Menjawab Tudingan (2)

Akhirnya pemerintah melalui Menko Polhukam Djoko Suyanto selaku juru bicara pemerintah menyampaikan pertemuan berlangsung dalam suasana keterbukaan sehingga para tokoh agama dapat menyampaikan pendapatnya secara jujur. Sikap pemerintah yang fokus pada pencitraan masih terlihat. Dari penjelasan Din Syamsudin siang tadi, terlihat sikap pemerintah itu, Din Syamsudin menyampaikan bahwa pihak pemerintah mengatakan setelah selesai pertemuan ini dharapkan jangan memberikan keterangan dulu kepada media, hanya orang-orang yang ditunjuk saja yang akan memberikan keterangan malam ini. (Kenapa sikap pemeritah masih sama saja, kenapa tidak terbuka saja. Memang pemerintahan kita sekarang adalah pemerintahan bak artis. Yang semua rekam pembicaraan harus tersusun sesuai skenario.)
Tokoh lintas agama melalui Din Syamsudin pun memberikan keterangan resmi  mengenai diskusi semalam. Sebelumnya setelah selesai diskusi ketua PP Muhammadiyah ini sedikit (terpaksa) memberikan keterangan pada wartawan yang menjelaskan bahwa pertemuan tadi belum menyentuh substansi masalah.
Berdasarkan keterangan yang disampaikan Din Syamsudin pada siang hari tanggal 18 Januari 2011.  Secara umum dari pertemuan 17/1 dinilai positif, namun belum menyentuh substansi masalah yang didengungkan. Pertemuan tadi malam hanya penyampaian bahwa pihak pemerintah merasa sakit hati dengan deklarasi yang dilakukan tokoh-tokoh lintas agama tentang kebohongan pemerintah. Hal itu disampaikan oleh Sudi Silalahi sebagai Set. Negara. Pemerintah menyayangkan penggunaan kata ‘kebohongan’. Sedangkan dari pihak tokoh lintas agama menyatakan bahwa ‘kebohongan’ ini merujuk karena adanya kesenjangan yang cukup nyata antara pernyataan dengan kenyataan. Sebenarnya itu yang menjadi pokok permasalahan yang diangkat.
Meskipun pertemuan semalam belum menyetuh substansi masalah pihak tokoh agama akan tetap memperjuangkan apa yang sudah dideklarasikan. Mereka (tokoh lintas agama) akan tetap mengawal jalannya pemerintahan, tetap mengawasi apakah janji-janji/ pernyataan-pernyataan pemerintah itu bisa diwujudkan dengan tindakan konkret ataukah ‘kebohongan’ yang telah disampaikan itu benar adanya.

Sumber :
Okenews.com-Pertemuan Tokoh Lintas Agama Nyaris Tanpa Hasil diakses 22 Januari 2011

Posting Komentar

0 Komentar