Selasa, 12 Maret 2013

Pengadilan dan Kejaksaan Negeri untuk Proses Ambil Sitaan Tilang

Kali ini saya ingin mencatatkan informasi yang saya butuhkan ketika saya harus mengambil barang sita karena kasus tilang. Saya sering sekali mengalami masalah yang satu ini. Pelanggaran yang tidak disengaja membuat saya terpaksa terkena sanksi tilang. Nah, barang yang biasa disita untuk tilangan yaitu STNK atau SIM. Nah keduanya merupakan surat-surat penting yang harus ditebus.
Pada umumnya kalau kita ditilang, biasanya polisi memberikan surat tilang. Nah surat tilang itu juga merupakan tanda undangan untuk menghadiri sidang tilang di Pengadilan Negeri dimana wilayah kita ditilang. Biasanya jarak tempo sidang dengan waktu ketika ditilang adalah dua minggu. Kalau kita bukan orang setempat, alias pendatang, pasti akan kesulitan mencari alamat dimana Pengadilan Negeri itu berada.
Di sini saya hanya ingin membagikan informasi soal alamat Pengadilan Negeri yang ada di DKI Jakarta, mengingat saya ini bekerja dan beraktivitas di wilayah hukum DKI Jakarta. Alamatnya bisa dilihat di bawah ini:
  • Pengadilan Negeri Jakarta Pusat: Jl. Gajah Mada No. 17, Jakarta Pusat | 63850223/ 6311326/ 6348630
  • Pengadilan Negeri Jakarta Selatan: Jl. Ampera Raya No. 133, Jakarta Selatan | 7805909/ 7805906/ 7805907/ 7805908
  • Pengadilan Negeri Jakarta Barat: Jl. Letnan Jendral S. Parman Np. 71, Jakarta Barat | 5359832/ 53559831
  • Pengadilan Negeri Jakarta Timur: Jl. Ahmad Yani No. 1, Jakarta Timur | 4751207/ 4897558
  • Pengadilan Negeri Jakarta Utara: Jl. Laksamana R. E. Martadinata No. 4, Jakarta Utara | 6451575
Nah itulah alamat yang bisa disambangi bila anda mau datang ikut sidang tilang. Ikuti saja sesuai di wilayah mana anda ditilang. Misalkan ditilang di sekitar wilayah Senen, ya berarti itu masuk ke Jakarta Pusat, berarti nanti dua minggu setelah kena tilang anda tinggal datang ke alamat Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, atau pastikan saja ditanggal yang tertera di kertas tilang dan memastikannya dari petugas yang menilang anda.

Kalau saya pribadi, saya sangat jarang mengikuti sidang. Karena buat saya itu buang waktu. Bayangkan saja, kita harus antre beberapa orang yang harus sidang tilang hari itu. Bahkan mungkin bisa sampai sore. Coba saja anda melintas ke Pengadilan Negeri yang ada di DKI Jakarta atau mungkin di daerah lain pada hari Jumat, hari dimana seringnya diadakan sidang untuk kasus tilang. Pasti situasinya cukup ramai, belum lagi ditambah bertebarannya tukang parkir yang merangkap sebagai calo tilang. Kesan riuh sangat terlihat, malah buat kita pusing bagaimana harus menebus surat-surat penting yang jadi barang sita tilang.
Bagaimana saya mengambil barang sita tilang itu? Saya cukup datang ke Kejaksaan Negeri. Kalau sidangnya Jumat, maka saya datang ke Kejaksaan Negeri pada Senin, karena tidak mungkin kita datang pada hari Sabtu, karena pegawai libur. Selang setelah barang sita kita dibawa ke Pengadilan Negeri, setelah lewat hari itu, maka barang sita tilang kita akan dibawa ke Kejaksaan Negeri dan di simpan di sana. Untuk menebusnya kita tinggal datang ke sana dan membayar uang denda tilangnya, besarnya pun relatif sama jika kita datang sidang di Pengadilan Negeri. Kita tidak memerlukan waktu lama untuk mengambil barang sita tilang itu, hanya cukup mengantri di loket pengambilan dengan menunjukkan surat tilang, kemudian bayar dan selesai.

Nah, untuk itu kita harus tahu dimana letak Kejaksaan Negeri berada. Berikut ini informasi alamat Kejaksaan Negeri yang ada di DKI Jakarta:
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Timur: Jl. D. I. Panjaitan By Pass Jatinegara, Jakarta Timur | 8196007
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan: Jl. Rambai No. 1, Jakarta Selatan | 7208623
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat: Jl. Merpati Blok D-3 No. 5, Kemayoran, Jakarta Pusat
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Barat: Jl. Letjen S. Parman No. 4, Jakarta Barat
  • Kejaksaan Negeri Jakarta Utara: Jl. Enggano No. 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara
Sepertinya cukup informasi yang bisa saya bagikan. Memang untuk biaya denda ada yang bilang berbeda bila ambil di Pengadilan Negeri dan di Kejaksaan Negeri. Kisaran range perbedaan harganya Rp 20.000,00 sampai Rp 30.000,00 per satu pelanggaran. Harga yang menurut saja wajar untuk membayar sebuah waktu. Bila kita ambil di Pengadilan Negeri berapa banyak waktu kita terbuang hanya untuk antre. Sedangkan bila kita ambil di Kejaksaan Negeri paling hanya butuh waktu 30 menit untuk antre, kalau lagi sepi hanya butuh waktu 2-5 menit saja.
Semoga informasi ini bisa bermanfaat, nah jadi tidak perlu takut dan pusing lagi kalau ditilang. Kalau tidak mau ditilang ya berusahalah untuk patuh dan taat dalam berlalu lintas. Keselamatan kita juga merupakan keselamatan orang lain, karena kelalaian kita akan membahayakan orang lain. Jadilah pelopor dalam keselamatan berlalu lintas. Cpr.


114 komentar:

  1. Berdasarkan informasi terbaru yang saya baca melalui detikot]com, pengajuan oleh MA bahwa untuk soal sidang tilang tak perlu lagi dilakukan di pengadilan, melainkan cukup membayar denda saja, telah disetujui oleh MK.
    Berikut kutipan yang saya baca di situs berita online itu, "...usulan Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali untuk menghapus sidang tilang langsung diamini Mahkamah Konstitusi (MK). Usulan ini disambut positif dan diminta untuk segera dilaksanakan."

    Mengenai bagaimana mekanisme selajutnya pengurusan denda dan pengambilan sitaan tilang pastinya akan diatur kemudian. Berarti bila nanti saya tertilang lagi, mungkin akan mengalami prosedur yang berbeda dari biasanya, mungkin juga bisa langsung ke kejaksaan untuk bayar denda dan mengambil sitaan tilangnya.
    Untuk lebih jelasnya informasi bisa dibaca di link yang saya share di bawah ini.

    Sumber:
    http://news.detik.com/read/2013/03/28/172426/2206508/10/mk-tilang-jangan-sampai-pengadilan-cukup-didenda?991101mainnews

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terimakasih banyak updatenya, saya mau sidang tilang soalnya tapi masih bingung

      Hapus
    2. Tks infonya.saya baru saja kena tilang di flyofer bungur.

      Hapus
    3. Saya lawan arah di bawah by pass slipi jaya,trus saya di tilang,polisi menahan sim saya,tetapi kenaapa saya aja yg di tilang,berapa denda yg harus saya bayar,terus polisi itu tidak menulis nama nya di surat tilang

      Hapus
    4. Saya lawan arah di bawah by pass slipi jaya,trus saya di tilang,polisi menahan sim saya,tetapi kenaapa saya aja yg di tilang,berapa denda yg harus saya bayar,terus polisi itu tidak menulis nama nya di surat tilang

      Hapus
  2. Thanks infonya, kebetulan abis kena tilang di gunung sahari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh begitu, ya syukur kalau bisa membantu. Kalau ada perubahan tata cara soal penebusan benda sitaan tilangnya, share juga dong ;) Sx lg thx sudah berkunjung ... ;)

      Hapus
    2. SIang Gan, ane minta info ni!
      besok ane sidang di PN Jak - TIM. Kira2 denda yg harus dibayar kalo melawan arah n g punya SIM brp ya gan???Thanks gan bantuannya

      Hapus
    3. Biasanya sih ya, satu kali pelanggaran itu 75k, tapi gk tau skr, soalnya skr sj harga2 sudah naik, ya mudah2n sih untuk dendanya tidak naik juga.

      Hapus
  3. :D . . ane juga rencana mo pake cara ini bang, harusnya jumat kemaren sidangnya . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo dicoba, nanti d share aja di sini prosesnya, buat info tmn2 yg lain ...

      Hapus
  4. terima kasih atas informasinya berguna sekali

    BalasHapus
  5. makasih infonya.. kebetulan hari jumat baru ditilang di jalur busway. jadi bakalan ngambil di kejaksaan jaktim aja nih. tapi di surat tilangnya ga ditulis pasalnya. gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ditilang di jalur transjakarta ; ) apes sekali. Ya sudah, tinggal ambil saja di kejaksaan negeri jaktim. Soal di surat tilang tidak ditulis pasalnya ya tidak masalah. Soalnya ada angka dendanya itu sama saja, dibuat seragam, asal pasal-pasal ringan. Tapi sih seharusnya polisi yang menilang harus menuliskan pasal atas pelanggarannya.

      Hapus
    2. nah itu dia.. saya nggak tau nih kira2 berapa dendanya, ga ditulis pasal pelanggaran ataupun besarnya nominal denda yg harus saya bayar. terus yg saya dapet juga slip putih.

      Hapus
  6. Update gan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan udah pindah ke Jalan Tanjung No.1, Jagakarsa, Jakarta Selatan
    No. Telp / FAX : 021-78848685 , Sumber http://www.kejari-jaksel.go.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh sudah pindah toh sekarang. Thx infonya ya. Terima kasih sudah share di sini.

      Hapus
  7. Maaf saya mau tanya

    kmrn ini saya habis sidang, namun belum sempat mengambil barang bukti, karen saya dapat surat tilang biru (jd harus bolak balik bank bri)

    apakah saya masih bisa mengambil sim berhari2 setelah sidang?

    terima kasih jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh begitu, ada pengalaman baru tuh pakai form biru. Repot ya kalau begitu. Jadi tidak disarankan kalau repot begitu. Mending langsung saja ambil di kejaksaan, tidak menghabiskan banyak waktu untuk sidang dan bolak-balik.
      Ya mudah-mudahan sistem pembayaran dan sistem tilang di Indonesia bisa teritegrasi lebih baik sehingga soal tilang ini tidak lagi jadi momok serta tidak jadi masalah untuk buang-buang waktu mengantre sekedar sidang atau bolak-balik seperti mas bro alami.
      Soal ambil bukti tilang masih bisa. Saya saja 6 bulan baru saya ambil untuk STNK dan SIM, tapi jangan dicontoh nih ha3x ... Berkas kita akan aman saja, ya berdoa saja tidak terjadi bencana atau kebakaran di tempat penyimpanan berkas tilang.

      Hapus
  8. Permisi... boleh tanya saya baru ditilang, di wilayah jakarta timur, saya ingin mengikuti saran saudara, tertulis di surat tilang, sidang tgl 5-juli-2013 (jumat), baiknya saya ke kejaksaan tgl berapa ya pak, apakah stnk saya sudah tersedia disana? Terima kasih pak atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berdasarkan pengalaman yang sebelumnya sih, misalkan saya mengalami persoalan seperti mz bro ini alami, saya coba ambil itu barang sitaan tilang itu bisa di hari Senin atau Selasa. Biasanya sih sudah dialihkan berkasnya ke kejaksaan. Yang jelas sidang selalu di Jumat, kebanyakan begitu, jadi ya Senin atau Selasa ambil juga sudah bisa.
      Entah misal sudah ada perubahan prosedur, soalnya saya sudah jarang kena tilang lagi, jadi saya belum bisa update informasi terbaru soal prosedur tilang yang pernah saya share di posting ini.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Sama2 bro, thx sudah kunjung kemari ...

      Hapus
  10. Saya kena tilang karna ga punya SIM kemarin hari kamis, sya memilih slip biru, disitu tertera denda maksimal 1jt. sya udh bayar hari jumat'a. kata pak polisi yg di pos uang denda tilang ga nyampe 1jt. paling 200ribu.
    pertanyaan'a : bagaimana cara'a sya mengambil uang sisa denda tilang tersebut?
    mohon bantuan'a. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, soal slip biru itu saya tidak banyak informasi. Tapi di google banyak dishare blogger lain. Coba saja dicari di sana.
      Setahu saya sih yang pasti ribet untuk mengambil sisa uang yang sudah dibayarkan. Denda yang mz bro bayarkan senilai Rp 200.000,00? Itu 1jt maksimal memang, karena denda tilang itu sebenarnya ada daftar dendanya, dan itu di kejaksaan yang punya. Polisi juga punya, tapi mereka tidak pernah ungkap, karena di sana ada celah untuk mengambil keuntungan. Denda tidak punya SIM atau tidak bawa SIM sama saja deh dendanya, itu yang saya tahu dan tidak sampai Rp 200.000,00.

      Hapus
  11. bro kalo di tangerang kota kalo masalah kena tilang dimane tempat persidangannye ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kurang tahu tuh bro, kalau gak salah sih dekat taman makam pahlawan deh, pernah lihat dimana, tapi lupa pastinya, tapi hasil penerawangan saya di Google, kalau mz bro tanya tempat sidang berarti di Pengadilan Negeri Tanggerang Jl. TMP Taruna. Tangerang 15118 | T: 020-5524157/ 5524158. Bisa akses informasinya di sini: http://legalakses.com/daftar-alamat-pengadilan-di-jakarta-bogor-depok-tangerang-bekasi-jabodetabek/

      Nah kalau ga sempat sidang, datangnya ke Kejaksaan Negeri nya juga tidak jauh dari situ. Jl. TMP Taruna No. 10 Tangerang 15118. Coba ke web nya saja di: http://kejari-tangerang.go.id/

      Monggo dicoba saja, mudah-mudahan alamatnya belum berubah. Sekian yang bisa dibantu share ;) Thx sudah mampir

      Hapus
  12. Kl di kejaksaan timur kena tilang krn gak ada sim biasanya range dendanta brp
    Kebetulan. Sdh lama blm d ambil krn gak sempet

    Jadwal sidang tgl 19 juli kmn harusnya heheh

    Mohon info mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sy ini belum punya tabel denda tilang neh, jadi kurang tahu pasti angkanya berapa untuk masing-masing pelanggaran. Btw, yang ditahan kalau sim gak punya berarti STNK ya? Dulu sih waktu saya kenal tilang dan SIM (juga lagi sekolah di kejaksaan karena kasus tilang juga), STNK saya yang ditahan. Jadi saya punya dua kertas tilang, akhirnya ya saya tebus satu per satu, dan biayanya itu per tebusan cuma Rp 75.000,00 untuk area Depok sama Jakarta Selatan.

      Kalau mba ini sidang tanggal 19 Juli lalu, ya udah sebelum mudik ini datang saja ke kejaksaan negeri jakarta timur, pasti barang sitaan tilangnya di sana, bayar dendanya di sana saja. Mau diambil setelah Lebaran juga bisa, asal kertas tilangnya jangan sampai ilang, kalau ilang repot lagi urusannya dan saya belum pernah mengalami, dan jangan sampai. Tapi kalau STNK ditahan kalau bisa secepatnya diambil, karena kan kalau parkir harus menunjukan STNK, jadi penting sekali. Sekian yang bisa saya bantu, yang saya ketahui, kurang lebihnya coba cari info lagi di google. Thx sudah berkunjung :)

      Hapus
  13. Hi aku mau tny.. aku kan kena tilang di harmoni gajah mada gara2 gak nyalain lampu depan wkt siang hari, trus SIM aku di tahan dan aku di ksh surat tilang merah dan disuratnya tertulis tgl sidang nya tgl 2.8.2013 dan aku lupa untuk sidang smp skrg tgl 15.8.2013, trus apa yang harus aku lakuin? Ambil SIM dmn? Bayar denda nya berapa? Krn di surat tilang gak ada tulis jumlah denda, tp di surat bagian kanan atas tulisan print denda maksimal rp.500.000, rp.700.000, rp.1juta, yg bener mana? Di tunggu ya balesannya... Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa saya balas, beberapa hari ini rada vakum ngeblog ; )

      Kalau bisa dibaca di postingan ini kan sudah jelas tuh, datangi saja Kejaksaan Negeri dimana anda ditilang. Kalau mz bro ini ditilang di Harmoni/ Gajah Mada itu berarti masuk wilayah hukum Jakarta Pusat, berarti benda sitaan tilang mz bro itu ada di Kejaksaan Jakpus, jadi cari saja ke sana, nanti ke loket pengambilan benda sitaan tilang. Bayarnya ya kisarannya mungkin lho, saya tidak tahu pasti Rp 75.0000,00 - Rp 90.000,00, untuk pelanggaran lampu. Tidak mungkin kena sampai ratusan ribu deh, dicoba saja, kalau sudah dapat infonya, dishare aja biar ada teman-teman lain bisa baca. Share aja di komen ini juga gpp. Tapi tanpa perlu saya balas juga saya coba share di postingan ada koq mz bro ...

      Thx sudah mampir, maaf saya balas lama.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. ambilnya di kejaksaan bro, langsung ke loket tilang ...masalah dendanya nanti dijelaskan petugas disana ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar sekali ...

      Thx sudah bantu share dan jawab ... Semoga bisa membantu

      Hapus
  17. Kalo mau ke kejaksaan jakarta selatan dari wilayah jakarta timur harus lewat mana ya kalo boleh tau?gatau jalan nih gan soalnya hehehe
    *kebetulan ketilang dijakarta selatan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ga tau jalan ya. Bingung juga kasi tahu arahnya, kalau ga turun ke lapangan nunjukin. Dulu yang saya tahu karena saya ambil barang sitaan tilang itu kantornya masih di dekat Taman Puring, Jaksel. Kalau yang suka belanja di Tampur pasti tahu deh, tempatnya ndelesep gitu, pas tikungan mau ke arah flyover Cipulir, kiri jalan jauh sebelum flyover. Nah namun ada mz bro yang beri komentar di postingan ini bilang katanya sudah pindah, ini copas komennya, komen asli ada di atas:

      Update gan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan udah pindah ke Jalan Tanjung No.1, Jagakarsa, Jakarta Selatan
      No. Telp / FAX : 021-78848685 , Sumber http://www.kejari-jaksel.go.id/

      Kalau yang baru ini ambil aja arah Ragunan, nanti di sana bisa ikuti rambu-rambunya, atau kalau dari Jaktim bisa aja ambil ruas arah Depok, Lenteng Agung, nanti putar balik ikuti papan arah ke Jagakarsa.

      Maaf baru balas, baru bisa ngeblog lagi nih. Thx sudah mampir ...

      Hapus
  18. tadinya saya ragu ketika teman saya bilang 'ga perlu sidang, tapi cukup ambil saja di kejaksaan negeri setelah tanggal sidang'. ternyata prosedurnya seperti itu ya? terima kasih, cukup membantu dan memberikan ilmu baru. #1stkenatilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, sama-sama, senang bisa berbagi ...

      Yang saya share ini yang saya alami, dan saya malas dengan birokrasi yang ribet saat proses sidang dan memakan waktu, toh ujung-ujungnya denda yang harus kita bayar. Jangan sampai kita rugi dobel, waktu sudah terbuang untuk antre sidang dan kita harus bayar denda. Jadi lebih baik kita pilih salah satu saja. Karena kita hidup di kota besar, bukan di desa, jadi waktu harus benar-benar dimanfaatkan.

      Hapus
  19. saya kemarin abis kepergok dijalan busway >.< kena tilang tapi saya masih polos gak tau apa apa gak tau ajak damai jadi saya iya iya aja, polisinya ngeriin soalnya badannya gede pake banget >.< terus kena pasal busway sama pasal SIM disuruh ambil STNK di pengadilan negeri jakarta barat.

    nah saya mau tanya buat tgl 13 nanti sebaiknya gimana ? kalo ngikutin prosedur diatas aman gak sih ? takutnya kenapa kenapa >.< terus tau gak kira kira saya musti bawa biaya berapa ? saya takut nyampe 300rebu T^T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman koq, itu yang saya ketahui dan memang masih berlaku deh kayanya. Tidak usah khawatir, melanggar bisa terjadi pada siapa saja, selama masih pelanggaran ringan dan tidak mencelakakan orang. Datang saja ke Kejaksaan Jakarta Barat, kalau prosedur tilang Polantasnya benar sih ya pasti benar, modalnya kamu bawa surat tilang yang diberikan Polantas itu, biasanya sih warna merah. Untuk alamatnya bisa browsing, yang saya tulis di atas entah masih update atau tidak. Tapi coba browsing dulu alamat pastinya kalau tidak tahu. Langsung datang ke loket pengambilan benda sitaan tilang, di sana pasti banyak rekan2 sama seperti anda koq. Kalau ditawarin oknum untuk dibantu, bilang saja, saya mau coba sendiri. Pengalaman saya ditilang di ibukota beberapa kali sudah cukup beri pelajaran saya untuk keluar masuk Kejaksaan ambil benda sitaan tilang milik sendiri pastinya tanpa ragu.
      Soal denda sih ya tergantung pelanggaran, per pelanggaran itu kisarannya Rp 75.000,00 - Rp 90.000,00, berbeda untuk wilayahnya. Tapi kayanya gak sampe Rp 300.000,00 deh. Tapi bawa saja uang lebih untuk jaga-jaga, tapi jangan takut, cuek-cuek saja, pede.

      Tentunya jangan diulang lagi untuk melanggar lalu lintas dikemudian hari, kalau tahu caranya lebih mudah jika ditilang. Jangan lagi main "damai" sama Polantas, kasihan juga mereka. Meski begitulah adanya Polantas di Indonesia. Tetap patuhi lalu lintas untuk keamanan dan kenyamanan berkendara semua orang. Thx sudah mampir. Klo ada info2 share lagi aja bro di sini. Thx sekali lagi.

      Hapus
  20. E.M.C SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS:0857-1721-2087 ATAU KLIK WEBSITE RESMI KAMI www.emc-shop.blogspot. com (NB:JANGAN MENGGUNAKAN SPASI KETIKA MEMBUKA WEBSITE KAMI).
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

    Dijual

    Ready Stock!
    BlackBerry 9380 Orlando - Black.
    Rp.900.000,-

    Ready Stock!
    BlackBerry Curve 8520 Gemini.
    Rp.500.000,-

    Ready Stock!
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.
    Rp.800.000,-

    Ready Stock!
    Blackberry Curve 9320.
    Rp.700.000,-

    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.
    Rp.1.700.000

    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.
    Rp.500.000,-

    Ready Stock!
    Nokia Lumia 800 - Matt Black.
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock!
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock!
    Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM.
    Rp.450.000,-

    Ready Stock!
    Nokia Lumia 710 - Black.
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black.
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel).
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock!
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB.
    Rp.700.000

    Ready Stock!
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink.
    Rp.500.000,-

    Ready Stock!
    Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home.
    Rp 1.300.000

    Ready Stock!
    Acer Aspire S3-951-2364G34iss.
    Rp. 1.200.000,-

    Ready Stock!
    Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7.
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock!
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green.
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock!
    Nikon D7000 kit 18-105mm.
    Rp.1.700.000

    Ready Stock!
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr.
    Rp 1.300.000

    Ready Stock!
    Nikon Coolpix L 120 Red.
    Rp. 900.000

    Ready Stock!
    Nikon Coolpix P 500 Black.
    Rp 1.000.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, kayanya ngiklan neh di sini ...
      Btw ini jualan koq harganya berbeda jauh dengan harga normal, jadi meragukan. Ada toko nyatanya gak, kalau ada, bisa dikunjungi langsung tokonya?

      Hapus
    2. Kalo ngambilnya di kejaksaan kena denda ga? Soalnya saya ga ambil udah 2bulan hahaha

      Hapus
    3. Hanya bayar denda tilangnya saja, tidak bayar denda telat ngambilnya. Sama seperti denda waktu kamu misalnya ambil di pengadilan negeri.

      Hapus
  21. saya kena tilang di surakarta,, krn wktu itu aq pas gak pake helm,, sim sy ditahan dan dkasih surat tilang yg warna pink,, masalahnya itu udah lama bgt tgl 18 maret 2013,, krn suatu hal sampai sekarang (kurleb 6 blan) sim saya blm sy ambil,, masi bisaka sim sy ambil?? adakah sanksi lg yang dikenakan ke saya??? sy ngeri baca pmberitahuan di srt tilang ktnya kl sengaja tdk hadir sidang dan ga byr denda bs dpidana atau d denda max 9 jt . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tahu sih tidak sampe seperti itu. Saya pernah ngalami itu jaminan tidak saya ambil sampai 6 bulan, bahkan sy berkendara dengan cuma memegang slip pink tilangan, karena sim dan stnk nya sekolah.
      Anda ambil sj di kejaksaan, sim nya pasti ada di sana, anda hanya perlu membayar denda saja. Dicoba sj, tk usah takut, yang nabrak orang saja cuma dhikum 7 bulan penjara, kasus Novi Amelia. Kan termasuknya pelanggaran ringan.
      Meski begitu coba tetap patuhi lalu lintas untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain. Sanksi itu dibuat hanya untuk mengatur biar setiap orang tidak sekarepe dhewek. Cari sj kejaksaan negeri, pasti barang tilangnya di sana.

      Hapus
  22. baru kemarin kena razia di jln dari arah pulogadung mnuju ITC Cempaka Mas sebelum lampu merah, T_T banyak banget polisinya, jadi gak bisa berkutik
    baru kali ini saya kena tilang dan STNK ditahan karena saya tidak punya SIM
    mohon pencerahannya yg sudah biasa kena tilang, mnurut yang saya baca dari sini lbh baik jangan ikut sidang, apakah klo kita tidak ikut sidang kita tidak akan dikenakan biaya denda lagi krn tidak mengambil STNK kita dihari yg tertulis diketas tilang?
    lalu tmpt kejaksaan dijakarta timur itu dimana ya?
    dan kira" harus kluar nominal brp?
    saya takut kena tipu, karena belum pernah mengalami kejadian spt ini
    trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sekarang Polri jajaran lantas lagi genjar sapu bersih soal administrasi dan pelanggaran lalin. Jadi kalau kena tilang ya saran saya ya tadi, ngapain buang-buang waktu untuk sidang, karena kita sudah bayar denda, waktu kita terbuang juga. Toh ujung-ujungnya barang sitaan tilang kita itu juga akan aman, tidak akan hilang, asal ya tadi bukti surat tilangan kita masih ada untuk mengambil benda sitaan tilang itu.
      Kalau soal denda yang pasti masih realistis, untuk perkembangannya pastinya berapa saya kurang tahu.Saya pernah meminta berapa sih tabel denda tilang yang harus dibayar untuk sebuah pelanggaran, tetapi itu tidak diberikan, jadi memang tidak ada transparansi. Tapi sudahlah, selama masih realistis dan bisa diabayarkan kenapa tidak. Selama ini saya ketilang ya kisarannya Rp 75.000,00 - Rp 100.000,00 biasanya tidak lebih dari itu.
      Lalu kalau yang ketilang itu orang luar daerah dan tidak bisa ambil tepat waktu, mau bagaimana? Mau memaksakan sesuatu? Sejak saya tahu pengambilan bisa dilakukan di Kejaksaan, kenapa gak saya ambil ke sana saja, ngapain sidang hanya untuk buang-buang waktu, kecuali tinggal di desa, ini kota, waktu adalah uang. Lebih baik membayar darpada kita buang-buang waktu.
      Mengenai tempat coba saja browsing mz bro, saya buta dengan wilayah Jaktim sih. Yang jelas pede aja gitu, kalau mau ke Kejaksaan, datang langsung keloket pengambilan benda tilang. Biasanya misal sidang Jumat, datang ambil senin/selasa, biasa sih berkasnya sudah ada di sana, setelah di pengadilan biasanya berkasnya bergeser ke kejaksaan.
      Itu saja yang bisa saya share, berdasarkan pengalaman saya.

      Hapus
    2. Anonim;;
      bisa aja kalo mau sidang, berangkat aja sore, jakarta timur biasa baru buka jam 12.45.. bayangin aja berapa antrean.. datang aja jam 3an..
      kalo kejaksaan di by pass jatinegara. dari KI. Pulogadung lurus aja arah klender. dibawah by pass itu kog.. buka biasa jam 8.30 an, itu masih antre, dulu waktu g bawa helm dan g punya SIM saya kena 45rb..

      Cocopero;;
      Btw. sekarang kena tilang motor yg disita, tapi hari ini sidang belum bisa datang, apa bisa dibayar ke kejaksaan juga yaa,, soalnya motor ditahan di kebon nanas..

      Hapus
    3. Owh begitu ya, thx sudah share alamat Kejaksaan Jaktim dan ancer2nya ... Dl Rp 45RB tahun brp ya mz bro? hi3x, harga tidak termasuk inflasinya ya he3x ... Thx sudah share.

      Wah, setahu saya ya, kalau sita motor itu kalau SIM gak punya, STNK mati atau tidak bawa, itu alternatif terakhir ya diangkut motornya. Kalau pengalaman saya suka nongkrong di Polres Kota Cirebon, banyak memang motor tilangan yang diparkir dan diangkut di Polres. Nah mungkin kalau pengambilan kendaraannya setelah mz bro ini bayar dendanya ke Kejaksaan Negeri atau emang sebelumnya ikut sidang. Baru setelah sudah dapat bukti pembayaran denda tilang itu baru bisa ambil motor. Tapi biasanya sama polisinya minta kelengkapan kendaraan yang ditilang dilengkapi dulu. Saya lihat waktu itu di Polres Kota Cirebon, ada orang kena sita motornya, saat mau diambil itu motor harus dikembalikan sesuai standar aturan, misalnya penggunaan plat asli, dan kelengkapan lain yang menurut polisi sudah layak.
      Kalau area Jakarta yang luas begini saya kurang paham dimana tempat penyimpanan motor sitaannya. Tapi selama anda masih punya SIM atau STNK yang bisa jadi barang sitaan tilang, pasti dua benda itu yang dijadikan benda jaminan tilang.
      #amitamit kalau ketilang sampai angkut motor. Soalnya repot biasanya untuk ngurusnya, belum lagi kalau polisi di Polres atau polisi tempat ambil motor minta uang rokok atau semacamnya.

      Hapus
    4. Ralat gan, itu alamat kejaksaan jaktim enakan dari jatinegara aja. arah ke klender. fly over pertama, maju sedikit ada lamper (arah menuju tol) ambil kanan. tapi belok dari lamper itu ada 2 lajur, nah.. ambil lajur kiri.
      Kalau dari Kawasan Industri Pulogadung yaa arah klender, menuju jatinegara, nanti kalau liad fly over jalan pelan, belok kiri pas lamper! ambil lajur kiri!
      terus lurus aja sampai ketemu plankan hijau 'parkir dalam penuh'. LOKET didepan situ..
      45rb itu tahun 2011

      Hapus
    5. motor kena angkut karena g'da plat gan, STNK belum turun,, (pasal 288) polisi yang nilang sih langsung bilang ambil dimana, tapi di kejaksaan/pengadilan biasa juga diarahkan..
      alhamdulillah sih ga kasih uang rokok tadi, mungkin karena kasian ma cewek.. hehe..
      Yg perlu disiapin cuma copy identitas pengambil, sama yg ngambil harus punya SIM dan nunjukin identitas motor, yach copy aja dehh itu SIM, KTP, STNK..
      tp thanks yaa

      Hapus
  23. mw tny dong, tadi gw baru kena tilang karena masuk jalur transjakarta trs sim nya kan ditahan. kalau sebelum tanggal sidang gw kena razia, trs sim gw kn ditahan. surat tilang itu berlaku ga bwt buktiin kalau sim kita ge ditahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn ya, saya juga bingung jelasinnya, kalau mz bro ini ketilang lagi ya, tergantung polisinya sih, kalau kasihan sih ya dilepasin, asal kesalahannya masih ringan, misalkan hanya tertangkap berhenti karena razia, tapi kondisi semua kendaraan dan kelengkapan lengkap, masih ada kemungkinan dilepaskan, asal ya tadi surat tilangnya masih berlaku. Dalam arti belum melebihi tanggal sidangnya. Kalau sudah lebih sih otomatis akan ditilang STNKnya. Seperti yang dulu saya alami, ketika surat tilang saya atas SIM sudah habis 3-4 bulan lalu, tapi karena tidak diambil-ambil, akhirnya ya STNK saya yang kena tilang dan ditahan, dengan pelanggaran tidak membawa SIM. Kalau mz bro kena pelanggaran melintas di jalur TJ saat masa berlaku surat tilang belum habis pun pasti STNK mz bro akan ditilang, karena pelanggarannya ketara, soalnya polisi tidak akan melepaskan begitu saja, polisi juga dapat reward atas tilangan itu, dan kalau dilepas dan polisi tidak dapat apa-apa, kalau ketauan atasannya atau provos bisa diproses.

      Selama punya surat tilang dipegang entah masih berlaku atau tidak, polisi akan tahu kalau anda pernah ketilang. Tapi kalau surat tilangnya sudah exp. karena mz bro saat tanggal sidang belum nebus itu SIM, ya siap-siap saja bakal ditilang lagi, jadi dapat dua surat tilang deh. Kalau surat tilangnya masih berlaku, dalam arti masa sidangnya belum tiba, ya nanti tinggal nego tergantung anda kena pelanggaran yang bisa ditoleransi polisi atau tidak.

      Saya ngomong begitu karena pengalaman saya aja sering kena tilang. Malah saya pernah berpergian tanpa STNK dan SIM, hanya bermodal surat tilang dan keduanya sudah exp. Tapi untungnya selalu lolos dari razia, kalau kena razia bisa kena angkut itu motor saya. Exp. yang pernah saya alami itu sampai 6 bulan malah.

      Hapus
    2. jadinya kalau hanya berhenti karena razia trs surat tilang kita masih berlaku brarti ga jadi masalah kan? pantes waktu kena tilang tuh polisi langsung kasih surat tilang mungkin mw dapet rewards. hihihihi. kalau masuk TJ kena tilang berapa y kira2?

      Hapus
    3. Ya begitu sih tinggal bagaimana kita negonya, asalkan pas razia itu kita tidak kena pelanggaran yang lain. Kalau nego nya oke mah bisa lolos koq. Kalau masuk jalur TJ mah sudah pasti kena tilang, polisi juga rejeki dapat reward kalau bisa mengeluarkan surat tilang. Ya mungkin 75K kali, itu perkiraan aja sih, mentok paling 90K. Soal dendanya ini memang tidak ada transparansi sama sekali, hanya pihak polisi, pengadilan dan kejaksaan dan Tuhan yang tahu. Ketika kita ambil benda tilang kita, petugas di sana hanya menyebutkan angka nominal yang harus kita bayar, habis kita bayar baru deh benda sitaan tilang kita keluar. Tanpa ada kuitansi atas pembayaran denda tilang tesebut. Jadi ya hanya Tuhan yang tahu lah.

      Hapus
  24. Saya ingin nanya saya kan ditilang tgl 3 september lalu dberi slip pink(merah) disuruh dtg ke pengadilan jakarta timur untuk sidang tgal 13 september .. Tp smpai skrg blm saya ambil di pengadilan .. Apakah slipnya masih berlaku kalau saya bawa mtr dan ditilang ?? Apakah saya hanya tunjukin slip merahnya saja ?? Mohon infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi3x, penjelasannya sih sudah saya jabarkan di atas, di komentar sebelumnya. Pastinya kalau sudah kadaluarsa kalau pas ada razia atau kena pelanggaran lagi mz bro pasti kena tilang lagi. Kalau menunjukan slip merah ya tunjukin aja, tapi tidak akan diapa-apain, paling polisi akan meminta STNK situ kalau sebelumnya yang ditilang SIM nya. Nanti STNK nya bakal disekolahin deh ha3x ... Jadi setelah ditilang mz bro hanya bermodal dua kertas tilang bewarna pink itu. Hati2 aja kalau kena tilang lagi, motornya siap diangkut tuh. hi3x ...

      Segera ambil itu benda tilangnya di Kejaksaan Negeri Jaktim, untuk alamatnya coba baca di komentar yang ada di postingan ini, baca satu per satu ada itu alamat atau ancer-ancernya koq.

      Itu saja yang bisa saya infokan. Thx sudah mampir di sini ... : )
      Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas, jadikan keselamatan lalu lintas sebagai suatu kebutuhan!

      Hapus
  25. saya baru kena tilang td pagi, grgr lawan arah dgn niat mau nanya ke tuh polisi. eh malah jd perkara, pas diminta surat2 sy ketauan kalo blum punya sim. dan akhirnya stnk ditahan, trus sy disuruh datang ke sidang pengadilan tgl 11/10 nanti di pengadilan jaktim. pas sy searching sy kena pasal tentang ga punya sim (pasal 281), disitu katanya denda 1jt, itu beneran segitu ya dendanya? mohon bantuannya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha3x, sekarang harus hati2, polisi sudah gk ada tolerir lagi sih, kesempatan untuk bisa menindak mereka akan menindak. Mungkin kalau pas diperiksa surat2 lengkap pasti masih bisa nego untuk dilepaskan untuk alasan yang masuk akal.

      Memang sih kalau mengacu UU lalu lintas dan jalan raya dendanya besar, tapi kenyataannya sih kesepakatannya dilakukan oleh lembaga terkait di daerah, kadang tiap daerah beda-beda tabel denda tilangnya. Tapi kisarannya masih di bawah 100 di atas 75. Dicoba saja bray, tidak akan lebih sampai-sampai 1iket koq.

      Hapus
  26. saya mau tanya nih, saya kna tilang tapi belum saya ambil,berarti tilangan saya di oper ke kantor kejaksaan jakbar kan,nah kantor kejaksaan jakbar itu yang di tomang dekat kantor catatan sipil bukan yang di sberang TA,tadi saya dari sana tapi bingung kantornya saya tanya orang/calo eh dia kasi taunya di kembangan kejaksaannya,mohon bantuannya thks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh begitu, sy juga belum pernah ketilang untuk wil jakbar, sy cuma share infor alamat kejaksaan. Sy pikir juga di S. Parman seberang TA itu kalau gk salah lihat. Tapi misalkan di sana tidak ada, dan dialihkan ke Kembangan, dicoba saja ke sana. Yang jelas posisi berkas sitaan tilang setelah dari pengadilan itu dioper ke kejaksaan.

      Gk usah bingung, kalau sudah k kejaksaan, langsung sj tanya sm petugas resmi nya sj, tanya loket pengambilan sitaan tilang dimana. Kalau di kejaksaan tersebut tidak ada, berarti kantornya untuk menangani sitaan tilang di tempat lain, tapi masih kejaksaan juga. Mungkin begitu, sy belum punya gambaran juga soal jakbar. Pengalaman sy di kejaksaan jaksel sm kejaksaan depok, dan loket pengambilan sitaan tilang ya di situ-sittu juga.

      Hapus
  27. ada yang tau ga kalau kena tilang di daerah tambun, ke pengadilannya dimana?
    kalo boleh sekalian alamatnya donk
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambun ya bray. Tambun itu Bekasi yang sy tau, cuma entah Kota Bekasi atau Kabupaten Bekasi. Nah kalauu mz bro sudah tau lokasinya masuk kota atau kabupaten. Kalau sudah dipastikan, datang ke kejaksaan negeri dimana kota atau kabupaten. Mz bro bisa cari d google saja, alamatnya pasti ada di sana.

      Tambunnya mana? Tambun Selatan atau Utara, kalau begitu berarti masuk wilayah Kabupaten Bekasi. Itu sy lihat dari link di bawah ini.
      http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kabupaten_Bekasi

      Kejaksaan Negeri Bekasi. Jl. Veteran No. 1, Bekasi Telp. 021-8841450, 021-8842782. Fax.

      Hapus
  28. Hi salam kenala bro.. Gw dah baca info nya dr atas sampe bawah... Nah kebetulan w warga bekasi yg di tilang di tangerang.. Hars nya si hari ini sidang.. Tp w mau coba saran bro yg td.. Thanks pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya monggo dicoba saja. Kalau sudah ada hasil atau gagal, mohon dishare ya bro. Soalnya saya sudah lama tidak pernah ditilang lagi, jadi belum ada update pengalaman soal tilang-tilangan lagi neh.

      Thx sudah mampir ;p

      Hapus
  29. salam kenal bro....
    numpang nanya... hari jumat tgl 11 Oktober gw kna tilang di daera Gadog puncak.. krn ga punya sim, akhirnya STNK gw yg ditahan, tpi aneh nya waktu itu Pak Lantas nya minta gw dtng sidang ke polres Cibinong tgl 18 nya.. setau gw kalo mo sidang ya di PN... bukan di polres,, krna suruh dtng nya ke polres makanya smpe skrng gw belum ambil tuh STNK... kira2 kalo kasusny spti kapan ya berkas STNK gw diserahin ke PN ya...??? thanks bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga karena keterbatas tempat, akhirnya sidangnya pinjem tempat. #mungkin
      Tapi kalau sudah lewat tanggal sidang, ya berkasnya lari ke Kejaksaan. Dicoba saja cari ke sana.

      Hapus
  30. Hi bro..cerita diatas berlaku utk kendaraan beroda empat juga kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemmm, sepertinya begitu deh. Tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanya denda tilangnya saja. Saya juga belum pernah ngalami ditilang ketika berkendara roda empat.

      Pengalaman saya soalnya pernah ngobrol dengan supir angkot yang kebetulan ambil SIM nya yang disekolahin karena kena tilang di Kejaksaan, jadi kemungkinan untuk mobil pribadi juga sama.

      Hapus
  31. Baca informasi ini kayanya ngasih angin segar dikit nih, sekalian mau Tanya. Hari senin 4/11 kemarin saya kena tilang karena bahu jalan tol, dengan PD nya saya minta slip biru. Ternyata dendanya maksimal dan mencekek sekali karena harus bayar 500rb. Sidangnya di pengadilan S.Parman hari Jumat tgl 8 Sept 2013, yg ingin saya konfirmasikan kembali adalah: Berarti saya ga perlu bayar ke BRI dan ikut sidang lalu saya dating ke kejaksaan hari senin/ selasanya saja mas? Ada batasan maximum ga sih kalo proses di kejaksaan itu?

    Mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya tilang itu slip merah, kalau mengenai slip biru saya kurang paham ya.
      Untuk pengalaman dicoba saja datang ke Kejaksaan, di sana bagaimana. Tapi bukankah dengan slip biru itu menandakan anda siap membayar denda itu (denda maksimal).
      Pengenaan denda ini soalnya ya beda2 sih, tergantung kesepakatan dinas-dinas terkait dengan kepolisian. Solusinya ya dicoba saja, kalau memang sempat datang sidang ya datang, kalau tidak sempat ya pakai cara saya, datang ke Kejaksaan.

      Jujur yang saya share di sini tilangan untuk slip merah.
      Mungkin pengalaman mas bro yang lain bisa bantu share di sini, biar saling membantu khasanah pertilangan ha3x

      Hapus
  32. kak, kalo misalnya surat tilangnya ilang kita kena denda atau gimana? butuh pencerahan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ini masalah baru deh. Kalau surat tilangnya hilang saya belum pernah ngalami. Saya waktu itu surat tilangnya hanya tak terbaca, karena tercuci jadi kondisinya seperti surat peninggalan purbakala ha3x. Tapi dicoba saja datang ke Kejaksaan, bawa identitas yang berlaku sesuai dengan data yang tertulis di kertas tilang, mudah-mudahan sih bisa dicari. Atau kalau kepepet mereka suruh buat surat keterangan hilang terlebih dahulu.

      Untuk pastinya saya belum pernah ngalami masalah yang seperti ini.

      Hapus
  33. mau tanya dong kalo jadwal sidangnya uda kelewat 2 bulan masih bisa ambil gak ya??? tx

    BalasHapus
  34. Gan, mau tanya, saya baru kena tilang nih.. dikasih slip merah. disuruh ke pengadilan, tapi saya ngotot minta di tempat. saya maksa terus tapi tidak dikasih. katanya kalo mau ambil besok di polsek jam 9pagi. Menurut agan, diambil di polsek atau di pengadilan ya? Takutnya di polsek disuruh bayar lebih mahal daripada di pengadilan.. Ada saran Gan? Thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aneh aja mau bayar di tempat itu sdh gk bisa, polisinya jg takut kena audit. Polisi klo bisa nilangg itu jg dpt reward, jadi mrk gk mw rugi hny krn untug sementara tp kena sanksi. Meski tk menutup kemungkinan masih ad praktek macam itu. Km ambil aja di kejaksaan negeri.Gitu aja koq repot.

      Hapus
  35. Kalo ambil sim di kejaksaan depok kira-kira kena berapa ya? Bukan denda maksimal kan? Pelanggarannya yg saya bonceng ga pake helm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau sekarang tidak tahu tarif dendanya. Ini si kira2 mungkin 75-90rb deh. Tidak akan kena denda maksimal koq. Mereka punya tabel dendanya. Dulu 2tahun lalu saya sih tidak sampe 90rb deh itu per pelanggaran.

      Hapus
  36. Masbro belom ada yang nanya nih begini

    Bisa tidak diambil lebih awal sebelum hari h sidang ?

    Katanya sekarang sidang sudah tidak ada lagi
    jadi kita ke PN hanya membayar denda saja.

    Saya baru aja td untuk pertama kalinya kena tilang karena muter balik tidak pada tempatnya di dekat harco glodok. Dan saya di arahkan oleh polisinya ke PN jakbar di slipi.

    Padahal saya liat ada 5 orang muter juga sebelum saya tidak di hentikan saya binggung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu si apes2an. Skr qt yang tertib tidak ada apresiasinya, kalau sdh apes ya apes aja kena tilang. Setau sy, berkas nya masih proses dari polisi ke PN, mk nya jeda wkt itu 1-2minggu. Klo mw ambil sblm wktnya, tkt nya berkasnya blm nyampe. Tp kalau mau coba, cb sj. Klo sy biasanya sllu tlt ambil, jd nya ke KN.

      Hapus
  37. saya mau tanya, saya baru saja membaca artikel di blog orang lain katanya kita bisa ambil stnk dipengadilan negeri lewat dari jam sidang, dalam hari yang sama yang tertera disurat tilang. katanya langsung diambil di loket, tanpa ikut sidang dan tanpa ikut antri, apakah itu benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sj begitu. Sy sndiri blm bs update pengalaman lg soal hal ini. Bbrp wkt lalu, memang sy pernah membaca berita bahwa pihak terkait mencoba mempermudah dalam soal pengambilan benda denda tilang ini, agar tdk buang2 wkt sidang dan untuk mengurangi praktik calo. Bs sj yg diutarakan Yuri ini bnr. Sy blm updte pengalaman seputar tilang lg krn sdh ckp lama sy tdk pernah kena tilang lg, jd blm ad update informasinya. Harap maklum. hehe

      Hapus
  38. informasinya sangat bermanfaat buat gw, thanks bro..
    ceritanya gini : jumat depan(14 feb) ada sidang di PN Jaktim, dan berhubung gw hari jumat masih di luar kota gak bisa dateng sidang, mending ambil SIM nya hari senin/selasa di kejari jaktim ya yg di DI panjaitan.(sesuai info di atas) :)
    sekali lagi, thanks informasinya bro.. nice share..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ups.. sorry maksud gw 14 Maret. :)

      Hapus
  39. Lm knal bro.. Hr ini sya 17/03/14 br kena tilang didaerah sudirman,kena razia 3in1,sya minta slip biru tidak diberikan dgn dalih slip biru 'katanya' harus bayar 500rb dan anda tidak mengakui kesalahan,jadi sya diberikan slip merah,dengan waktu sidang minggu ini jg,tepatnya hr jumat (mengapa bukan 2minggu?)
    Yang ingin sya tanyakan:
    1.Apakah kl ikut sidang lebih murah byar denda nya dibanding di kejaksaan?berapa kisarannya? Jam berapa buka PN Jaksel? Berapa lama kl ikut sidang?
    2.Dimana lokasi persis PN Jaksel?maksud sya patokannya dkt dgn apa?kl dr arah ui depok ke arah mn? Kl kejaksaannya patokannya apa?
    3.Apakah sudah pasti dan agan yakin dgn pasti kl sya ga ikut sidang,sim sya sudah pasti di limpahkan di kejaksaan, sudah pasti aman,dan tidak akan hilang,atau di limpahkan ke polres???
    Mohon info,pencerahan,dan sharenya yaa gan,n terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau patokan alamat sy kurang tw, soalnya sdh lm sx sy tdk prnh ditilang lg. Trakhr kejaksaan kntr ny msh d daerah kebayoran, tp info dri blogger lain sdh pindah di Jagakarsa. Klo pengadilan si msh di Ampera.
      Berkas yg tdk brhsl dsidangkan psti dilimpahkan k kejaksaan. Kemungkinan bsr ad di sana. Kalau soal bsrnya denda gk jaminan ikt sidang bs kena denda lbh murah, aplg kasus anda kena 3in1,masuk jalur transj,tk bw helm,dll. Kecuali kasus nya anda dijebak polisi atau lainnya anda tidak terima bisa debat di sana. Tapi pengadilan tilang si, ibarat pengadilan manut, diketok, pelanggarannya apa ya ud byr denda sesuai tabel denda tilang. Kalau ditanya brp lama ikt sidang? Jawabannya "ngantre" dan buang wkt. Kalau dl masa tunggu sejak ditilang 2minggu skr 1minggu mungkin itu upaya positif untuk mengurangi lamanya wkt tunggu. Krn hal ini jg jd alasan munculnya oknum makelar tilang untuk membantu pengurusan tilang krn alasan wkt yg lama. Dg semakin singkat wkt tunggunya, si pelanggar jd bisa lbh kooperatif ikut proses atau minimal tidak memanfaatkan calo2/makelar2 tilang. Paling itu saja sih.

      Hapus
  40. Pagi ini saya abis kena tilang naik motor karena lewat jalur busway,
    lalu saya diberi surat merah dan disuruh ikut sidang di jakarta timur.
    Saya mau menanyakan kira" kalau ikut sidang berapa ya kena dendanya?
    Soalnya baru kali ini kena tilang jalur busway

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sory mas bro baru bisa balas.
      Wew, untuk ketilang karena pelanggaran di jalur transj soal dendanya berapa saya kurang tahu, karena saya belum ketilang di transj, tetapi katanya sih soal denda untuk jalur transj belum maksium seperti aturan yang berlaku, masih denda mengikuti aturan yang lama deh. Siap saja budget 100 lewat. Kalau tidak sempat sidang ya ambil di Kejaksaan saja, dendanya beda tipis koq.

      Hapus
  41. mas saya mau tanya, saya kena tilang stnk tgl 16 maret di bogor karena pengemudi blm jadi sim dan sidang seharusnya tgl 28 maret di cibinong, tapi saya tidak hadir karna ada halangan, jadi sekaranmg saya harus ambil kemana stnk tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena sudah lewat dari tanggal sidang, jadi mba bisa ambil sim/stnk ke kejaksaan

      Hapus
  42. kendaraan saya mobil, kira kira saya harus bayar berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 75-100 mungkin, kisaran angkanya saya kurang begitu paham deh. Mau pelanggaran mobil motor sepertinya tidak jauh beda, "beti".

      Hapus
  43. Mas saya kan gk ikut sdang sdah 2bulan, nah kira" klu skarang saya ini larix kmana? Dan klu saya kepengadilan ngurus apakah stnk saya langsung d.kasih atau hrus ikut sidang slanjutnya.tolong infox dong mas, lagi binggung nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. telat 4 bulan masih bisa diambil mbak, cuma kadang suka dimahalin, soalnya mereka rada susah nyari berkasnya, kata yg udah2 sih gitu, tp tetep bisa diambil di kejaksaan wilayah mbak ketilang jd ga perlu sidang di pengadilan negeri...

      Hapus
    2. Waktu saya saja berbulan-bulan masih bisa diambil, waktu itu di Kejaksaan Kota Depok. Asal kantornya tidak kena musibah benda sitaan tilang kita pasti aman lah. Soal biaya sih, relatif ya, untuk depok untuk tilangan saya yang sudah berbulan-bulan yaitu SIM hanya bayar 75rb. Malah bukti tilang saya untuk ambil benda tilang sudah kecuci, sudah susah dibaca, tapi masih bisa keluar koq. Tenang saja, belagak tenang saja seperti sudah terbiasa kena tilang.

      Hapus
  44. maaf, mohon minta pencerahannya ni, kemarin tggl jumat 4 april sy d tilang di bundarah HI krn salah ambil jalur, saya d kasi slip merah... dan disuruh datang di sidang dijalan gajah mada (jakpus) tggl jumat 25 april (3minggu setelah tilang)
    .. apa yg sebaiknya saya lakukan? apakah boleh saya sengaja gak dateng ke sidangnya tgl 25 itu... dan saya datang di kejaksaan saja pada tanggal 28 atau 29 april?? karena saya ada ujian pada hari jumatnya...
    kalau boleh, apakah saya bisa saya datang ke kejaksaan jaksel saja? dan tidak datang ke kejaksaan jakpus......
    soalnya saya kuliah dan tinggal di daerah jaksel? jauhbkalau sy ke jakpus....
    terimakasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh ga dateng sidang, nanti ambil berkasnya senin atau selasa setelahnya, atau hari2 lain, tp saran saya jgn lama2, nanti mereka susah cari berkasnya... dan ambil berkas cuma di wilayah anda kena tilang... kalo ketilang di jakpus, ya ambilnya di kejaksaan jakpus, ketilang di jaksel, ambil di kejaksaan jaksel

      *ambil berkas di kejaksaan kalo ga ikut sidang di pengadilan, daripada ngantri cape2 ikut sidang, mending ambil langsung di kejaksaan, simple, kaya bayar listrik, serahin surat tilang, nanti dikasih no antrian, tinggal tunggu deh

      Hapus
    2. Setuju, sudah dijawab "inewchase" thx

      Hapus
  45. selamat malam
    mau tanya mas...
    saya baru kena tilang di daerah jatinegara dibawah by pass D.I Panjaitan . karena saya salah ambil jalur ( jalur mobil ) .
    minta slip biru tidak dikasih katanya mahal nanti (500rb).

    jadi saya kena slip merah , sidang tanggal 25 april 2014

    apakah lama ya proses sidangnya? dan apakah dengan calo bisa cepat?
    kira2 berapa beda harga kalau kita sidang sendiri dengan dengan diwakili calo harganya beda brapa ribu? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sidang itu sebenarnya sebentar, lama itu antrenya, tahu sendiri di Jkt yang kena tilang banyak banget setiap harinya, jadi bayangkan saja antrinya memakan waktu meski kadang loket hakimnya sibanyakin, tetep saja buang waktu untuk mengantre. Untuk calo si bisa-bisa saja dibuat mudah/cepat, tapi ya ada biaya lebih. Karena kita memang tidak bisa lepas dari calo. Solusinya ya tadi ambil sendiri ke Kejaksaan, dimana kita di tilang. Kalau di tilang di Jakarta Timur ya cari Kejaksaannya di area Jaktim, jangan di area lain karena dijamin tidak ada berkas kita. Kalau soal harga si bervariasi, kalau dendanya 75-100, calo biasanya nawar 100-150rb, karena biasa mereka harus berbagi sama oknum petugas di dalam. Uang "oli", biar licin cinnnn

      Hapus
  46. just info, abis baca tulisan ini saya coba praktek langsung ambil di kejaksaan bisa... tgl sidang saya 11 april, saya ga ikut sidang, seninnya 14 april saya ke kejaksaan jaktim, serahin surat tilang, cuma tunggu 15 menit kelar..sim udah bisa diambil.. kesalahan saya tidak menyalakan lampu (motor), kena 40rb, denger2 kalo sidang cuma kena 30rb.. saran saya jangan lama2 berkas nginep di kejaksaan, nanti mereka nyarinya lama, dan suka dimahalin... kata yg udah2 sih gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke terima kasih banyak infonya, sudah share pengalaman di sini :p, saya dulu lampu di depok kena 75, di sana lebih murah ya ternyata. Oke thx sekali lagi infonya.

      Maklum wajar kena marah kearena area Jkt kan kasus tilangnya banyak, jadi kalau kelamaan pasti repot mencarinya, karena berkas tilangan yang masuk idealnya harus seimbang dengan berkas yang ditebus pelanggar.

      Hapus
  47. mas mohon info saya kena tilang tgl 21 april 2014 dan sidang tgl 25 april, tapi saya tidak hadir rencana mau ambil di kejaksaan timur saja , saya kena pasal 287 bussway tertulis di surat pelangarannya ...... kalo saya ambil di kejaksaan kira2 harus bayar berapa ya ..... maksih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali ke soal berapa dendanya saya tidak tahu, karena saya sendiri belum pernah ketilang di jalur tansj, apalagi sejak berlakunya aturan tegas untuk sterilisasi jalur transj. Yang pasti melalui pemberitaan di media sih dendanya belum kena denda maksimum.

      Tulisan di sini juga share pengalaman, ada baiknya untuk mengenai biaya, untuk yang sudah mengalami bisa share juga di sini, berbagi itu indah lho. Terima kasih sudah mampir ;p Maaf kalau belum menjawab pertanyaannya, karena keterbatasan pengalaman ha3x

      Hapus
  48. siang gan, maaf ane mao tanya..

    ane dapet tilang gara-gara nerobos marka jalan di daerah senen. disurat di tang di tulis ane sidangnya tgl 3.01.2014 di Pn jakpus. ane lupa ampe skrng tuh surat masih nyelip di dompet ane. jd intinya ane telat sidang ampe skarang. trus apa yg ane lakuin,? sblumnya ane baca2 katanya ngurus di kejaksaan jak-pus. yg ane pikirin kira2 biaya dendanya bakalan lebih besar ga ya, krn kan lebih dr sebulan ane telatnya.

    makasih gan..

    BalasHapus
  49. Pagi Mas,

    Saya mau nanya, hari ini saya kena tilang (utk kendaraan motor) di kepa jakarta pusat karena lawan arah dan akan diproses Di PN gajah mada jakpus kira2 kena berapa yah kalau ikut sidang? Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang disitas sim aja?. kalau sim aja, berarti Melanggar rambu lalu lintas 75rb gan. kalau ditambah gak punya sim siapkan 150rb gan. mending ambil di kejaksaan jak pus aja gan, lebih gampang dan gak banyak antri.
      Semoga membantu.

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6