Aleix Espargaro #41 Jadi Test Rider HRC Musim 2025

Hari ini saya lihat dari sebuah postingan di akun IG @MotoGP sebuah announcement bahwa Aleix Espargaro akhirnya resmi menjadi test rider tim HRC. Isu ini sebenarnya sudah berkembang lama sejak Alex memutuskan untuk pensiun dari MotoGP.

Musim ini Alex masih membela tim pabrikan Aprilia. Di tim Aprilia Aleix didapuk sebagai kapten tim. Namun pada seri MotoGP Jerez yang lalu, Aleix memutuskan untuk pensiun dari balap MotoGP karena alasan keluarga. Meski begitu dia tidak menutup kemungkinan untuk menerima pinangan dari MotoGP lain untuk menjadi test rider.

Tim motogp yang digembar-gemborkan menarik dirinya menjadi test rider ada Yamaha dan Honda. Namun belakangan Yamaha menarik diri karena tidak mampu membayar budget yang disampaikan oleh Aleix. Jika Yamaha tidak mampu kemungkinan besar pasti akan ke Honda, karena kita tahu bahwa Honda adalah tim Motogp yang punya budget sangat besar. Apalagi saat ini Honda sedang sangat keteteran dalam pengembangan motornya.

Gambar diambil dari TMCBlog

Saat ini Honda memang punya test rider bersama Stefan Bradl, namun hingga saat ini tidak ada kemajuan yang signifikan dari pengembangan motor, malah cenderung stagnan jika dibandingkan dengan Yamaha.

Semua tahu Aleix punya kemampuan yang cukup baik dalam mengembangkan motor, ini terbukti dengan selama karirnya di MotoGP dia pernah bergabung dengan beberapa tim pabrikan dan hampir semuanya sukses. Ada Suzuki (2015-2016) dan Aprilia (2017-2024).

Pada awalnya Suzuki merupakan tim pabrikan yang tidak terlalu diunggulkan, tapi perlahan Suzuki berkembang cukup baik dan pada akhirnya mampu membawa Joan Mir menjadi juara dunia bersama Suzuki tahun 2020. Meskipun bukan Aleix yang juara, namun pengembangan motor Suzuki ketika ditunggangi oleh Aleix nyatanya membawakan hasil.

Kemudian di Aprilia, pada awalnya merupakan tim pabrikan yang tidak dilirik sama sekali, namun seiring waktu Aprilia kini menjadi pabrikan Eropa yang dipandang selain KTM dan tentunya Ducati. Meskipun bukan Aleix yang masuk dalam kandidat juara bersama Aprilia, tapi pengembangan Aprilia saat ini memang bersumber dari masukan seorang Aleix Espargaro.

Selama berkarir di MotoGP Aleix dikenal sebagai rider yang temperamen, terlalu banyak komplain, tema mempermasalahkan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan, tapi itulah Aleix yang dikenal selama ini. Meski begitu Aleix dikenal sebagai pribadi yang humble dan family man.


Sebelum Alex bergabung dengan Honda, adiknya teknik Pol Espargaro pernah bergabung dengan HRC dan menjadi tandem Marc Marquez. Namun ternyata karirnya tidak begitu baik bersama Honda, Pol tampak kesulitan menunggangi Honda, tidak sebaik Marc Marquez. Pol juga sempat menjadi rujukan dalam pengembangan RC213V ketika Marc Marquez libur panjang karena cedera. Namun pengembangan RC213V justru malah makin tidak jelas. Hal ini tentu diketahui oleh Aleix, dan ini pasti jadi tantangan tersendiri untuknya dalam pengembangan motor Honda kedepannya. Informasi yang dimiliki oleh Pol ketika masih bergabung bersama HRC tentunya menjadi tambahan informasi penting bagi Aleix dalam pengembangan selanjutnya.

Saya sendiri penasaran bagaimana kiprah Aleix nanti bersama Honda. harapannya bisa membawa Honda lebih baik dan kembali ke jalur juara. Dan itu sangat bagus untuk rekor dirinya sebagai test rider atau pengembang motor yang mampu sukses bersama tiga pabrikan berbeda. Dan jika Aleix berhasil tentunya akan membuktikan bahwa selama ini Honda salah dengan tetap mempertahankan Stefan Bradl sebagai test rider sejak tahun 2019.

Menarik untuk kita tunggu kiprah Aleix Espargaro bersama Honda di musim 2025. Akankah Honda bisa kembali ke jalur juara atau stagnan di posisi seperti saat ini. Tentunya Joan Mir dan Luca Marini berharap banyak pada test rider baru Honda satu ini. Belum juga bisa dipastikan apakah Stefan Bradl akan tetap bersama Honda atau didapat dari Honda. Sampai saya membuat postingan ini saya belum tahu kabar mengenai nasib Stefan Bradl. Update selanjutnya kita lihat di kolom komentar. -cpr

#onedayonepost
#motogp
#aleixespargaro
#hrc
#honda
#postingpribadi
#opini

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Stefan Bradl akan tetap menjadi test rider untuk tandem memperbaiki performa RC213V

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6