Minggu, 27 Januari 2013

Belekan Pada Kucing

Saya pernah mengalami penyakit gangguan mata yaitu bel ekan. Saya pikir penyakit ini hanya diderita oleh manusia saja, tapi ternyata belekan bisa diderita pada hewan. Hewannya adalah kucing, sebab kucing peliharaan saya sedang kena belekan. Pagi ini saya lihat mata kucing saya si orange tidak seperti biasanya. Mata sebelah kirinya terpejam, di sisi kelopak matanya terdapat cairan mata, mirip belek pada manusia. Awalnya saya lihat belekan itu dialami oleh anak dari si belang. Matanya belekan juga, tapi sekarang belekannya
nular ke si orange. Saya coba mencari informasi dari Google tentang penyakit mata ini. Apa penyebabnya dan bagaimana caramengobatinya? Berbahaya atau tidak? Semua itu akan akan saya cari tahu jawabannya.


Konjungtivitis
Penyakit mata yang terjadi pada kucing dapat disebabkan oleh berbagai macam, bisa oleh karena infeksi bakteri, virus, cacing mata, jamur, debu atau alergi, atau yang parah bisa karena tumor. Untuk penyakit mata pada kucing yang dikarenakan tumor saya pernah melihatnya. Salah satu mata dari si kucing penderita tampak tertutup seonggok daging, daging itu ukurannya cukup besar dan mencolok terlihat 'njendol' dipermukaan mata.
Mengobati penyakit yang seperti ini, perlu dilakukan pengangkatan pada bola mata si kucing penderita. Konjungtiva yang terjadi  pada kucing ini merupakan iritasi yang terjadi pada mata. Disebabkan alergi akibat matanya terkena serbuk sari, rumput dll. Jika bagian putih pada mata (sklera) juga meradang, kondisi ini disebut sebagai 'mata merah muda'. Masalah konjungtivitas pada kucing merupakan hal yang umum terjadi. Gejalanya yaitu mata berair, bengkak, kucing merasakan perih pada matanya, dan disertai rasa gatal pada mata. Jika disertai infeksi bakteri maka akan disertai dengan kotoran mata atau belekan.

Konjungtivitas pada kucing ini bila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kebutaan pada mata kucing yang terjangkiti. Penyakit ini dapat menulari ke kucing-kucing lainnya. Pengobatannya adalah dengan penggunaan obat tetes mata atau penggunaan salep mata. Bila disertai oleh bakteri, maka perlu pemberian antibiotik. Pengobatan dengan menggunakan obat tetes mata dapat diberikan 2-3 jam sekali. Sedangkan untuk obat salep mata, dapat diberikan 2-3 kali sehari. Coba juga berikan air minum secara teratur. Lakukanlah pembersihan pada mata kucing yang terjangkiti dengan air hangat dan air bersih, lakukan dengan rutin untuk menjaga kebersihan matanya.

Cacing Mata
Penyakit cacing mata pada kucing disebabkan oleh thelazia californiensis. Penyakit mata jenis ini dapat menular pada anjing, domba, sapi, kambing. Gejalanya yaitu adanya air mata yang berlebih, mata kucing akan menjadi sensitif terhadap cahaya dan terkadang bisa menjadi konjungtivitis. Namun tidak semua sakit mata pada kucing disebabkan oleh cacing.

Feline Herpesvirus (FHV-1)
Feline herpesvirus (FHV-1) merupakan virus penyebab rhinotracheitis (pada kucing). Penyakit ini akan mudah menjangkiti kucing yang masih muda.  Seperti yang kita tahu, virus itu tidak dapat dimusnahkan, virus ini bisa 'tertidur' selama bertahun-tahun, dan akan muncul apabila kucing tidak berada dikondisi fisik  kesehatan yang baik.
Ciri-cirinya yaitu pada kedua mata kucing mengeluarkan cairan mata yang berlebih.  Pada kucing dewasa umumnya hanya akan menjangkiti salah satu mata saja.

Sumber :
penyakithewan[dot]com. 2012. Penyakit Mata pada Kucing. | diakes tanggal 24 Januari
Basri. Mulia Petshop. 2010. Faktor Penyebab Mata Anjing/ Kucing Belekan. muliapetshop[dot]com | diakses tanggal 26 Januari 2013
kucingpersiasurabaya[dot]com. Mata Belekan Pada Kucing | diakses tanggal 26 Januari 2013

6 komentar:

  1. Akhirnya setelah seminggu lebih berlalu, sakit belekan yang kucing ku derita kini sudah sembuh. Matanya kini sudah kembali normal, memang masih sedikit memicingkan mata, namun sejauh ini sudah lebih baik.
    Cuma untuk anak-anak kucing kecil lainnya masih ada yang belekan. Sakit yang mereka derita sepertinya akan memakan waktu lebih lama untuk sembuh, mengingat daya tahan tubuh dari kucing kecil pasti berbeda dengan kucing yang berumur lebih tua.

    BalasHapus
  2. Rupanya belekan ini sakit kambuhan. 3 ekor anak kucing saya yang nomor 3 itu memang dari kecil belekan, tapi seminggu lalu sempat sembuh, eh sekarang belekan lagi. Entah kenapa? Tapi dari situ saya anggap belekan ini sakit kambuhan juga.

    BalasHapus
  3. Gimana kucingnya?
    anak kucing saya belekan nih, bersin" juga. Salep / obat tetes matanya apa ya merk-nya?

    BalasHapus
  4. Kalo pakai obat tetes mata untuk manusia bisa gak?? Kalo ada yg buat hewan apaa merknya??

    BalasHapus
  5. Kalau kucing belekan dan bersin mungkin kena bakteri kaya kucing saya. Kalau mata belekan kucing saya berikan salep terramycin.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6