Illuminati



Iluminati, bagi yang punya kepercayaan non Kristen pasti akan bertanya, apakah itu? Tapi bagi yang Kristen pasti pernah mendengar atau mungkin ada yang tahu sekilas mengenai illuminati. Saya termasuk orang yang kedua, saya sering mendengar mengenai hal ini. Illuminati yang saya tahu merupakan sebuah kelompok rahasia, yang mana pergerakannya selalu sembunyi-sembunyi alias bawah tanah. Kelompok ini punya misi tertentu yang berusaha untuk mereka wujudkan di tatanan kehidupan dunia. Bila mendengar istilah illuminati ini pasti juga akan terhubung juga dengan freemanson. Masih sama, mereka kelompok yang bermain dibalik layar dan punya misi tertentu.
Illuminati yang dalam bahasa Latin dikenal illuminatus yang artinya tercerahkan merupakan nama yang diberikan kepada beberapa kelompok. Nama ini merujuk pada Illuminati Bavaria yang merupakan kelompok rahasia pada Jaman Pencerahan yang didirikan tanggal 1 Mei 1776 di Ingolstadt (Bavaria Atas). Awalnya kelompok ini bernama Ordo Illuminati, dengan anggota awal berjumlah lima orang yang dipelopori oleh Adam Weishaupt. Kelompok ini dipercaya mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan korporasi. Misi yang dibawa adalah ingin merubah dunia menjadi Tatanan Dunia Baru sesuai konsep mereka.
Kelompok ini terdiri dari para pemikir bebas sebagai perwujudan ‘pencerahan’. Kelompok ini dianggap mencontoh Freemason. Itu kenapa kita kita mendengar illuminati sering tersebut juga aliran freemason.
Anggota illuminati melakukan sumpah rahasia dan berikrar untuk mengabdi kepada atasan mereka. Anggotanya sendiri dibagi menjadi tiga kelas masing-masing dengan beberapa tingkatan dan banyak cabang illuminati menarik anggota dari loji mason yang sudah ada.
Awalnya Weishaupt berencana menamai kelompok ini dengan “Perfectibilists”, kelompok ini juga disebut Illuminati Bavaria dengan ideologinya disebut “illuminisme”. Anggota dari kelompok ini banyak diisi oleh kalangan ilmuwan, sastrawan, intelektualis dan politisi progresif yang terkenal. Kelompok ini memiliki cabang di banyak negara Eropa.
Pada tahun 1777 illuminati di bavaria mendapat tentangan dari pemerintahan setempat kala itu Karl Theodor. Semua kelompok-kelompok rahasia dibubarkan, termasuk kelompok illuminati ini. Bahkan sampai pemerintah setempat mengeluarkan dekrit tanggal 2 Maret 1785, dekrit ini menjadi pukulan telak bagi kelompok ini. Terjadi penggeledahan atas dokumen dan terhadap anggota-anggota dari kelompok ini. Weishaupt sempat membawa kabur semua dokumen internal illuminati, pada akhirnya memang dokumen itu berhasil diperoleh pemerintah setempat dan dipublikasikan tahun 1787.
Setelah bubarnya illuminati di Bavaria, beberapa kelompok modern mencoba membangkitkan kelompok ini lagi dan diklaim sebagai pewaris Illuminati Bavaria. Mereka secara terang-terangan menggunakan nama ‘illuminati’ dalam pelaksanaan ritus mereka. Ordo Templi Orientis merupakan salah satu organisasi yang menggunakan nama ‘illuminati’ sebagai tingkatan inisiasi dalam organisasi mereka.
Kelompok ini terus berjalan secara rahasia pada tahun 1797 dan 1798. Beberapa karya ilmiah menyebutkan bahwa kelompok ini terus menancapkan persesengkokolan internasionalnya sejak kelompok mulai tercerai berai. Bahkan ada klaim bahwa illuminati merupakan dalang di balik Revolusi Prancis, Pertempuran Waterloo sampai pada pembunuhan Presiden AS John F. Kennedy.

Apa yang dibahas di atas merupakan hasil dari pembeberan dokumen-dokumen rahasia yang pernah dipublikasikan. Entah benar atau tidak, semua itu kembali ke masing-masing orang. Tapi buat saya, mengenai kelompok ini hingga sekarang pasti masih ada dan berkembang secara bawah tanah. Apalagi di negara-negara maju yang punya permaian konspirasi tingkat tinggi.
Singkat sebelum mengakhiri posting kali ini, bila mendengar tentang illuminati pasti juga akan mendengar simbol yang mereka gunakan. Dikenal dengan nama ambigram, sebuah simbol yang mempunyai perhitungan simetris yang luar biasa, dimana simbol yang ada tersebut mempunyai sisi serta bentuk yang sama bila diamati dari sisi sebaliknya, atau dari sisi yang lain. Pola ambigram sendiri terdapat pada pola simbol “ying yang”, itu lho lambangnya Mortal Kombat. Masyarakat barat menganggap ambigram merupakan mitos sejak 400 tahun lalu. Bagi sebagian orang menganggap ambigram ini mempunyai rahasia tertentu tentang sesuatu hal. Ambigram bisa juga didefinisikan sebagai seni typhograph. Cpr.

Sumber :
Wikipedia. Illuminati | diakses tanggal 16 Desember 2012
Semaraks. Sedikit Ttg Ambigram | diakses tanggal 16 Desember 2012

Posting Komentar

0 Komentar