Penyakit Batu Empedu (Gallsstones) dan Cara Tradisional Mengobatinya

Organ empedu merupakan organ berbentuk buah pir kecil yang terletak pada perut sebelah kanan dan tersembunyi di bawah hati. Kandung empedu menyimpan cairan empedu yang dihasilkan oleh hati. Selama makan, kandung empedu akan berkontraksi (menciut) sehingga mengeluarkan sedikit cairan empedu yang bewarna hijau kecoklatan ke dalam usus halus. Cairan empedu berguna dalam penyerapan lemak dan beberapa vitamin (seperti A, D, E dan K). Empedu merupakan campuran dari asam empedu, protein, garam-garam kalsium, pigmen dan unsur lemak yang disebut kolesterol. Sebagian cairan empedu yang memasuki usus halus akan diteruskan dan dikeluarkan melalui feses. Kelainan utama yang dapat timbul pada kandung empedu adalah terbentuknya batu. Hal ini juga dapat terjadi pada saluran empedu. batu empedu terbentuk dari endapan kolesterol, pigmen bilirubin dan garam kalsium yang mengeras, namun kebanyakan batu kandung empedu terbentuk dari kolesterol. Timbulnya batu empedu akan menjadi masalah bila masuk ke salah satu saluran yang menuju ke usus halus.
Bentuk dari batu empedu bermacam-macam, yaitu batu yang terbentuk dari kolesterol bewarna kuning dan mengkilat seperti minyak, batu yang terdiri dari pigmen bilirubin bisa bewarna hitam tetapi keras atau bewarna coklat tua tetapi rapuh. Ukurannya juga bermacam-macam dari yang kecil hingga sebesar batu kerikil, tetapi rata-rata berdiameter 1-2 cm.
Penyakit batu kandung empedu dan saluran empedu biasanya menyerang orang-orang berusia antara 20 - 50 tahun. Penyakit ini 6 kali lebih sering terjadi pada wanita sampai usia 50 tahun. Di atas usia tersebut sama untuk kedua jenis kelamin. Selain itu, wanita yang mengalami lebih dari 2 kali kehamilan, maka resiko mendapatkan batu empedu semakin tinggi. Obesitas/kegemukan mempunyai resiko menderita batu empedu lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak obesitas. 
Gejala-gejala dari penyakit ini antara lain :
  • Sakit perut yang kadang datang dan pergi, dengan intesitas sakit yang berbeda-beda. Biasanya berlangsung 15 menit, bahkan sampai 4-5 jam,
  • Sakit perut ini membuat si penderita menggeliat, untuk mencari posisi yang enak,
  • Seringkali dirasakan mual,
  • Dirasakan sakit pada bagian tengah perut bagian atas. Kadang juga dirasakan nyeri pada bagian kanan perut bagian atas tepat di bawah tulang rusuk,
  • Berkeringat,
  • Kedinginan, 
  • Suhu tubuh agak tinggi,
  • Feses bewarna coklat, 
  • Dyspepsia (perut kembung),
  • Ketidakcocokan terhadap makanan berlemak,
  • Bersendawa,
  • Sering buang gas (kentut),
  • Penyakit kuning (apabila batu empedu menghalangi saluran empedu). 
Beberapa upaya pencegahan terbentuknya batu empedu yang dapat ditempuh antara lain menjaga berat badan agar tetap normal, menurunkan kolesterol, dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Tetapi di lain pihak, diet keras untuk menurunkan berat badan dengan cepat dapat merangsang hati untuk mengeluarkan kolesterol dalam jumlah besar ke dalam cairan empedu, sehigga dapat menimbulkan batu empedu.  
Cara alamiah yang dapat digunakan untuk mengatasi batu empedu antara lain :
  • 30 gram daun keji beling seger + 30 gram sambiloto segar 60 gram ambut jagung, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya disaring dan diminum hangat-hangat.
  • 60 gram herba kumis kucing segar + 30 gram tongkol jagung + 30 gram daun eniran segar, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya disaring dan diminum hangat-hangat.
  • 30 gram daun sendok segar + 30 gram daun kembang pukul empat segar + 100 gram akar alang-alang direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya disaring dan diminum hangat-hangat.
  • Minum jus apel sebanyak 4 gelas setiap hari selama lima hari. Pada hari ke-6 lakukan puasa, dan pada saat berbuka puasa minum air putih + 30 gram garam inggris. Pada pukul 20.00 minum 1/2 gelas air lemon + 1/2 gelas minyak zaitun aduk lalu diminum.
Anda bisa gunakan salah satu dari cara tradisional di atas.  Lakukan secara teratur, sehari 2 kali.  Dan tetap konsultasikan ke dokter. Catatan : untuk merebus gunakan panci enamel atau periuk tanah.

Sumber :
www.fk.undip.ac.id  [Mencegah dab Mengatasi Batu Empedu Secara Alamiah]
http://www.totalkesehatananda.com [Batu-batu Empedu]

Posting Komentar

0 Komentar