Kalender MotoGP Terdampak Covid19

Perhelatan MotoGP 2020 benar-benar terganggu parah gara-gara Covid19. Gelaran ajang balap bergengsi kelas raja terpaksa ditunda pagelarannya sampai waktu yang tak ditentukan kala itu.

Seri pertama seharusnya digelar di Qatar 08 Maret 2020 lalu, tapi berhubung wabah covid19, dan kebetulan tim MotoGP sebagian besar terhambat dengan alasan protokol kesehatan di Qatar, maka MotoGP kelas raja otomatis batal. Tim Moto2 dan Moto3 sebelumnya sudah berada di Qatar, pas seri pertama digelar, sehingga mereka tidak terkendala protokol kesehatan.

Alhasil seri pertama Qatar hanya dihelat untuk kelas Moto2 dan Moto3 saja. Kelas MotoGP mau tidak mau ditunda untuk waktu yang tidak ditentukan.

Penyelenggara MotoGP memberikan tayangan hiburan dengan balap virtual melalui game MotoGP 2020. Beberapa rider diundang ikut serta balap virtual ini.

Pada akhirnya, mau tidak mau musim 2020 harus tetap digelar. Beberapa negara yang menjadi tuan rumah seri, yang memberikan kepastiannya tetap akan menyelenggarakan balap langsung masuk ke kalender balap 2020 terbaru.

Berikut ini kalender balap MotoGP terbaru yang telah dirilis oleh akun resmi MotoGP melalui channel IG @motogp.


Sebelum munculnya kalender balap terbaru, sudah banyak gosip-gosip beredar, untuk susunan pebalap 2021. Heran sih, padahal balap MotoGP saja belum berlangsung, performa rider debutan saja belum terlihat, tapi gosip-gosip transfer rider sudah kemana-mana.

Salah satunya Alex Marquez, dikabarkan akan tersingkir oleh Pol Espargaro yang ditarik HRC ke tim utama Honda. Tapi ini masih gosip ya, masih rumor. Ada pula, diskusi antara Rossi dan pemilik tim Yamaha SRT Petronas, akankah Rossi masuk line up pebalap tim satelit, setelah tidak dipilih Yamaha Factory, yang lebih memilih Vinales dan Fabio Quartararo?

Ada baiknya abaikan dulu gosip-gosip itu. Kita lihat dulu performa rider debutan di MotoGP 2020 yang akan mulai digelar Juli 2020 ini. Setidaknya, biarkan debutan ini menujukan tajinya. Saya pikir, dengan santernya gosip ini, makin macu para rider untuk bersaing. Mengingat, gara-gara covid19 pastinya akan menurunkan tensi persaingan. Mungkin, dengam gosip, Dorna bisa menaikan rating MotoGP ini.

Siapa jagoan mu di MotoGP 2020 ini? Kalau saya tetap di HRC, Marc Marquez tetap jadi andalan saya melanjutkan trend juara dunia lagi. Bosen tidak apa, yang penting bisa memecahkan telor juara dunia terbanyak, walaupun diraih dari satu pabrikan saja (untuk saat ini).

Oh iya, hiburan saya selama tidak ada tonton MotoGP adalah nonton balapan dichannelnya Ris Rio di Youtube. Dia asyik ber-carrier MotoGP dari kelas paling rendah hingga ke kelas para raja, sebagai rider berpaspor Indonesia. Seru si, walau hanya games. Agak aneh memang liat rider Indonesia ada bersaing di grid depan. Bukan pesimis si dengan rider Indonesia, tapi rasanya sulit. Kita selalu kalah dimental, meskipun diatas kertas mampu.

Semoga semua yang terlibat perhelatan MotoGP aman dari covid19, supaya tidak ada alasan penghambat MotoGP 2020 terlaksana. Soalnya sangat disayangkan, sejarah balap MotoGP harus 'hilang'.

Segitu saja deh catatan saya, just update buat gelaran MotoGP 2020. Siapa jagoan mu? Mari bertaruh, siapa yang akan juara dunia tahun ini, ditengah pandemi covid19! I'm choose Marc Marquez #93 and Alex Marquez #73. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar