Belekan Pada Kucing

Saya pernah mengalami penyakit gangguan mata yaitu bel ekan. Saya pikir penyakit ini hanya diderita oleh manusia saja, tapi ternyata belekan bisa diderita pada hewan. Hewannya adalah kucing, sebab kucing peliharaan saya sedang kena belekan. Pagi ini saya lihat mata kucing saya si orange tidak seperti biasanya. Mata sebelah kirinya terpejam, di sisi kelopak matanya terdapat cairan mata, mirip belek pada manusia. Awalnya saya lihat belekan itu dialami oleh anak dari si belang. Matanya belekan juga, tapi sekarang belekannya
nular ke si orange. Saya coba mencari informasi dari Google tentang penyakit mata ini. Apa penyebabnya dan bagaimana caramengobatinya? Berbahaya atau tidak? Semua itu akan akan saya cari tahu jawabannya.


Konjungtivitis
Penyakit mata yang terjadi pada kucing dapat disebabkan oleh berbagai macam, bisa oleh karena infeksi bakteri, virus, cacing mata, jamur, debu atau alergi, atau yang parah bisa karena tumor. Untuk penyakit mata pada kucing yang dikarenakan tumor saya pernah melihatnya. Salah satu mata dari si kucing penderita tampak tertutup seonggok daging, daging itu ukurannya cukup besar dan mencolok terlihat 'njendol' dipermukaan mata.
Mengobati penyakit yang seperti ini, perlu dilakukan pengangkatan pada bola mata si kucing penderita. Konjungtiva yang terjadi  pada kucing ini merupakan iritasi yang terjadi pada mata. Disebabkan alergi akibat matanya terkena serbuk sari, rumput dll. Jika bagian putih pada mata (sklera) juga meradang, kondisi ini disebut sebagai 'mata merah muda'. Masalah konjungtivitas pada kucing merupakan hal yang umum terjadi. Gejalanya yaitu mata berair, bengkak, kucing merasakan perih pada matanya, dan disertai rasa gatal pada mata. Jika disertai infeksi bakteri maka akan disertai dengan kotoran mata atau belekan.

Konjungtivitas pada kucing ini bila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kebutaan pada mata kucing yang terjangkiti. Penyakit ini dapat menulari ke kucing-kucing lainnya. Pengobatannya adalah dengan penggunaan obat tetes mata atau penggunaan salep mata. Bila disertai oleh bakteri, maka perlu pemberian antibiotik. Pengobatan dengan menggunakan obat tetes mata dapat diberikan 2-3 jam sekali. Sedangkan untuk obat salep mata, dapat diberikan 2-3 kali sehari. Coba juga berikan air minum secara teratur. Lakukanlah pembersihan pada mata kucing yang terjangkiti dengan air hangat dan air bersih, lakukan dengan rutin untuk menjaga kebersihan matanya.

Cacing Mata
Penyakit cacing mata pada kucing disebabkan oleh thelazia californiensis. Penyakit mata jenis ini dapat menular pada anjing, domba, sapi, kambing. Gejalanya yaitu adanya air mata yang berlebih, mata kucing akan menjadi sensitif terhadap cahaya dan terkadang bisa menjadi konjungtivitis. Namun tidak semua sakit mata pada kucing disebabkan oleh cacing.

Feline Herpesvirus (FHV-1)
Feline herpesvirus (FHV-1) merupakan virus penyebab rhinotracheitis (pada kucing). Penyakit ini akan mudah menjangkiti kucing yang masih muda.  Seperti yang kita tahu, virus itu tidak dapat dimusnahkan, virus ini bisa 'tertidur' selama bertahun-tahun, dan akan muncul apabila kucing tidak berada dikondisi fisik  kesehatan yang baik.
Ciri-cirinya yaitu pada kedua mata kucing mengeluarkan cairan mata yang berlebih.  Pada kucing dewasa umumnya hanya akan menjangkiti salah satu mata saja.

Sumber :
penyakithewan[dot]com. 2012. Penyakit Mata pada Kucing. | diakes tanggal 24 Januari
Basri. Mulia Petshop. 2010. Faktor Penyebab Mata Anjing/ Kucing Belekan. muliapetshop[dot]com | diakses tanggal 26 Januari 2013
kucingpersiasurabaya[dot]com. Mata Belekan Pada Kucing | diakses tanggal 26 Januari 2013

Posting Komentar

23 Komentar

  1. Akhirnya setelah seminggu lebih berlalu, sakit belekan yang kucing ku derita kini sudah sembuh. Matanya kini sudah kembali normal, memang masih sedikit memicingkan mata, namun sejauh ini sudah lebih baik.
    Cuma untuk anak-anak kucing kecil lainnya masih ada yang belekan. Sakit yang mereka derita sepertinya akan memakan waktu lebih lama untuk sembuh, mengingat daya tahan tubuh dari kucing kecil pasti berbeda dengan kucing yang berumur lebih tua.

    BalasHapus
  2. Rupanya belekan ini sakit kambuhan. 3 ekor anak kucing saya yang nomor 3 itu memang dari kecil belekan, tapi seminggu lalu sempat sembuh, eh sekarang belekan lagi. Entah kenapa? Tapi dari situ saya anggap belekan ini sakit kambuhan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sembuh sakit ini berlangsung sampai agak besar, kondisi fisiknya jadi nampak lemah, kurang bergairah. Tapi saat remaja tidak kena lagi. Sampai akhirnya kucing saya ini pergi berkelana dan tidak kembali lagi, entah dimana rimbanya.

      Hapus
  3. Gimana kucingnya?
    anak kucing saya belekan nih, bersin" juga. Salep / obat tetes matanya apa ya merk-nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing saya ini kucing kampung, perawatannya saya kembalikan ke alam,saya hanya bantu bersihkan saja. Dan beri makanan teratur. Kucing kampung punya daya tahan/ imun lebih baik dan saya percaya itu, imun nya baik jika makanan nya baik. Selama sakitnya bukan pencernaan dan masih mau makan, saya yakin sih bisa sembuh dengan sendirinya.

      Jadi untuk obatnya apa saya sendiri kurang begitu paham. Mungkin ada teman-teman lain yang bisa share di sini.

      Hapus
  4. Kalo pakai obat tetes mata untuk manusia bisa gak?? Kalo ada yg buat hewan apaa merknya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teman-teman, apakah ada yang bisa bantu jawab?

      Hapus
    2. Kasih salep mata terra cortril / terramicyn daei pfizer. Harganya 10-17rb. 2x sehari, jeda 8-0 jam.
      Hati2 jangan di sepelekan kucing sakit mata, telat penanganan/sakit mata berkepanjangan bisa jadi distemper yang menyebabkan kematian seperti kucing saya.

      Hapus
  5. Kalau kucing belekan dan bersin mungkin kena bakteri kaya kucing saya. Kalau mata belekan kucing saya berikan salep terramycin.

    BalasHapus
  6. Kucing saya berawal dari belekan, dan saya pikir wajar. Karna saya sudah biasa memiliki mata kucing yg belekan dan sembuh sendiri bila di jilati oleh induknya. Tapi ternyata induknya tidak menjilati mata anak anaknya. Jadi karna saya rasa terlalu lama sakitnya, saya belikan obat tetes ***** seharga 50k. Matanya terbuka, tapi malah putih dan keluar daging. Apa yg harus saya lakukan lagi? dokter daerah saya tidak ada yg benar benar dokter. Hanya khusus grooming dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, itu sudah infeksi, berarti obat mata itu tidak cocok dengan si kucing, malah infeksi dan bengkak mungkin. Saya suka lihat kucing kampung di pasar ngalami masalah kaya begini, mungkin karena kotor dan infeksi. Bisa jadi saat diberikan obat mata itu mata kucing tidak bersih, karena obatnya tidak cocok reaksinya jadi memperparah sakit matanya.

      Mau tidak mau harus dibawa ke dokter hewan, takutnya merembet ke katarak atau rusaknya organ mata si kucing. Kelihatannya kasus yang dialami Mba Yohana ini sudah parah deh, mudah-mudahan sekarang kabar kucingnya lebih baik.

      Hapus
  7. Anak kucing saya juga tertular belekan dari anak kucing lain. Matanya berair terus & selaput mata yg warna putih keluar disertai bengkak & merah. Saya lagi coba pakai terramicyn dari pfizer (di apotik rumah saya 12.500 harganya) atau bisa pakai terra-cortril dari pfizer juga (17.000, cuma di apotik rumah saya barangnya susah). Skrg merah2nya & bengkaknya sudah sedikit berkurang semoga cepat membaik. Saran saya jgn dibiarin kena angin & matahari dulu kucingnya biar bisa max. kerja obatnya.
    Mudh2an bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih infonya. Kucingnya ini jenis apa ya? Kan kadang kucing kampung dan ras penanganan nya beda, karena daya tahan tubuhnya juga beda. Bisa dishare juga?

      Thx ya infonya, bermanfaat buat kita semua.

      Hapus
    2. Kucing saya kucing kampung, anakan antara 2/3 bulanan (ada yang buang di rumah jadi gak tau pasti umurmya berapa).

      Hapus
    3. Kasian, klo bs dirawat ya dirawat ya ...
      Skr gmn kbr kucingnya?

      Hapus
  8. Oh ya, itu dua2nya bentuknya salep mata dipakeinnya 2x sehari ya. Pagi sore/siang malem (tergantung waktu sempet kitanya aja, diselingin 8-10 jam). Dua2nya rekomendasi vet di rumah ku

    BalasHapus
  9. kenapa kucing ras saya matanya berair dan belekan sedikit kecoklatan dan bersin mulu..mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy tidak bisa menjawab soal ini, karena sy bukan ahlinya, sy juga bukan dr.hewan, sepertinya harus dibawa ke dr.hewan deh.
      Semoga belum terlambat, jadi bisa cepat dapat penanganan oleh dr.hewan ya ...

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6