Perjalanan Touring Akhir Tahun 2019

Akhir tahun 2019 saya isi dengan kegiatan berfaedah yakni touring ziarah ke Gua Maria Phusarang, Kediri, Jawa Timur. Berbeda dengan akhir tahun 2018 lalu, yang saya isi di kosan saja, waktu itu masih di Depok.


Start dari Pandaan selepas magrib, sekitar pukul 18:15, meninggalkan Pandaan itu /7 malam lah. Pulang kantor, siap-siap ransum, mandi dan pakaian ganti lalu cus berangkat.

Cuaca waktu berangkat ditemani hujan, ya lumayan deras tapi kelasnya masih menengah, tidak sampai heavy rain. Itu pun tidak merata di setiap daerah yang saya lewati.

Menuju Kediri ini saya putuskan menggunakan jalur biasa, mengandalkan Google Maps. Menggunakan jalur biasa, perjalanan malam, kondisi hujan jadi tantangan tersendiri bagi saya yang punya penghilatan 'terbatas'. Ditambah kualitas dan kuantitas marka jalan di setiap wilayah kecamatan, kabupaten yang saya lewati tidak lengkap. Benar-benar mengandalkan feeling. Saya hanya berani memacu kendaraan 60 km/jam saja.


Tujuan ke Kediri ini adalah Gua Maria Phusarang, karena di sana ada ekaristi syukur menutup tahun 2019 dan ekaristi berkat membuka tahun, serta Hari Raya Santa Maria Bunda Allah, bertepatan tanggal 1 Januari 2020. Misa dilakukan di halaman pelataran gua maria, dipimpin oleh Bapa Uskup Surabaya dan beberapa romo.

Selama perjalanan ke Kediri, saya hanya dibantu GPS, kalau tidak ada itu wah payah deh. Paling dibantu daya ingat yang terbatas, soalnya bulan Mei 2019 lalu saya pernah ke Phusarang juga, hanya ketika itu lewat tol.

Kalau sekarang lewat tol, dananya terbatas, eman-eman 100rb buat tol sekali berangkat. Resikonya ya berjibaku dengan infrastruktur jalanan yang tidak lengkap dan gangguan dari motor dan aktivitas masyarakat persiapan menjelang pergantian tahun yang bikin macet.

Tapi secara umum perjalanan sesuai waktu estimasi, 3 jam perjalanan. Tiba di Kediri sekitar jam 10 malam. Langsung dapat parkir terkondisi, aman. Bayar parkir Rp 10.000,-. Bensin, sebelum berangkat saya isi Rp 100.000,- lumayan meter bar bensin nyaris full.

Semua berjalan lancar, walau saya jalan pelan pas lah waktu tempuhnya tidak molor dan kondisi tidak macet.

Ini bisa jadi rekomendasi tahun depan, datang ke acara ini lagi, dalam rangka mengisi akhir tahun dengan kegiatan positif. Ya mudah-mudahan, tahun depan bisa ke sini lagi bersama someone, 'penting'. Oh iya, catatan tambahan, jika mau ke sini lagi, bagasi siapkan ransum yang cukup, tikar buat alas ketika di gua maria, bawa payung dan baju hangat.

Gitu saja deh catatan saya mengakhiri catatan akhir tahun 2019, semoga tahun depan bisa diisi dengan kegiatan positif seperti ini, atau kegiatan lainnya. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar