Rasa Ingin Muntah Ketika di Kamar Mandi

Beberapa hari terakhir ini (sudah hampir sebulan) ketika saya mandi atau pergi ke kamar mandi, yang pasti sebelum saya menggosok gigi atau sesudahnya, saya merasakan dibagian  enggorokan ada sesuatu yang tidak mengenakkan, efeknya saya selalu merasakan ingin muntah, namun tidak keluar. Memang diawali dengan batuk yang seperti menarik ke bagian tenggorokan. Kadang rasa muntahnya ini menarik bagian perut, ya di bagian ulu hati, namun ya tidak juga keluar muntahnya, hanya dahak saja atau liur. Hal ini sudah terjadi hampir sebulan sejak saya pergi ke Denpasar pertengahan Agustus lalu.

Sampai sekarang saya tidak mengetahui apa penyebab "penyakit" yang saya alami ini. Apakah karena kualitas air. Tapi kalau alasannya kualitas air tidak juga, karena dengan kondisi air bagaimana pun ketika saya di kamar mandi gejalanya ya sama saja. Cirebon dikenal airnya yang bersih, tapi sama saja ketika saya di rumah gejala muntah yang tidak keluar ini juga terjadi, hingga sekarang saya sudah kembali ke kos saya di Depok pun mengalami hal yang sama.

Untung saja saya ini laki-laki, mungkin kalau saya perempuan, bisa saja orang mengira saya hamil, karena setiap kali saya ke kamar mandi saya selalu mempunyai gejala muntah-muntah. Jelas tidak mungkin jika seorang laki-laki hamil, jadi kalau saya perempuan bisa jadi omongan orang untuk sesuatu yang tidak pernah dilakukan.

Kalau dipikirkan lagi, jika penyebab gejala muntah ini disebabkan oleh maag yang saya alami, bisa saja sih. Tetapi kenapa rasa muntah ini muncul ketika saya mandi, ketika saya baru berkumur atau selepas sikat gigi. Malah kadang juga, saya kebetulan hanya cuci muka saja, saya merasakan ada yang aneh di tenggorokan ini, diawali dengan batuk lalu kemudian rasanya seperti ingin memuntahkan sesuatu, namun tidak tahu yang ingin dimuntahkan itu apa. Gejala mual ingin muntah memang sering dialami oleh pasien maag. Untuk sementara hanya itu yang saya sadari, saya mencoba menjaga pola makan saya untuk sementara waktu, sambil melihat perkembangannya, kalau-kalau memang apa yang saya alami ini karena maag. Mengingat apa yang saya alami ini bukan sesuatu yang berbahaya, ya itu menurut saya, hanya mengganggu saja, sehingga ketika di kamar mandi saya harus konsentrasi untuk tidak batuk, karena kalau batuk pasti efeknya berasa ingin muntah.

Untuk sementara saya hanya bisa share ini, untuk penyebab, atau kenapa-kenapanya atau bahkan solusi untuk yang saya alami ini masih belum ada. Saya akan menikmati apa yang saya rasakan sekarang ini. Nanti kalau ada perkembangan lainnya, saya akan lanjutkan infonya di kolom komentar saja. Ini akan jadi catatan bagi saya, jika dikemudian hari saya membutuhkan informasi mengenai hal ini. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

9 Komentar

  1. saya merasakan hal yang sama seperti anda, sudah menemukan penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, kalau saya duga si karena maag, pengarum asam lambung naik. Karena saya juga punya maag. Tapi penjelasan pastinya saya belum tahu.

      Tapi sekarang saya sudah tak lagi merasakan hal tersebut.

      Hapus
  2. Gejalanya sama persis dengan yang saya alami mas, bisa disembuhkan ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aja tidak tahu sembuhnya bagaimana, sekarang sudah tidak lagi ngalami kaya begitu.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Saya telah mengalaminya apabila terkena gastric Baru la saya tahu bila mandi batuk tak henti-henti muntah sampai keluar lender putih kehijauan lepas mandi dia OK seperti tiada apa-apa itulah tandanya acid terlalu banyak dalam usus badan selalu juga Sakit Perut lepas makan bila berak cirit tidak pejal seperti biasa itu rupanya tidak normal kerap ambil ubat Sakit Perut tetapi hilangnya sementara Selepas di sahkan gastric teruk banyak makan ubat klinik dan hospital tetapi sementara Sakitnya ya Allah seperti mahu mati dari itu baru tahu Sakit orang kena gastric berguling Sakitnya Perut bila sakitnya datang kelakar bukan Belum kena Belum tahu tapi kalau Sudah kena baru tahu azabnya lebih balik cegah sebelum terkena

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh itu karena pengaruh dari maag / gastric. Tahu penyebabnya, tapi yang saya alami belum tahu penyebabnya.

      Hapus
  5. saya pun sama persis begitu sampe mau cucimuka pun terkadang suka ada yg mengganjal terasa nya, tiap hari di pagi hari terutama

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6