Novena Tiga Salam Maria


Bunda Maria
Novena Tiga Salam Maria adalah novena yang berasal dari Santa Mechtildis dari Helfta (1241-1298). Ia mendapat pengalaman rohani dari Bunda maria ketika ia mencemaskan keselamatan hidupnya dan memohon agar membantunya pada saat kematiannya. Bunda Maria menanggapi permohonan itu seraya meminta agar Santa Mechtildis berdoa kepada-Nya tiga kali Salam Maria setiap hari.
Doa Tiga Salam Maria itu selanjutnya berkembang luas karena jasa Santo Antonius dari Padua, Santo Leonardus dari Porto Mauritio dan Santo Alfonsus dari Ligouri. Ketiga Santo ini dianggap sebagai pewarta ulung doa Tiga Salam Maria. Dan dalam perkembangan selanjutnya, doa Tiga Salam Maria itu menjadi doa Novena Tiga Salam Maria. Doa itu tidak lagi didoakan setiap hari, tetapi mulai didoakan untuk kurun waktu sembilan kali berturut-turut.
Adalah tradisi untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan Bunda Maria apabila permohonan seorang terkabulkan melalui doa Novena Tiga Salam Maria ini dengan cara mengumumkannya melalui pengumuman misa, kesaksian ataupun media cetak.
Pesan :
Sebaiknya ditambahkan doa : “Bunda Maria, Bunda yang baik dan murah hati, jauhkanlah (diriku, dia, kami) dari dosa berat”.
Jika permohonan anda mengenai perkara besar dan penting, hendaklah melakukan novena ini tiga kali berturut-turut.
Berjanjilah pada Bunda Maria : Setiap pagi dan sore setia berdoa “Salam Maria” dan mengumumkan kabar gembira bila permohonan anda itu telah dikabulkan, sebagai tanda terima kasih dan penghormatan kepada Bunda Maria tersuci.
Sebelum berdoa bersihkan hati dan pikiran, bisa melakukan bersih badan (mandi, cuci muka dan kaki) yang utama adalah siapkan hati dan pikiran kita untuk mendaraskan novena ini.
Untuk mengawali doa, disarankan doakanlah : “Syahadat Para Rasul”, “Bapa Kami”, “Salam Maria”, “Kemuliaan”, dan “Terpujilah”, baru dilanjutkan dengan “Novena Tiga Salam Maria”.

Novena Tiga Salam Maria
Bunda Maria, Perawan yang berkuasa, bagimu tidak ada sesuatu yang tak mungkin, karena kuasa yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa kepadamu. Dengan sangat aku mohon pertolonganmu dalam kesulitanku ini, janganlah hendaknya engkau meninggalkan aku, sebab aku yakin engkau pasti dapat menolong, meski dalam perkara yang sulit, yang sudah tidak ada harapannya, engkau tetap menjadi perantara bagi Puteramu.
Baik keluhuran Tuhan, penghormatanku kepadamu maupun keselamatan jiwaku akan bertambah seandainya engkau sudi mengabulkan segala permohonanku ini. Karenanya, kalau permohonanku ini benar-benar sesuai dengan kehendak Puteramu, dengan sangat aku mohon, O-Bunda, sudilah meneruskan segala permohonanku ini ke hadirat Puteramu, yang pasti tak akan menolakmu.
Pengharapanku yang besar ini, berdasarkan atas kuasa yang tak terbatas yang dianugerahkan oleh Allah Bapa kepadamu. Dan untuk menghormati besarnya kuasamu itu, aku berdoa bersama dengan St. Mechtildis yang kau beritahukan tentang kebaikan doa “Tiga Salam Maria”, yang sangat besar manfaatnya itu.
(Salam Maria ... 3x) : “Bunda Maria, Bunda yang baik dan murah hati, jauhkanlah (diriku, dia, kami) dari dosa berat dilanjutkan ujud doa kita ...
Perawan Suci yang disebut Tahta Kebijaksanaan, karena Sabda Allah tinggal padamu, engkau dianugerahi pengetahuan Ilahi yang tak terhingga oleh Puteramu, sebagai makhluk yang paling sempurna untuk dapat menerimanya.
Engkau tahu betapa besar kesulitan yang kuhadapi ini, betapa besar pengharapanku akan pertolonganmu. Dengan penuh kepercayaan akan tingginya kebijaksanaanmu, aku menyerahkan diri seutuhnya kepadamu, supaya engkau dapat mengatur dengan segala kesanggupan dan kebaikan budi, demi keluhuran Tuhan dan keselamatan jiwaku. Sudilah kiranya Bunda dapat menolong dengan segala cara yang paling tepat untuk terkabulnya permohonanku ini.
O Maria, Bunda Kebijaksanaan Ilahi, sudilah kirannya Bunda berkenan mengabulkan permohonanku yang mendesak ini. Aku memohon berdasarkan atas kebijaksanaanmu yang tiada bandingnya, yang dikaruniakan oleh Puteramu melalui Sabda Ilahi kepadamu.
Bersama dengan St. Antonius dari Padua dan St. Leonardus dari Porto Mauritio, yang rajin mewartakan tentang devosi “Tiga Salam Maria” aku berdoa untuk menghormati kebijaksanaanmu yang tiada taranya itu.
(Salam Maria ... 3x) : “Bunda Maria, Bunda yang baik dan murah hati, jauhkanlah (diriku, dia, kami) dari dosa berat dilanjutkan ujud doa kita ... (sama dengan ujud doa yang pertama)
O Bunda yang baik dan lembut hati, Bunda Kerahiman Sejati yang akhir-akhir ini disebut sebagai “Bunda yang penuh belas kasih”, aku datang padamu, memohon dengan sangat, sudilah kiranya Bunda memperlihatkan belas kasihmu kepadaku. Makin besar kepapaanku, makin besar pula belas kasihmu kepadaku.
Aku tahu, bahwa aku tidak pantas mendapat karunia itu. Sebab seringkali aku menyedihkan hatimu dengan menghina Puteramu yang kudus itu. Betapapun besarnya kesalahanku, namun aku sangat menyesal telah melukai Hati Kudus Yesus dan hati kudus mu.
Engkau memperkenalkan diri sebagai “Bunda para pendosa yang bertobat” kepada St. Brigita, maka ampunilah kiranya segala kurang rasa terima kasihku padamu. Ingatlah akan keluhuran Puteramu saja serta kerahiman dan kebaikan hatimu yang terpancar dengan mengabulkan permohonanku ini melali perantaraan Puteramu.
O Bunda, Perawan yang penuh kebaikan serta lembut dan manis, belum pernah ada orang yang datang padamu dan memohon pertolonganmu engkau biarkan begitu saja. Atas kerahiman dan kebaikanmu, aku berharap dengan sangat, agar aku dianugerahi Roh Kudus. Dan demi keluhuranmu, bersama St. Alfonsus Ligouri, rasul kerahimanmu serta pengajar devosi “Tiga Salam Maria”, aku berdoa untuk menghormati kerahimanmu dan kebaikanmu.
(Salam Maria ... 3x) : “Bunda Maria, Bunda yang baik dan murah hati, jauhkanlah (diriku, dia, kami) dari dosa berat dilanjutkan ujud doa kita ... (sama dengan ujud doa yang pertama dan kedua)


Sumber :
gerejakatolik.net-Novena Tiga Salam Maria diakses tanggal 27 April 2011
Wikipedia.org-Novena Tiga Salam Maria diakses tanggal 27 April 2011

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Sudah setahun lebih rupanya sejak saya memposting doa ini, untuk catatan saya ketika saya mencari untuk mendoakannya. Ketika itu saya masih belum punya apa-apa, dibandingkan sekarang ada sesuatu yang saya dapatkan. Itu semua karena terkabulnya doa ini. Dulu, tahun lalu, ketika awal saya ke ibukota, tidak punya 'pegangan' apa-apa untuk mengarungi hidup di sini, hingga akhirnya saya ada 'pegangan', meski ini sementara. Saya masih berharap akan 'pegangan' yang mapan untuk ke depannya. Semua saya serahkan kepadaNya, yang punya atas segalanya di dunia ini, Dia yang Maha mengetahui. Melalui Bunda Maria saya berdoa kepadaNya. Terima kasih Bunda. Melalui dekapan seorang ibu kami anakMu bersimpuh, mencari kehangatan cintaMu.

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya Bunda, Bunda mendengarkan keluhanku kemarin siang sepulang aku mengikuti tes. Terima kasih ya Bunda. Aku berjanji akan selalu memberikan waktuku untuk Bunda. Terima kasih Bunda Maria, Coper sayang Bunda Maria. Amin.

    BalasHapus
  3. Novena Tiga Salam Maria berasal dari Santa Mechtildis. Ia mendapatkan pengalaman rohani dari Bunda Maria ketika ia cemas akan keselamatan hidupnya dan ia memohon Bunda Maria untuk membantunya saat kematiannya. Bunda Maria mengabulkan permohonannya dan meminta ia agar berdoa tiga kali Salam Maria.

    Santo Antonius dari Padua, Santo Leonardus dari Porto Mauritio dan Santo Alfonsus de Liguori berjasa besar dalam mewartakan doa Tiga Salam Maria ini.

    Doakanlah doa ini selama sembilan hari berturut-turut.
    Dan jika permohonan anda berat, lakukanlah novena ini 3x berturut-turut.

    BalasHapus
  4. Dua tahun penantian, akhirnya aku dapatkan juga jawaban atas permohonan aku, dengan sabar menunggu. Terima kasih ya Bunda, sudah menghantarkan permohonanku dua tahun lalu. Sekarang dia yang pergi beberapa waktu lalu telah kembali, ku mohon persatukan kami hingga nanti di altar, agar supaya kami bisa mengaruhi bahtera hidup bersama. Terima kasih ya Bunda, terima kasih ya Yesus, terima kasih ya Bapa. Amin

    BalasHapus
  5. Terima kasih Bunda Maria atas terkabulnya permohonan saya untuk mendapatkan juara umum di sekolah saya. Saya betul-betul tidak menyangka permohonan ini dapat terkabul. Saya melakukan doa novena ini lebih dari 9 hari dan secara rutin berturut2 sampai hari terkabulnya permohonan ini, yakni tepat pada hari ini. Bunda Maria memang maha murah dan selalu memberikan yang terbaik bagi kita semua. O:) Semoga kesaksian ini dapat bermanfaat bagi semua yang membaca. Bunda Maria & Tuhan Yesus menyertai kita semua

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6