Kamar Mandi Bau Ee

Kebetulan saya sampai saat ini masih tinggal di home stay atau kos-kosan, yang dimana kamar mandi yang disediakan adalah untuk umum, alias dipakai bersama. 

Ada salah satu kamar mandi yang biasa saya pakai itu agak unik, di kamar mandi itu sering bau ee (baca: tai). Walaupun itu kamar mandi kering tak habis dipakai, pintu terbuka lebar padahal, tapi dari dalam kamar mandi itu selalu tercium aroma ee.

Awalnya saya dibuat heran, kenapa, soalnya kamar mandi sebelahnya baik-baik saja, artinya tidak bau seperti sebelahnya. 

Alhasil penghuni kos jarang pakai kamar mandi yang bau itu. Paling kalau kepepet pas jam sibuk, kamar mandi lain terisi ya yang bau itu dipakai juga. Termasuk ya saya juga terkadang memakainya. 

Kamar mandi kita ini include sama WC, jadi itu jelas sumber baunya. Tetapi, WC yang normal tidak akan menimbulkan bau seperti itu. Karena sistem WC meskipun model jongkok tapi sudah didesign dengan 'leher angsa' jadi bau dari saluran tidak akan terdorong ke atas lagi. 

Sebelumnya, kamar mandi yang bau ini, WC nya kerap mampet. Jadi pas lagi pup, pas mau bilas alias cebok, itu ee gak bisa langsung turun ke saluran, ngecembeng dulu muter-muter baru turunnya lama. Alhasil kan tiap kali pup atau boker kita diperlihatkan pada pemandangan absurd. 

Usut punya usut, saya menduga ada penyebab dari mampet nya ini juga.

Kemudian, indikasi lainnya, adalah level air di lubang WC itu seperti tervakum ke bawah, jadi itu kaya surut. Jadi gini, WC jongkok yang normal itu kan selalu ada level air di lubangnya. Fungsinya adalah menahan bau dari lubang saluran supaya tak terdorong ke atas lagi. 

Nah ini level airnya itu terlalu rendah, jadi seperti surut, entah kenapa, mungkin tervakum atau ada yang bocor atau pecah di bagian penampang leher angsanya. Saya tidak tahu. 

Dugaan saya, karena levelnya rendah jadi ada rongga di sana yang memungkinkan udara dari lubang saluran itu terdorong ke atas dan menimbulkan bau tak sedap.


Solusinya, jika tidak memperbaiki, adalah menjaga air di lubang WC itu tetap terisi sesuai levelnya. Kalau bocor atau pecah, mungkin surutnya cepat. Sedangkan ini surutnya bisa dibilang lama, saat kita isi ya normal, Lama-lama baru surut sendiri. Mungkin 'bocor alus' atau 'retak rambut'. 

Ketika level air di lubang WC terjaga, baunya itu tidak parah, ada bau tapi gak separah kalau pas lagi surut. Normal bau kamar mandi ber-WC lah.


Catatan pagi hari sambil sarapan. Unik memang, sambil sarapan, eh buat catatan soal WC. Apakah terganggu? Tidak, lha wong cuma dipikiran, wujud ee nya kan gak ada, baunya juga gak tercium. Kenapa harus terganggu ya? Hahaha

Kecuali makan di depan orang lagi pup, atau makan sambil menghadap langsung lubang WC berisi, oh no, it's work! Dijamin terganggu dan nafsu makan anda hilang sehilang-hilangnya. 

Tapi memang ada yang mudah terganggu hanya dengan kata-kata, saat lagi makan seperti ini, bahas tentang "kotoran".

Anda bagian dari yang mana?

Posting Komentar

0 Komentar