggalkan biara Agustinusnya untuk bergabung dengan Ordo Saudara-saudara Hina (Ordo Fransiskan). Pada musim panas tahun 1220, ia diterima dalam Ordo Fransiskan dan mulai mempelajari ajaran dari pemimpin ordo, Fransiskus dari Asisi. Di sinilah secara resmi ia menggunakan nama Antonius, untuk menghormati Santo Antonius Agung yang juga merupakan nama biara Fransiskannya di Coimbra, Portugal.

Tak lama kemudian, Antonius dituaskan ke Maroko bersama beberapa Fransiskan lainnya. Ia berharap dapat menjadi martir saat melakukan misi di sana. Tetapi sayangnya begitu tiba di Maroko, ia malah sakit keras sehingga tidak ada jalan lain selain pulang untuk memulihkan kesehatannya. Dalam perjalanan kembali ke Portugal, kapal yang ditumpanginya diterpa badai di lepas Pantai Sicilia sehingga harus mendarat di Messina. Saat itu ia memutuskan untuk menetap saja di Italia, tetapi ia mendapat kesulitan karena kondisi kesehatannya. Akhirnya ia diterima, tetapi di luar kehendaknya, ia diterima di sebuah karya kesehatan, yaitu sebuah klinik kecil di luar kota Sao Paulo, dekat Forli, Romagna, Italia karena melihat kondisi kesehatannya. Sambil memulihkan kesehatannya, ia juga bekerja di bagian dapur.

Pada suatu hari, di suatu kesempatan perayaan, ketika banyak tamu-tamu hadir, termasuk Imam-imam Dominikan terjadi kesalahpahaman mengenai siapa yang harus memberikan homili. Fransiskan berpikir Dominikan yang akan memberikan homili, karena Dominikan adalah ordo yang mengkhususkan diri dalam berkhotbah, sehingga sampai hari ini Dominikan juga disebut Ordo Pengkhotbah (OP-Ordo Praedicatorum- Order of Preachers). Nah para Dominikan ini berpikir sebaliknya, datang tanpa persiapan dan berpikir Fransiskan sang tuan rumahlah yang akan memberikan homili. Dalam kebingungan tersebut, pimpinan biara setempat berpikir Antoniuslah yang lebih baik daripada para Fransiskan lainnya yang ada di sana untuk dapat memberikan homili. Ia memanggil Antonius dan menyuruhnya untuk berkata apapun yang dikatakan Roh Kudus baginya. Homili yang disampaikan Antonius begitu memikat semua yang hadir. Itulah titik awal kehidupan Antonius sebagai seorang pengkhotbah ulung. Provinsialnya memintanya untuk memberikan khotbah mengenai Kitab Suci hingga Lombardy di bagian utara Italia. Itulah saat-saat kemampuan terbaiknya digunakan bagi gereja. Meskipun kesehatannya kurang baik, Antonius dikenal sebagai seorang pengkhotbah yang bernafaskan Kitab Suci, bahkan oleh Sri Paus saat itu diberi gelar “ahli Kitab Suci”.  Pada saat yang lain ia menjadi pengajar di beberapa universitas hingga di Perancis, tetapi sebagai pengkhotbahlah bakat terbesarnya.

Pada tahun 1226, setelah menghadiri kapitel Fransiskan di Arles, Perancis dan berkhitbah di Provence, Perancis, Antonius kembali ke Italia dan menjadi perwakilan pada kapitel dengan Paus Gregorius IX.  Khotbahnya di hadapan Paus juga sangat mempesona dan dinobatkan sebagai “kotak permata Kitab Suci”.
Sembilan tahun lamanya Antonius berkhotbah, mempertobatkan banyak orang dan melakukan banyak mukjizat di Perancis, Sisilia serta Italia. Dari sembilan tahun hidupnya sebagai pengkotbah, tahun 1222-1224 ia berkotbah melawan bidaah di Italia bagian Utara, tahun 1224 ia berkotbah melawan bidaah Albigensis di Perancis bagian Selatan. Dari 1227-1230 ia kembali ke Italia dan selama masa Prapaskah tahun 1231 ia berkotbah setiap hari di Padua. Ia seorang pengkhotbah yang ulung. Kemana pun ia pergi orang banyak datang berduyun-duyun untuk mendengarkan khotbahnya hingga seringkali ia harus berbicara di lapangan terbuka karena tidak ada gedung yang sanggup menampung orang-orang yang ingin mendengarkannya. Sangat banyak orang bertobat dari perbuatan jahat: pencuri dan pembunuh. Para pembangkang ajaran Gereja juga banyak yang kembali berdamai kembali dengan Gereja.

Antonius kemudian memangku jabatan sebagai provinsial Fransiskan di wilayah Emilia-Romagna di Italia pada 30 Mei 1226. Tetapi tak lama kemudian ia kembali mulai sakit pembengkakan pada kelenjar-kelenjar tubuhnya. Tahun 1231 ia pergi ke retret bersama dua orang Fransiskan lainnya di kawasan hutan di Camposanpiero. Di sana Antonius tinggal di sebuah pondok sederhana di bawah pohon. Pada perjalanan pulang ke Padua, Antonius meninggal dunia di tengah perjalanan saat singgah di sebuah biara di Arcella. Saat itu tanggal 13 Juni 1231, ia berusia 36 tahun. Saat kematiannya, banyak anak-anak menangis di jalan dan lonceng-lonceng gereja berdentang sendirinya.

Ia dimakamkan di sebuah kapel yang kini menjadi bagian dari Basilika Santo Antonius di Padua, Italia. Rumah kelahirannya di Lisbon, Portugal juga akhirnya kini menjadi sebuah gereja bernama Igreja de Santo António de Lisboa. Setahun kemudian Antonius dikanonisasi sebagai orang kudus, tepatnya pada 30 Mei 1232. Saat kanonisasi itu ia diberi gelar “pengajar Gereja” oleh Paus Gregorius IX. Gelar utamanya sebagai Doktor Gereja diberikan oleh Paus Pius XII pada tanggal 16 Januari 1946. Hingga hari ini belum ada orang kudus yang dikanonisasi secepat Antonius dari Padua, yaitu hanya 352 hari setelah kematiannya. Biasanya proses kanonisasi dalam Gereja bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Bila kita melihat gambar Santo Antonius dari Padua, selalu terlihat ia digambarkan memeluk kanak-kanak Yesus, atau Kanak-kanak Yesus berdiri di atas kitab suci yang tengah terbuka di hadapannya. Selain Bunda Maria dan Santo Yosef, Santo Antonius dari Padua lah orang kudus Gereja yang paling sering digambarkan membawa kanak-kanak Yesus dalam pangkuannya. Kisahnya demikian: 

Pada suatu hari St. Antonius bermalam di rumah seorang temannya, Lord of Chatenauneuf. St. Antonius berdoa dengan khusuk hingga larut malam. Tiba-tiba ruangan kamarnya dipenuhi oleh sinar yang sangat terang, lebih terang dari sinar matahari. Kemudian Yesus menampakkan diri kepada St. Antonius dalam rupa seorang anak kecil. Chatenauneuf melihat sinar cemerlang keluar dari celah bawah pintu kamar Antonius. Merasa heran, temannya itu mengintip melalui lubang kunci. Ia melihat seorang anak kecil yang elok parasnya sedang berdiri di atas buku sambil memeluk leher St. Antonius dengan kedua belah tangannya. Ketika St. Antonius membuka pintu kamar dan mendapati Chatenauneuf, ia berpesan agar temannya itu tidak menceritakan apa yang dilihatnya kepada siapa pun juga selama ia masih hidup.

Selain itu sebuah kisah mukjizat yang dibuat Santo Antonius saat ia berkotbah di Toulouse, Perancis mengingatkan kita untuk menghargai Sakramen Ekaristi. Di Toulouse, Santo Antonius dari Padua berdebat sengit dengan seorang penganut bidaah yang tegar hati mengenai Sakramen Ekaristi yang mendatangkan keselamatan. Akhirnya, penganut bidaah tersebut berkata:
“Marilah kita akhiri perdebatan ini dan berpegang pada fakta yang ada. Jika engkau, Antonius, dapat membuktikan bahwa dalam Ekaristi, betapapun tersembunyinya, terdapat Tubuh Kristus, aku bersedia mengingkari segala macam bidaah apapun dan menyerahkan diri pada iman Katolik.”

St Antonius menjawab dengan penuh iman, “Aku percaya pada Juruselamatku Yesus Kristus, bahwa demi pertobatanmu dan pertobatan orang-orang lainnya, atas belas kasihan-Nya, aku akan mendapatkan apa yang engkau minta.”

Penganut bidaah tersebut berdiri; dengan gerakan tangannya ia meminta kepada orang banyak yang menyaksikan adu argumentasi agar tenang. Lalu, katanya, “Dengarkan baik-baik, kalian semua! Aku akan mengurung keledaiku selama tiga hari dan membiarkannya kelaparan. Setelah tiga hari itu, di hadapan orang banyak, aku akan menggiringnya keluar dan memperlhatkan kepadanya setumpuk jerami segar. Sebaliknya, engkau akan memperlihatkan kepadanya apa yang kalian yakini sebagai Tubuh Kristus. Jika keledai yang kelaparan itu, tidak menghiraukan jerami segar, melainkan bergegas menyembah Tuhan-mu, maka aku akan dengan segenap hati percaya pada iman Gereja.” St Antonius segera menyanggupi tantangan tersebut.

Hari yang dinanti-nantikan itu pun tibalah. Orang banyak datang berduyun-duyun memenuhi alun-alun kota. St Antonius datang bersama serombongan umat beriman. Penganut bidaah itu juga datang bersama serombongan pendukungnya. Orang kudus kita memasuki kapel terdekat, merayakan Misa Kudus dengan amat khusuk. Selesai perayaan, St Antonius keluar di mana orang banyak telah menunggu. Dalam tangannya, ia membawa Tubuh Kristus dengan sangat hormat.

Sementara itu, keledai yang lapar digiring keluar dari kandangnya dan kepadanya diperlihatkan jerami yang menggugah selera. Dengan penuh iman kepercayaan, St Antonius berkata kepada si keledai, “Demi nama Sang Pencipta, yang, walau tak pantas, aku bawa dalam genggaman tanganku, aku perintahkan kepadamu, hai keledai, segeralah datang mendekat, dan dengan kerendahan hati, tunjukkanlah sembah sujud yang pantas bagi Pencipta-mu, agar orang-orang sesat dapat belajar dari peristiwa ini bahwa setiap ciptaan haruslah sujud menyembah Tuhan, sementara Ia ada dalam genggaman imam di atas altar.”

Baru saja St Antonius menyelesaikan perkataannya ketika sang keledai, sama sekali tak mengindahkan jerami segar, berlutut serta menundukkan kepalanya dalam-dalam ke tanah, berlutut di hadapan Sakramen Tubuh Kristus yang hidup.

Umat beriman dipenuhi sukacita yang meluap, para penganut bidaah dan orang-orang yang tidak percaya merasa kecewa dan malu. Tuhan dipuji dan disembah, iman Katolik dihormati dan dijunjung tinggi, kekejian ajaran sesat dipermalukan dan dikutuk dengan kutuk abadi. Penganut bidaah itu pun mengingkari ajaran bidaahnya di hadapan mereka semua yang hadir.

Kita mengetahui bahwa Santo Antonius dari Padua sangat populer digambarkan dengan menggendong Kanak-Kanak Yesus yang berdiri di atas Kitab Suci dan memegang bunga bakung (bunga Lily). Nah, apa sebenarnya arti dari penggambaran tersebut.

Untuk itu kita akan sejenak menengok latar belakang, yaitu hubungan Antonius dan Fransiskus dari Asisi. Perlu diingat bahwa Antonius dari Padua hanya berusia 14 tahun lebih muda dari Santo Fransiskus dari Assisi, pendiri ordo Fransiskan. Ia menjadi pengikut Fransiskan juga saat Fransiskus masih hidup dan berkarya. Pada saat awalnya bergabung, ia belumlah dikenal sama sekali oleh Fransiskus, tetapi tiga tahun kemudian ia menerima surat pribadi dari Fransiskus yang memintanya mengajar theologi kepada para Fransiskan lainnya. Nah sebagai seorang Fransiskan, ia mengetahui sebuah kisah bahwa Yesus juga menampakkan diri kepada Fransiskus dalam wujud kanak-kanak. Perwujudan sebagai kanak-kanak ini sangat penting bagi para Fransiskan ini, karena Fransiskus sendiri menaruh perhatian pada kesederhanaan dan kemiskinan. Allah yang meninggalkan kemuliaanNya dan memilih menjadi bayi yang kecil, lemah dan tak berdaya adalah pusat perhatian Fransiskus. Dalam peristiwa Natal, Fransiskus melihat Allah yang maha pemurah hadir ke dunia memberikan diri sepenuhnya dalam kerendahan hati dan kemiskinan. Kesederhanaan dan kemiskinan Allah yang berinkarnasi sebagai manusia sangat berpengaruh pada Fransiskus, sehingga bahkan pada ajarannya pada pengikutnya agar mereka melayani Tuhan dalam kemiskinan karena Tuhan telah memiskinkan diriNya bagi kita di dunia ini.

Antonius tentu saja paham dan mengerti ajaran Fransiskus ini. Tetapi lebih dari itu, Antonius bukan saja mencintai Tuhan yang hadir ke dalam dunia dalam peristiwa Natal. Ia juga senantiasa merenungkan kesederhanaan dan penyerahan diri dalam penderitaan Kristus dan kematianNya, sedemikian sehingga kerap kali ia menangis saat diam menatap salib Kristus. Ia juga melihat kesederhanaan Allah dalam peristiwa Ekaristi, karena hanya dengan makanan sederhana roti dan anggur Yesus memberikan diriNya bagi semua orang yang dikasihiNya.

Sehingga, melihat Santo Antonius menggendong Yesus di lengannya, kita melihat seorang Fransiskan yang sejati, yang merengkuh kesederhanaan dan ketidakberdayaan dalam tangannya. Selain itu sebagai seorang pengkotbah, ia dipandang sebagai pewarta Kitab Suci, mengabarkan Sabda Allah yang menjadi manusia, kepada dunia dan khalayak. Kanak-kanak dalam pangkuan Antonius sering pula digambarkan berdiri di atas Injil. Dari sana kita melihat hubungan erat dengan pesan Santo Yohanes, ”Sabda itu telah menjadi manusia”

Selain itu, Santo Antonius seringkali digambarkan membawa bunga bakung/bunga lily. Jelas bunga lily ini adalah sebuah simbol. Sejak dulu kala bunga lily yang berwarna putih adalah lambang kekudusan, kemurnian dan integritas. Malaikat Gabriel senantiasa digambarkan membawa bunga lily untuk menggambarkan kemurnian Maria saat ia mengunjungi Maria untuk mengabarkan Kabar Sukacita.

Nah seorang bayi lemah tak berdaya yang berada dalam rengkuhan manusia dewasa menggambarkan hubungan kepercayaan yang sangat kuat. Seorang bayi dipercayakan kepada manusia dewasa agar dapat dirawat dan diarahkan dengan benar dan tidak diabaikan apalagi dibahayakan oleh manusia dewasa. Dengan membawa bunga lily, Santo Antonius memiliki integritas dan dipercaya untuk menjaga kanak-kanak yang lemah dan tak berdaya. Dalam dunia dewasa ini, di mana banyak anak-anak menjadi korban keserakahan, pengabaian dan penyalahgunaan, lambang-lambang ini: Santo Antonius, anak kecil dan bunga lily, memberikan banyak ruang bagi kita untuk merenungkan dan mendoakan anak-anak kita, Gereja dan Kristus sendiri yang menjadi hadiah yang dipercayakan bagi manusia.

Lukisan Santo Antonius menggendong bayi Yesus adalah sebuah lambang dan contoh bagi kita juga. Gambaran tersebut memberikan kita semangat untuk melintasi hidup menuju pada keindahan misteri Kristus yang rendah hati, merendahkan hati bagi kita, yang menjadi rekan bagi kita menjadi pelayan kemanusiaan dan menjadi penyembuh bagi dunia.

Kanak-kanak Yesus adalah juga gambaran yang disampaikan Santo Paulus dalam suratnya kepada umat di Filipi. Santo Paulus meminta agar kita mengikuti sikap Yesus Kristus yang ”walaupun yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.” (Bab 2 ayat 6-8). Ayat ini juga merupakan bentuk spiritualitas Fransiskan.

Inilah bentuk cinta yang memancar dari kanak-kanak Yesus yang digendong oleh Santo Antonius. Dengan pembaptisan, kita sesungguhnya juga senantiasa membawa kanak-kanak Yesus dalam rengkuhan kita, karena iman kita mengajarkan kita bahwa Yesus menyertai kita setiap saat. Seperti Santo Antonius, kita pun dengan gembira, dengan penuh cinta, membawa Kristus dalam perjalanan hidup kita.

Sebagai seorang rohaniawan, Antonius juga menulis naskah-naskah kerohanian atau mazmur dan juga mengajar murid-murid di Ordo Fransiskan. Suatu hari, naskah yang sedang dia tulis hilang dan ternyata naskah tersebut dicuri oleh seorang novis (yaitu seorang biarawan yang sedang menjalani masa percobaan) yang mulai bosan dengan kehidupan religius biara dan melarikan diri dari biara dengan membawa serta naskah tersebut. Antonius berdoa kepada Tuhan dan menyerahkan semua ini ke dalam penyertaanNya. Tuhan menjawab doa Antonius. Pada akhirnya, biarawan tersebut menyadari perbuatannya yang salah dan mengembalikan naskah yang dicuri itu. Antonius pun memaafkan segala perbuatannya, dan akhirnya novis itu bahkan diterima kembali di biara. Sejak saat itu Santo Antonius sering dimintai bantuan doa kalau ada barang-barang yang hilang.

Berikut ini adalah doa untuk devosi kepada Santo Antonius :
Doa yang Indah Kepada St. Antonius
“Terpujilah Allah bersama para malaikat dan orang kudus-Nya”
Ya Santo Antonius yang paling lemah lembut di antara orang kudus, cintamu kepada Allah dan belas kasihmu kepada mahkluk-Nya, menyebabkan engkau memiliki kekuatan mukjijat ketika masih hidup di dunia. Mukjijat-mukjijat menanti kau ucapkan, bila saja engkau siap memohonkannya bagi mereka yang menghadapi kesukaran dan kesedihan.
Terdorong oleh gagasan ini, aku memohon darimu agar memperoleh bagiku : (permohonan diucapkan). Jawaban untuk doa ku ini mungkin membutuhkan terjadinya mukjijat, bahkan walaupun begitu, engkau adalah orang kudus dari banyak mukjijat!
Ya Santo Antonius yang lembut dan penuh kasih, yang hatinya senantiasa penuh simpati manusiawi, tolong bisikkan permohonanku ini ke telinga Kanak-Kanak Yesus yang manis, yang amat senang berada di dalam pelukanmu; dan rasa syukur hatiku akan selalu menjadi milikmu! Amin.

(Bapa Kami, Salam Maria dan Kemuliaan. Satu kali, kalau ada waktu tiga belas kali.)


Sumber :
katolik.mobi-Doa Kepada St. Antonius diakses tanggal 26 April 2011
sugizo.wordpress.com-Santo Antonius Dari Padua diakses tanggal 26 April 2011

Posting Komentar

25 Komentar

  1. St. Antonius, terima kasih. Telah seminggu ku menunggu, akhirnya kau beri petunjuk atas benda yang hilang itu. Terima kasih St., Puji Tuhan, masih ada orang baik di Depok :)
    Selasa pagi lalu, tepat jm 7.50, sesuatu telah hilang, tapi pagi ini petunjuk tentang yang hilang itu muncul. Terima kasih Santo Antonius. Beberapa hari mencari tanpa petunjuk, namun kini petunjuk itu datang, sekali lagi terima kasih. Puji Tuhan.
    Ini menjadi pengalaman iman buat saya pribadi. Kepada siapa lagi kita berpegang saat kita sedang sulit, hanya kepadaNya lah kita berdoa, melalui perantaraan orang-orang kudusNya. St. Antonius akan tetap menjadi pelindung benda-benda hilang bagi yang percaya padanya, pasrahkan semuanya padaNya, seperti yang St. Antonius ajarkan melalui pengalaman hidupnya. Yang hilang bila itu memang hak dan milik kita pasti akan dikembalikan pada kita.
    Suatu saat kita menemukan sesuatu lakukan yang terbaik untuk sesuatu yang ditemukan itu, karena akan sangat berharga sekali bila yang hilang itu bisa kembali kepada pemiliknya. Jangan pernah berfikir orang baik sudah habis, setidaknya masih ada 1-2 orang punya itikad baik. Dimulai dari diri kita sendiri, jadilah orang baik dan peduli terhadap sesama. Amin. Puji Tuhan.

    BalasHapus
  2. Depok, kota yang cukup besar, berbagai macam orang ada di kota ini, entah baik atau buruk. Tetapi ternyata masih ada orang baik yang mau mengembalikan sesuatu yang hilang itu pada pemiliknya. Mungkin juga di posisi ini saya menjadi orang beruntung, karena ada juga orang lain yang mengalami hal serupa tetapi tidak mendapatkan apa yang dimilikinya kembali.
    Selalu berbuat baik kepada semua orang dan jangan pernah berharap balasan langsung atas apa yang telah kamu perbuat. Karena Tuhan punya rencanaNya sendiri untuk membalas semua kebaikan mu. Tidak ada yang sia-sia di dunia ini, Dia maha adil. Apa yang kau tanam itulah yang akan kau tuai. Percayalah :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih Santo Antonius atas pertolonganmu, akhirnya saya menemukan kembali barang yang saya yang hilang setelah hampir putus asa mendapatkannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah, Puji Tuhan bisa ditemukan barang yang hilangnya. Share dong bagaimana kisahnya?
      Tapi yang penting sudah ditemukan, dan syukur kepada Tuhan, melalui perantaraan Santo Antonius kepada Bapa yang tahu akan semuanya. Amin ;)

      Hapus
  4. Santo antonius, terima kasih. Engkau telah memperantarakan doaku kepada Tuhan Allah ats kehilangan barangku.
    Jumat lalu sy kehilangan cincin di blitz mega plex velvet. Saya sudah berusaha mencariny beserta team security dan juga teman saya pada saat itu. Sy yakin cincin itu terselip entah dimana krn sy sendiri merasakan cincin itu meluncur dan tiba2 hilang!!
    Akhirnya saya kembali ke rumah dan tidak bs tidur, krn itu adalah warisan dr leluhur saya. Saat sy googling keluarlah nama santo antonio sebagai lost saint. Dgn iman sy kp Yesus, saya mencoba berdoa kepada st antonio padua supaya diberikan jalan.
    Hari minggu saya dan ibu saya kembali ke blitzz untuk kembali menggeledah.
    Puji Tuhan cincin itu kami temukan, ternyata ada di dalam sarung kursi yang paling dalam. Ajaibbb memang!! Tp sy percaya mukjizat itu nyata. Utk teman2 yg kehilangan barang boleh berdoa secara khusyuk pada st antonio. Hes really. Miracle workerr. Amenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah bisa ketemu, Puji Tuhan Luar Biasa.
      Thx juga sudah share di sini ;) Kalau kita percaya, Tuhan kasi tunjuk jalannya, yang penting intinya pasrah. Kalau milik pasti akan kembali, kalau tidak ya tadi pasrah dan iklas.

      Hapus
  5. Saya mau bersaksi lagi pertolongan Tuhan melalui Antonius dari Padua ini, sekian kalinya Dia membantu ku. Beberapa hari lalu, saya sedang asyik sibuk pindahan barang-barang, saking sibuknya saya melupakan STNK, STNK motor yang bukan milik saya jatuh.
    Kejadiannya di sebuah rumah kontrakan di Bali. Hampir semalaman STNK itu ada di sana, untungnya STNK itu ditemukan orang yang tepat, dan mengembalikannya pada saya.
    Ketika saya sadar bahwa STNK saya hilang, saya langsung bingung, St. Antonius langsung saya ingat, saya berucap dalam hati mohon bantuan perantaraannya untuk membantu masalah saya itu. Akhirnya Tuhan memberikan jalan dan berjodoh kembali dengan STNK itu. Terima kasih Tuhan telah mendengaran doaku melalui St. Antonius.

    BalasHapus
  6. Trimakasih atas cerita renungan yang bisa membuat kita lebih dekat dengan pencipta kita di Surga. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin;p Di sini juga saya jadikan untuk tempat sharing pengalaman iman

      Hapus
  7. Smoga doaku terkabul, sadarkanlah orang yang mengambil brangku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Mencoba pasrah, jadi pilihan terbaik. Jika "dia" jodohmu maka kembalilah, jika tidak pasrahkan, serahkan semuanya pada Nya, karena Dia yang punya segalanya.

      Hapus
  8. pertama saya panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yesus dan St. Antonius dari Padua... yang telah menolong saya.
    seminggu yang lalu saya kehilangan barang yang sangat berharga.. bukan dari nominalnya.. tetapi dari sejarahnya… berupa cincin kawin dan 2 cincin lainnya yang saya tempatkan pada sebuah dompet.. karena keteledoran saya, dompet tersebut diambil orang.. saya sudah mencari dimana-mana tidak ketemu ( waktu itu saya berada di tempat rekreasi pemancingan ).. saya terus berdoa pada Tuhan.. suatu hari saya membaca kisah St Antonius dari Padua.. dengan keyakinan penuh saya berdoa dengan perantaraan St. Antonius Padua..tepat hari ke 4 saya berdoa melalui perantaraan St Antonius Padua, doa saya terjawab.. suami mendapat kabar dompet saya ditemukan dalam keadaan utuh.. Puji Tuhan..
    semoga pengalaman saya ini bisa bermafaat bagi sesama.. dan menumbuhkan iman kita akan Tuhan Yesus dan para Kudus di surga .. Amin
    terimakasih bisa berbagi disini Tuhan Yesus memberkati
    Octavia Christiani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji Tuhan ;p
      Terima kasih sudah berbagi pengalaman imannya. Tuhan memberkati;)

      Hapus
  9. Izin sharing dompet saya hilang dan handphone saya dicuri. saat saya searching di google saya baca artikel ini. dan saya berdoa kepada santo antonius padua. Puji Tuhan keesokan harinya dompet saya ditemukan oleh tante saya di kolong mobilnya.
    Thx Santo Antonius dan Yesus yang selalu memberkati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji Tuhan.
      Catatan ni saya buat juga untuk wadah sharing pengalaman iman.

      Syukur kepada Allah.

      Intinya semua dipasrahkan, kalau tidak kembali ya diiklaskan, kalau memang jodoh pasti akan kembali.

      Salam damai selalu, terima kasih sudah sharing.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Kali ini anting saya yang slip entah dimana.. sudah 4 hari terus berdoa kepada st antonius.. benar2 butuh mukjizat besar.. tolong bantu saya Good St Anthony..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasrah sj, kalau memang jodoh pasti ketemu. Kuncinya iklas sama pasrah.
      Semoga ada mukjijat, GBU

      Hapus
  12. Tidak semua yang tahu percaya, berbahagialah yang tahu dan percaya. Tuhan memberkati selalu, mukjizat terjadi karena kita percaya.

    BalasHapus
  13. Apasih yg harus saya lakukan saat saya harus berpasrah,kenapa berat rasanya berpasrah terhdp barang yg sudah hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iklas, dan menyadari apa yang kita punya itu hanya titipkan, meskipun diperoleh dari hasil usaha. Kalau berpikir hidup kita ini hanya karena usaha kita sendiri, pasti ya berat berpasrah.

      Alasan orang berpasrah karena ketidakmampuan dan menyadari ada yang lebih mampu diatas segalanya, yaitu YME.
      Berpikir pula, mungkin ada sebagian dari milik kita yang jadi bagian orang lain yang dititipkan pada kita. Itu kenapa terkadang ketika orang kehilangan berpikirnya adalah, "mungkin saya kurang beramal".
      Mengucapkan lebih mudah daripada melakukan, tapi lebih baik mengusahakan daripada tidak sama sekali.

      Hapus
  14. Perhiasanku emasku (kalung, cincin2, anting, gelang) dgn bpkb motorku hilang dicuri����, berharap mujizat itu ada sehingga mudah²han orang yang mengambilnya mengembalikannya.. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, turut berduka dgr kabar begini.

      Banyak sx yg "dijarah", kacau ini. Ya iklaskan dulu sbnr nya, krn smw yg diambil dripd qt, kalau memang rjeki qt akan kembali, jika tdk kn qt sdh pasrahkan sedari awal. Jd mdh2n ada titik terang.

      Kekuatan doa ini adlah iklas, dan percayakan smw nya pada Nya, kembali atau tidak sm sx.

      Hapus
  15. Hari ini adalah peringatan pesta St. Antonius dari Padua / Lisbon

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6