Google Doodles Hari Ini 21 Juli 2017

Hari ini, 21 Juli 2017, ketika saya mengakses laman Google, google doodles yang ditampilkan berbeda. Ketika kursor tetikus saya arahkan ke doodles tertulis "Ulang Tahun Marshall McLuhan ke-106". Penasaran, siapa Marshall McLuhan ini?

[Sumber: cocoper6.doc]

Yups, saya pun penasaran. Google kembali jadi sarana mencari tahu. Laman Wikipedia cukup membantu mencari tahu siapa beliau ini. Secara umum hasil yang saya baca, beliau ini adalah ilmuwan komunikasi dan kritikus dan beliau yang punya pemikiran tentang 'desa global' dan prediksi tentang 'world wide web'. Konsep lainnya adalah 'medium adalah pesan'.

Istilah 'desa global' digambarkan sebagai teknologi komunikasi elektronik mengecilkan bumi menjadi sebuah 'desa' melalui informasi yang instan dan tersedia di mana saja serta kapan saja. Inilah yang kita alami sekarang, dimana semuanya bisa diakses dengan internet, melalui kanal http://www. Yang konsep ini dikenalkan beliau 30 tahun lalu sebelum hal ini ditemukan.

Konsep lain yang dikenalkan beliau adalah 'medium adalah pesan', maksudnya adalah media tidak hanya dapat menpengaruhi masyarakat melalui konten yang disampaikan tetapi juga karakteristik yang dimiliki media itu sendiri. Hal yang juga kita alami sekarang, bahwa peran media begitu hebatnya menggiring 'pesan' tertentu, bahkan aliansi media pun sudah punya ciri atas pesan yang dibawa.

Sumber: Google

Kembali ke profil Marshall McLuhan, nama panjangnya adalah Herbert Marshall McLuhan. Lahir di Edmonton, Kanada, 21 Juli 1911. Beliau meninggal diusia 69 tahun di Toronto, 31 Desember 1980. Banyak karya tulis yang sudah beliau lahirkan, Wikipedia bisa bantu menjabarkannya.

Sepertinya, cukup catatan saya ini, setidaknya saya tahu, siapa beliau, Marshall McLuhan yang diperingati Google melalui doodles nya hari ini.cpr.

Posting Komentar

0 Komentar