Bau Badan (BB)

Pernah gak sih deket sama seseorang terus kecium bau tidak sedap gitu dari badannya. Kita biasa menyebutnya dengan bau badan (BB). 

Kenapa sih bahas bau badan ini? Kebetulan memang aroma bau badan ini tidak asing dengan keseharian, karena pasti setiap hari sering mencium aroma ini di kantor. Maklum di kantor kan banyak sekali karyawan, yang terkadang tidak terlalu memperhatikan soal bau badan ini, karena aktivitas mereka juga yang harus terpapar sinar matahari, berkeringat, debu dll.., akhirnya memicu bau badan ini. 

Saya sendiri pun pernah merasakan masalah ini, waktu awal sih sejak memasuki masa puber. Mengatasi hal itu saya mulai mengenal deodoran, kemudian menggunakan bedak MBK yang legendaris itu. Seiring berjalan waktu, saya mulai mengenal body spray. Sejak itulah saya menggunakan kombinasi produk-produk itu untuk mengatasi masalah bau badan. 

Ilustrasi | source: beautynesia


Sebenarnya masalah bau badan ini tidak terjadi setiap saat, jadi hanya terjadi ketika aktivitasnya lagi tinggi, terpapar matahari, berkeringat dan berdebu. Kondisi ini sangat cepat sekali memicu bau badan. Itu pun terjadi ketika saya tidak menggunakan kombinasi produk yang saya sebutkan di atas. Tapi jika saya tak menggunakan produk-produk itu tapi tidak melakukan banyak aktivitas, bau badan ini tidak keluar, ya bau khas tubuh biasa saja.

Saya pernah waktu itu kehabisan body spray. Padahal saya sudah menggunakan deodoran waktu itu. Untuk menggantikan body spray saya menggunakan semprotan pewangi pakaian. Awalnya sih iya wangi, tapi pas aktivitas saya hari itu cukup tinggi, dan membuat berkeringat, mulailah muncul ketidaknyamanan di badan. Saya merasakan dan mencium bau yang gak biasa. 

Kondisi ini sangat membuat tidak nyaman, ya takut-takut baunya ini keluar dan mengganggu teman sekitar. Untung saja, kondisi ini terjadi menjelang jam terakhir pulang kantor. Akhirnya setelah sampai kos, saya langsung mandi dan sore itu saya merasakan kesegaran luar biasa, terbebas dari aroma tidak sedap yang dinamai bau badan. Saya langsung mampir minimarket untuk mencari body spray yang saya perlukan.

Apakah itu bau badan?
Bau badan merupakan bau yang khas yang dikeluarkan dari tubuh tiap manusia, biasanya dipicu oleh keringat yang bercampur kotoran (bakteri) yang pada akhirnya menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Aroma ini bisa berbeda-beda antara orang satu dan yang lainnya, tapi secara umum semua orang bisa memastikan bahwa bau yang mereka cium ini merupakan bau badan. Umumnya lebih mudah tercium dari bagian ketiak. 

Bau atau aroma ini berasal dari kelenjar apokrin kulit, yang terdapat pada lipatan kulit di daerah sekitar ketiak. Seperti yang saya paparkan di atas, aroma ini muncul akibat kolaborasi menciptakan proses pembusukan dari kelenjar apokrin dan bakteri yang kebetulan menempel di tubuh kita. 

Sebelumnya di atas saya menjelaskan soal body spray atau parfum yang disemprotkan ke bagian tubuh bisa jadi solusi mengurangi bau badan ini. Namun, ternyata kelenjar apokrin inilah mampu memberikan reaksi aroma berbeda antara orang satu dengan yang lain, kolaborasi aroma parfum body spray itu bisa berbeda antara orang satu dengan yang lain. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan sih. Itu bukan berarti menunjukan bahwa body spray yang kita gunakan tidak berfungsi dengan baik, tapi reaksi aroma parfum itu bisa berbeda ketika bereaksi di tubuh orang satu dan yang lain.

Pria cenderung menghasilkan aroma bau badan yang lebih kuat dibandingkan dengan wanita. Kondisi ini dikenal dengan istilah bromhidrosis.

Kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan munculnya masalah bau badan ini, antara lain:
# kebersihan tubuh yang kurang terjaga, 
# obesitas, 
# diabetes, 
# masalah kulit, 
# makan makanan yang memicu bau badan,
# stres juga bisa memicu bau badan lho, 
# gangguan metabolisme. 

Lalu, bagaimana kira-kira menyelesaikan masalah bau badan ini, selain memanfaatkan deodoran? Kalau saya pribadi jawabannya ada di atas, seperti apa yang saya lakukan hingga saat ini.

Secara umum, tips mengatasi masalah bau badan adalah sbb. :
√ Gunakan deodoran atau body spray. 
√ Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi setiap hari secara rutin, dan rajin membersihkan tubuh setelah melakukan aktivitas yang menimbulkan keringat berlebiha. 
√ Menjaga kebersihan di area sekitar ketiak, bisa dengan mencukurnya bila perlu/ sekedar merapihkannya.
√ Hindari makanan yang mampu memicu bau badan berlebihan, seperti bawang putih,  merah, bawang bombai, brokoli, kubis, asparagus, daging merah hingga alkohol. 
√ Gunakan pakaian yang nyaman, mampu menyerap keringat dengan baik. Pastikan pakaian terjamin kebersihannya dengan rajin mencucinya. 


Kebanyakan dari kita tidak menyadari kalau kita punya bau badan yang menyengat yang mengganggu penciuman orang lain di sekitar kita, karena hidung kita sudah cukup nyaman dan terbiasa mencium aroma itu. Untuk itu, perlu dibiasakan mencium aroma bau badan orang lain, supaya bisa lebih sadar diri.

Bahkan ketika kita punya pasangan yang kita sayang, pasangan kita ini menurut teman-temannya punya masalah BB, dan cukup membuat mereka terganggu. Tapi kita yang jadi pasangannya tidak pernah komplain, karena aroma badannya sudah terbiasa dihidung kita. Saya pernah mengalami hal ini, tapi ya untungnya saya pribadi tidak pernah komplain karena memang tidak mencium aroma tak sedap. 

Jika bau badan ini sudah menahun atau permanen, ada cara untuk menguranginya yaitu dengan mandikan diri dengan air tawas. 

Saya pernah punya teman yang punya masalah ini, dia teman SMA, dia anak yang pintar tapi sejak masa puber nampaknya dia tidak mendapatkan bimbingan yang baik, sehingga ya anak pintar ini jadi kuper. Merawat diri saja tidak pernah terpikir. Alhasil, di sekolah dia ini seperti dijauhi karena masalah BB ini.

Saya juga pernah punya teman yang sebaliknya, dia tidak pintar cenderung lemah pada setiap pelajaran sekolah, itu ketika jaman saya SMP. Itu pun sama, BB nya sudah cukup menahun, jadi aromanya benar-benar prengus sekali. Tapi setelah lama tak bersua, ketika saya bertemu kembali dengan kawan saya ini, masalah BB nya sudah bisa diatasi nampaknya, tak bau seperti dulu. 


Ya segitu saja cerita ngalor-ngidul soal bau badan. Sederhana tapi mengganggu sih kalau lagi kumpul dalam suatu ruangan, kalau di tempat terbuka sih masih okelah. Melatih kepekaan terhadap bau badan diri sendiri itu juga penting, supaya kita juga bisa mencium lebih dulu sebelum orang lain, sehingga mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Yang merasa BB jangan sakit hati ya, ini bukan meledek atau membuly, tapi ya soal bagaimana kita menyadari dan mengatasi masalahnya. Sampai jumpa dicatatan ngalor-ngidul lainnya. -cpr-

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Tiap orang memiliki odor yang berbeda. Seperti saya. Mau tidak mau harus menggunakan deodorant setiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh akhirnya saya mengerti, odor = bau.
      Biasa istilah dipakai 'odorless' digunakan dalam istilah pergasan.
      Contoh kalimat:
      Nitrogen (N2) merupakan gas yang tidak berbau (odor less), tidak berwarna (collorless) , tidak ada rasa (tasteless) .. ... .. ..

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6