Kolam Renang Korps. Brimob, Kelapa Dua, Depok

Ada lagi tempat rekreasi keluarga yang bisa dijadikan pilihan, rekreasi untuk 'main air' alias berenang. Bukan seperti main air di wahana air waterboom, ini hanya kolam renang biasa sih. Beberapa waktu lalu saya pernah membuat postingan tentang kolam renang Tirta Yudha di Cijantung. Kalau dulu kolam renangnya milik korps. tentara, kali ini milik korps. kepolisian.
Tempat ini saya ketahui dari plang yang dipasang di perempatan Jalan Hambali, jalan masuk menuju komplek hankam menuju arah Cijantung. Di situ ada tulisan "kolam renang untuk umum, Korps. Brimob, 500 meter". Ada rasa penarasan, dimana sih kolam renang itu berada, secara sudah sering kali saya melintas jalan itu tidak pernah lihat ada tempat yang menandakan seperti kolam renang, ya paling tidak mirip yang di Tirta Yudha, Cijantung. Ternyata tempatnya berada di dalam kompleks Mako Brimob Kelapa Dua.

Tampak pintu masuk kolam, foto dari arah dalam, diapit kiri kanan ruang bilas
Kolam tampak tengah, foto dari arah tribun
Sisi kolam yang paling dangkal
Sisi kanan kolam bagian yang paling dalam, 4 meter
Kebetulan, M a y t a ingin sekali berenang, dan tempat yang dekat dan bisa dijadikan tujuan adalah kolam renang korps. brimob itu. Maka dari itu, Minggu, 17 Maret 2013 pagi kami mencari tempat itu. Seperti yang sudah disinggung tadi, bahwa tempat berenang ini tidak semudah yang dipikirakan, jarak 500 meter yang 'dipandukan' di plang itu rasanya tidak terbukti. Kalau menurut saya sih, sebenarnya kolam renang ini bukan untuk umum, karena lokasinya yang berada di dalam kompleks markas komando Brimob, Polri. Untuk menuju kolam renang ini kami harus bertanya di beberapa pos penjagaan. Sebenarnya sih posisinya tidak jauh kalau masuk dari gerbang utama mako, namun karena tidak bisa sembarang orang masuk gerbang tersebut, kami diarahkan melalui pintu yang lain.
Akhirnya kami menemukan tempat yang kami cari itu. Tempatnya tidak besar, sederhana, dan memang menurut dugaan saya tempat ini memang kolam renang intern untuk kegiatan latihan anggota Brimob. Namun untuk sumber pemasukan atau lain hal, kolam renang ini dibuka untuk umum. Sekali lagi menurut saya, memang dibuka untuk umum namun untuk kalangan terbatas. Soalnya ya, kalau ada pengunjung yang membawa mobil menuju tempatnya relatif sulit. Justru kolam renang ini lebih banyak dikunjungi warga sekitar mako saja, dan penghuni asrama mako.
Karcis masuknya untuk dewasa Rp 7.000,00 per orang. Untuk anak-anak, saya lupa mencatatnya, karena yang tertera tulisannya jelas sejumlah itu, mungkin yang jelas dibawah angka tujuh ribu rupiah.
Ketika masuk dan membayar, pemandangan kolam sudah terlihat. Hanya tersedia dua kolam, satu kolam besar ukuran olimpik dan satu 'kolam bebek' untuk anak kecil. Jam buka kolam dimulai pukul delapan pagi. Meski jam masih menunjukan kata pagi, namun cuaca pagi itu cukup terik layaknya siang hari. Pantulan cahaya matahari ke permukaan air di kolam menambah panas dan teriknya pagi itu. Meski teriknya sinar matahari pagi itu, air kolam tak tampak bening, namun warnanya terlihat agak hijau, mungkin karena pantulan dari warna dasar kolam. Pagi itu suasana kolam relatif ramai dengan anak-anak beserta keluarganya.
Di dalam komplek kolam renang ini ada beberapa bangunan, bangunannya antara lain kamar ganti untuk pria dan wanita, posisinya sebelah menyebelah di pisah oleh pintu masuk. Sehingga ketika baru masuk di kiri dan kanan sudah tersedia ruang ganti atau ruang bilas. Tampak depan kolam bebek ada ruang pompa air serta ruang drainase mungkin. Kemudian di sisi kiri kolam olimpik ada bangunan untuk menyimpan perkap, mungkin, karena hanya sepenglihatan saya dari jauh saja. Kemudian di sisi kanan kolam olimpik ada tempat tribun sederhana untuk menunggu dan menonton orang berenang.
Sekian dulu share informasi soal tempat berenang baru, yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi waktu luang sambil berolahraga air yaitu berenang. Foto-fotonya bisa disimak di antara tulisan di atas. Semoga bermanfaat. (^_^)?

Posting Komentar

5 Komentar

  1. kok foto2nya ga keluar ya? btw salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang fotonya telat muncul, maklum karena masalah koneksi he3x ... (^_^)?
      Sekarang sudah dimunculkan, terima kasih sudah mampir ;p

      Hapus
    2. maaf mas saya mau tanya tempat berenang khusus hewan itu dimana ya , banyak yang bilang di cinere gitu mas , kalau mas tahu tolong balas postingan saya ya mas

      Hapus
  2. masih belim paham cara masuk menuju kolam renangnya ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuknya ke gerbang utama yang ada mini market koprasi, atau pintu masuk RS Mako Brimob itu. Gerbang masuk ini barengan juga yang masuk Gereja Kristen, Gereja Katolik St. Thomas, terus mini market koprasi, BNI, rumah sakit juga. Habis masuk ke kanan, ikutin aja, lurus terus nanti ada pos penjagaan. Bilang saja mau berenang, minta ditunjukin arahnya. Karena di dalam komplek asrama Brimob juga sih tempatnya, jadi perlu banyak tanya, biar gak disangka "penjahat" hahahaha. Nanti ditunjukin sama penjaganya, kalau lagi dipake paling disuruh pulang lagi.

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6