Kapsul Waktu

Kapsul waktu pernah punya kapsul waktu? Saya sendiri belum pernah punya dan belum pernah mencoba membuatnya. Apa sih kapsul waktu? Istilah kapsul waktu pertama kali saya dengar sewaktu nonton kartun doraemon.


Doraemon kita tahu punya alat-alat dari masa depan, kebetulan alat itu bernama kapsul waktu. Bentuknya seperti kapsul berukuran besar, dimana didalamnya kita bisa menaruh apa saja yang kita ingin simpan. Lalu kemudian, diseting ditahun masa depan atau tahun ke belakang, kapsul itu akan berpindah atau menghilang sesuai waktu dimana kita menyimpannya. Maka, siapapun yang menemukan kapsul itu ditahun yang kita tentukan itu, akan menganggap kapsul itu sebegai kapsul waktu.

Ilustrasi .techno.id

Di dunia nyata, ternyata ada juga yang membuat kapsul waktunya sendiri. Seperti yang saya baca disebuah berita online. Diwaktu yang silam ada seorang veteran perang, ketika itu dia membelikan istrinya sebuah mobil Ford Pop. Mobil itu pada akhirnya harus menjadi rongsokan karena biaya memperbaikinya cukup mahal. Lalu mobil itu dikubur di halaman rumahnya saat itu tahun 1964, supaya kelak menjadi kapsul waktu bagi keluarganya.

Seiring waktu, mobil itu tetap terkubur di sana, tahun demi tahun berlalu, rumah tersebut berganti kepemilikan. Pemilik baru rumah terebut tak sengaja menemukan sebuah mobil di dalam tanah ketika dia sedang menggali halaman depan rumahnya ditahun 2020. Usut punya usut, diketahuilah sejarah kenapa mobil tersebut tersimpan. Orang ini menemukan kapsul waktu milik veteran perang, yang ketika ditemukan si veteran perang itu sudah meninggal. Kisah dan sejarah mengapa mobil itu tersimpan di sana diceritakan oleh sanak keluarga si veteran perang tersebut, dan kebetulan istri dari si veteran perang itu masih hidup dan merasa terhibur ketika barang kenangan itu diketemukan setelah beberapa waktu berlalu, 55 tahun kurang lebih.

Begitulah sederhananya konsep kapsul waktu. Pernahkah mencobanya? Atau setelah mengetahui ini akan mencoba membuat kapsul waktu kita masing-masing? Saya juga sepertinya ingin mencobanya deh, tapi mungkin tidak dalam waktu dekat, karena saya belum menemukan barang apa yang ingin saya simpan saat ini sebagai kapsul waktu saya. Kapsul waktu saya yang nyata adalah blog saya ini, apa yang saya catat saat ini akan jadi kapsul waktu nanti, diwaktu yang akan datang ketika saya mengaksesnya, atau mungkin orang lain akses ketika saya sudah tidak ada lagi (mati).

Ilustrasi kapsul waktu Indonesia oleh pemerintahan Pak Jokowi yang ada di bumi Papua .akuratnews

Pengertian kapsul waktu menurut Wikipedia, adalah sebuah penyimpanan barang atau informasi, biasanya ditujukan sebagai metode komunikasi dengan orang masa depan dan untuk membantu para arkeolog, antropolog atau sejarawan masa depan. Saya mencontohkan, prasasti merupakan bentuk kapsul waktu yang nyata, orang masa lalu meninggalkan informasi dimasa itu, untuk orang-orang dimasa sekarang ini yang menemukan prasasti itu.

Beberapa catatan ini menunjukan kapsul waktu yang terkenal, yang sudah dilakukan dan penemuan kapsul waktu itu menjadi sesuatu yang menarik, baca di sini.

Seru sih kayanya kalau kita punya kapsul waktu. Nah, jika kamu membuat kapsul waktu, apa sih yang mau kami simpan dan informasikan untuk orang dimasa depan yang menemukannya? Lalu, mau disimpan dimana kapsul waktumu itu? -cpr-

Comments

Popular Posts