Mendata Statistik Blog Naturality

Traffic blog Naturality menjelang akhir 2019 memang menurun drastis, mengawali tahun 2020 pun trafficnya ya stabil "akar rumput". Sangat berbeda sewaktu beberapa bulan lalu, bisa sampai ratusan visitor per hari. Tapi memang tidak tahu, itu kunjungan visitor organik atau kunjungan bot.

Tapi saya cukup dibuat senang saat itu, setidaknya ya kalau lihat statistik harian, lumayan tinggi angka dan grafiknya. Jadi semangat tersendiri untuk ngepost. Tapi sebenarnya, ketika saat ini, traffic kembali normal, tetap saya juga masih semangat koq buat ngepost, mau hal penting atau tidak, tapi selalu ada keinginan untuk ngepost. Karena ini hobi yang menyenangkan saya, meski berjam-jam dikamar, tapi saya menikmati hobi ini.


Hasil browsing, saya lagi nyoba tools baru, tools untuk mencatat statistik tertentu tentang blog kita, mau blog, website atau apapun yang berbasis url. Untuk melihat angka DA PA, cek CEO Score, cek broken links, hingga cek domain age. Tools yang saya gunakan adalah Pre Post SEO. Sebenarnya masih banyak informasi lain yang bisa kita dapatkan, kunjungi saja link web di atas.


Saya coba register akun, saya tahu sih untuk mengakses semua fitur tentunya tidak ada yang gratis. Tapi saya coba punya akunnya, minimal saya bisa akses informasi minimal untuk hal minimal yang saya butuhkan.

Ini nilai DA dan PA yang coba saya update per Februari 2020, tidak ada perubahan dengan terakhir cek di Januari 2020. Itu artinya tidak ada perubahan signifikan dari aktifitas blogging saya

Saya juga coba iseng cek DA PA blog saya lainnya, Naturality Shop


Kalau ini Alexa Rank, angkanya tak terhingga, blog saya berada diantah-berantah

Ini umur domain, berhubung domain saya adalah blogspot milik Google, berarti umur domain saya ya berarti seumur blogspot Google ada selama ini. Soalnya, blog saya ini baru mulai aktif itu 2009. Karena domain saya nebeng Google, jadi ya umurnya mengikuti umur domain blogspot. Kecuali kedepannya saya open domain sendiri.

Untuk registrasi akunnya sih cukup mudah, hanya perlu email aktif saja, isi nama, alamat email, buat pasword, kemudian aktivasi kode dikirimkan by email, masukan nomor aktivasi tersebut, selesai deh. Cukup mudah, tidak ribet untuk buat akun gratisnya.

Sebenarnya sih, secara sederhana buat yang awam macam saya ini, informasi yang bisa diperoleh hanya terbatas, saya tidak cukup terpesona ketika mencobanya. Tapi setidaknya saya dapatkan informasi yang saya butuhkan, meski tak banyak. Mungkin jika menggunakan akun berbayar lain ceritanya.

Ya hanya itu sih sementara yang bisa saya explor dari webtools ini Pre Post SEO. Namanya juga mencoba, kalau tak dicoba mana bisa tahu, ya gak? Ya segitu dulu deh catatan subuh saya, mengisi waktu malam mingguan di kamar sambil berselancar di dunia maya. -cpr-

Comments

  1. saya lebih suka nebeng saja domainnya karena tidak takut masanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy, saya pikir juga begitu. Soalnya, kalau lupa perpanjang, domain angus, hilang blog kita.

      Seperti teman2 blogger yang saya simpan kontaknya di Buku Tamu, di sana banyak yang blognya tiba-tiba non aktif ketika saya kunjungi, mereka menggunakan domain berbayar.

      Delete
  2. Duh DA PA blog saya juga masuh kicil bingit.. sedih liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih bang?
      Kadang sedih sih lihatnya, tapi jadi sarana dorongan, "ayo lebih semangat, terus belajar, kreatif dll."

      Untungnya sy gk ngoyo ..
      Kalau mau ngejer DA PA, sepertinya harus restorasi atau mulai lagi dari nol x ya 😅

      Delete
  3. yang penting tetap semangat menulis dan semangat membuat postingan mas hehe, kalau saya sih jarang ngecek itu statistik blog, soalnya kalau buat postingan langsung publish terus mengerjakan kerjaan offline hehe.. biasa momong anak2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tetep semangat sj ya yang penting, spy blog nya gak jd "rumah kosong".

      Jadi BRT tho hehehe, mantabs.
      Bapak Rumah Tangga

      Delete

Post a Comment

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6

Popular Posts