Aki Kedua Akhirnya Harus Pensiun Juga

Akhirnya setelah sempet berusaha bertahan sejak Juli 2023 lalu, akhirnya dibulan Oktober 2023 akhir, masa kerja aki kedua ini harus disudahi.


Pada Senin, 30 Oktober 2023 ini, pas jam pulang kantor, seperti biasa saya masuk mobil dan stater mobil, eh si aki sepertinya tak kuat menjalankan stater mesin. Waduh, ini gejala yang sama seperti waktu bulan Juli lalu pas pagi² SiDat gak bisa dinyalakan gara² hari Minggu saya gak nyalakan sama sekali.

Tapi hari ini pagi padahal baik² saja, beberapa minggu yang lalu saya juga sudah isikan air aki rutin, tapi koq ini akinya bermasalah lagi. Saya sudah khawatir saja element nya rusak lagi, kebakar ketika masalah pada Februari 2020 silam.

Jika mengecek dari tahun penggantian terakhir itu sudah 3+ tahunan dan itu masa kewajaran ganti aki sebenarnya.

Alhasil, untuk menyalakan mobil harus dengan didorong dan memang bisa menyala. Mesin nyala dan kelistrikan kembali terisikan ke aki. Gak lama mesin dimatikan dan stater lagi pun bisa, aman.

Sebelum berangkat saya cek, saya membutuhkan kunci pas ukuran berapa sih untuk buka tempat aki supaya bisa diambil akinya.

Eh pada Selasa pagi, 31 Oktober 2023 ini SiDat ngambek lagi gak bisa distater. Pada saat ini akhirnya dipastikan aki penggantian kedua ini 'tutup usia'.

Saya beruntung masih diberikan nafas selama 4 bulan sejak ngadat SiDat sebelumnya (Juli 2023). Saya pun beruntung ketika kemarin akhir pekan ngecamp sendirian di Bukit Sempu, SiDat gak ngambek dan mogok di sana.


Walaupun saya gak seberuntung orang lain, tapi saya bersyukur keberuntungan saya jatuh pada hal² seperti ini. Coba bayangkan jika di tempat camp kemarin SiDat ngambek dan aki nya soak di sana, repot bukan main pastinya.


Ini dia penampakan aki lama, penggantian kedua

Jadi saya ngantor dengan nebeng teman. Dipastikan bahwa sore ini saya harus mencari toko aki untuk beli aki baru.

Sepulang kantor saya langsung mengurus aki mobil ini. Saya buka aki lama dan membawanya ke toko aki langganan, dimana dulu pernah beli aki penggantian kedua ini.


Aki kedua saya pakai merk Incoe Gold Hybrid

Di sana terlihat tinggal pertama kali si aki ini diaktifkan, yaitu 27 Februari 2020.

Untuk pembelian aki ke-3 ini akhirnya saya memutuskan menggunakan brand GS Battery, GS Hybrid yang saya pilih dengan mode pembelian tukar tambah, saya jadi harus bayar Rp 725.000,- untuk aki baru ini.


Ya daripada lama dan pusing juga mobil saya mati semua kelistrikannya, jadi saya mutuskan untuk membelinya dan segera memasangkannya dimobil pribadi saya ini.


Kasihan juga kalau SiDat ini tanpa aki di dalamnya, seperti body tanpa energi, hampa dan kosong, lihat saja penampakannya di kabin mesin tanpa aki #kosong.

Alhasil setelah penggantian SiDat bisa kembali menyala, sekali stater dia langsung menyala. Selanjutnya SiDat harus segera dibawah ke bengkel resmi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, karena saya merasa sudah waktunya, saya sudah sangat terlambat merawatnya.

Ya begitulah kira² cerita yang bisa saya simpan kali ini. Selebihnya dan selengkapnya mengenai urusan per-akian bisa dibaca pada postingan lainnya. Tautan link saya bagikan di bawah ini. Soal berapa lama durasi waktu aki pertama ke kedua, kemudian aki kedua ke ketiga.


Semua catatan itu saya simpan untuk nanti saat penggantian periodik yang ketiga ke empat, saya sudah punya catatan detailnya, berapa harga beli akinya dan seperti apa produknya.

Oh ya baca juga soal apa beda aki premium dan aki hybrid pada tautan terlampir di bawah ini. Atau bisa juga baca ditautan yang ada pada post beli aki baru.


Sepertinya segitu saja catatan sejarah yang bisa saya bagikan. Semua hal yang saya alami akan saya catat, siapa tahu nanti tahun 2025 saat penggantian aki berikutnya (perkiraan), kita bisa menghitung berapa lama ketahanan durasi dari aki yang saya ganti hari ini.

Catatan hari ini gak akan bernilai apa², karena dimasa depan ketika kita melihat catatan ini barulah terasa nilai historisnya.

Sampai jumpa pada postingan lainnya, sekedar sharing saja sih ini. -cpr

#onedayonepost
#otomotif
#postingpribadi
#coratcoret


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Setelah penggantian aki ini, saya jadi selalu mengusahakan untuk rajin memanaskan kendaraan ketika kendaraan seharian tidak dipakai. Misal Sabtu ke Minggu, dimana saya gak keluar rumah, nah saya harus manaskan mobil untuk jaga baterai aki terisi saya.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6