Melihat Langsung Proses Pengecoran

Selama ini sering saya lihat truk molen semen lalu lalang, keluar masuk sebuah proyek. Tapi saya tidak pernah lihat langsung proses bongkar semen cor dari dalam hingga keluar. 

Pernah dulu sewaktu kecil, rumah tetangga sebelah dicor dak lantai dua rumahnya dengan menggunakan truck molen, tapi karena masih kecil, ketika mau melihat langsung pasti disuruh minggir. 

Ini lokasi yang akan dicor, sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum truck molen ready mix tiba

Nah sekarang saya bisa melihat langsung prosesnya. Saya sempat dokumentasikan beberapa video, melihat bagaimana si molen mulai menuangkan cor semen ke lokasi yang mau dicor. 



Pasti butuh pekerja untuk memastikan cor yang ditumpahkan dari truck molen itu terbagi rata ke permukaan yang mau dicor. 


Sedikit informasi, perhitungan kita beli semen cor atau biasa orang menyebutnya ready mix ini dengan satuan per meter kubik. 

Jadi sebelum pengecoran, orang sipilnya harus hitung perkiraan berapa kubik kebutuhannya. Setelah tahu berapa kebutuhannya, barulah kita pesan ke perusahaan penyedia ready mix. 

Untuk video yang saya bagikan itu, kebutuhan awal adalah pengecoran di lokasi pertama, dibawah platform itu 5m3. Tapi ternyata cukup 4m3 akhirnya sisa 1m3 dialihkan untuk lokasi lain masih dalam satu area.

Sekedar informasi, semen yang digunakan adalah Semen Gresik. Harga per meter kubik itu kalau tidak salah 725K (include pon). Entah harga yang mahal atau murah atau memang wajar segitu. Karena ini pertama kali. Tapi membandingkan beberapa perusahaan penyedia ready mix kisaran harganya hampir sama.


Menambah pengalaman baru untuk tahu hal seperti ini, sederhana sih memang. Tapi melihat apa yang para pekerja lakukan setidak bisa jadi pelajaran kita nanti. 

Itu saja sih sharing catatan kali ini, sekalian jadi dokumentasi untuk pengingat dimasa yang akan datang. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar