Burung Gereja (Sparrow)

Siapa yang tak mengenal jenis burung yang satu ini, burung ini kita kenal dengan nama burung gereja. Entah kenapa diberi nama burung gereja, mungkin karena burung ini senang hinggap dan membuat sarang di bangunan gereja. Saya mengenal burung gereja ketika saya kecil, ketika saya mulai mengenal berbagai macam binatang. Burung gereja sering saya kenal karena burung ini poluasinya masih sangat banyak, dan masih bisa berkeliaran bebas di udara. Bahkan "Burung Gereja" dijadikan judul lagu yang dinyanyikan oleh Nugie.

Burung gereja ternyata punya nama asing, yaitu Sparrow. Sparrow termasuk jenis burung pipit kecil yang berasal dari keluarga Passeridae. Burung ini hidup dan berkembang di kawasan kota-kota dalam jumlah yang sangat besar. Sparrow termasuk burung yang jinak dari semua burung liar. Pada awalnya sparrow berasal dari Eropa, Afrika dan Asia, kemudian burung ini disebarkan ke Australia dan Amerika oleh penduduk. Penyebaran burung ini juga ke India, Cina, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, Filiphina dan Pasifik. House Sparrow (salah satu jenis burung gereja) lebih banyak ditemukan di Amerika Utara, Australia, dan Amerika Selatan.
Ciri fisik dari sparrow adalah bentuk fisiknya yang mungil atau kecil. Tubuhnya berukuran 12,5 - 14 sentimeter. Sparrow berwarna coklat kelabu. Bagian dagu, tenggorokan, bercak di pipi dan setrip mata berwarna hitam. Tubuh bagian bawah berwarna kuning tua keabu-abuan. Tubuh bagian atas berbintik coklat dengan tanda hitam dan putih. Paruh sparrow tampak kecil namun kuat. Sparrow merupakan burung yang lincah ketika berada di darat. Yang sering saya lihat ketika berada di permukaan tanah, sparrow berjalan sambil melompat dengan lincahnya. Sangat sensitif terhadap gerakan.
Sparrow hidup berkelompok, dan mencari makan di atas permukaan tanah. Makanan dari sparrow adalah biji-bijian, padi-padian, buah-buahan dan serangga kecil.
Sparrow hidup di pepohonan dan dahan-dahan pohon rindang, bahkan sering juga berdiam dan membuat sarang di atap-atap bangunan atau rumah yang tinggi. Sparrow membuat sarang dengan bentuk kubah yang tidak rapih, terbuat dari jalinan rumput kering, kemudian dilapisi bulu di bagian dalamnya. Di sarang inilah sparrow menyimpan telur-telurnya dengan jumlah 3-6 butir. telurnya berwarna putih, berbintik halus coklat abu-abu, dan berkembang biak sepanjang tahun.

Sumber informasi:
Burung Gereja. Wikipedia | diakses tanggal 1 Maret 2013
SBW. Burung-gereja Erasia. bio[dot]undip[dot]ac[dot]id | diakses tanggal 1 Maret 2013
Burung Indonesia. Burung Gereja. agrobur[dot]com | diakses tanggal 1 Maret 2013

Posting Komentar

0 Komentar