Melacak Smartphone Xiaomi Yang Terselip

Jaman sudah makin canggih. Dulu kalau lupa naruh handphone, bingung mau cari dimana, mau mengingat pun sulit, namanya juga lupa. Padahal yakin itu barang ada di lokasi yang aman, hanya terselip atau lupa menyimpan. Cara paling oke saat itu yang menelpon handphone yang hilang itu. Tapi kalau handphonenya disilent, bagaimana?

Saat ini tidak perlu khawatir, karena jika smartphone kita lupa simpan, terselip bisa diketemukan, setidaknya posisi dimana smartphone kita berada bisa diketahui, jika statusnya ter-silent, masih bisa diketemukan dengan mengeluarkan bunyi 'emergency'.

Kebetulan saya pakai smartphone Xiaomi. Sejak dulu Xiaomi saya kenal sudah punya fitur Find Device. Fitur ini memungkinkan si pemilik smartphone mengetahui posisi gadgetnya ketika lupa menyimpan atau terselip, atau bahkan hilang dicuri misalnya.

Tapi syaratnya ya kita harus mengkoneksikan akun Xiaomi kita yang dikenal dengan Mi Account. Sebagai pemilik Xiaomi kita tidak boleh ya gaptek sama sekali, karena fitur ini baru bisa berfungsi jika kita paham dan mengetahuinya. Mi Akun kita harus aktif dan paling tidak berkala dikoneksikan. Sejak saya punya Xiaomi, saya tahu bahwa Mi Akun ini penting, dan saya mengkoneksikannya dengan akun aktif saya, Gmail, Mi Community, serta akun lainnya yang terhubung dengan smartphone saya, signal GPS pun selalu saya aktifkan.

Ini semua saya lakukan sebagai antisipasi jika disuatu waktu ada musibah kehilangan atau kelupaan. Karena jika suatu saat hal itu terjadi, semua parameter di atas sudah terpenuhi, fungsi Find Device dapat digunakan dengan maksimal.

Malam ini saya mengalami apa yang saya katakan barusan. Sepulang doa rosario lingkungan, biasa saya ribet dengan buku doa, kotak kue dan kunci mobil. Saya melupakan smartphone saya. Ketika saya mau pulang saya ingat smartphone itu saya bawa. Tapi setelah sampai kos, saya cari koq smartphone saya tidak ada. Saya yakin barang itu tidak kemana-mana, minimal jatuh di lokasi yang aman.

Teringat saya pada fitur Find Device ini. Langsung saya koneksikan laptop dengan internet, kemudian saya masuk ke Find Device dengan link website https://us.i.mi.com, lalu kemudian saya masukan akun Mi aktif saya. Setelah login muncul menu tampilan seperti yang ada di bawah ini.


Lalu saya pilih Find Device, lalu kemudian aplikasi ini mencari lokasi terakhir GPS dari smartphone kita, terpindai lokasinya di layar website yang sedang kita buka. Jika sudah menemukan lokasinya, kita tinggal mencari unit smartphone kita itu. Gunakan fitur Sound. Meskipun smartphone kita saat itu dalam kondisi silent, fitur Sound ini akan mengaktifkan suara emergency, supaya kita lebih mudah menemukan smartphone kita yang hilang itu.

Fitur itu saya gunakan dan saya menemukan smartphone saya ternyata terjatuh di kolong mobil. Menyenangkan jika bisa memanfaatkan teknologi. Find Device ini membantu kita mematikan perangkat atau menonaktifkan/ menghapus data dari jarak jauh, misalkan smartphone kita hilang dicuri atau hilang di tempat yang sulit ditemukan. Untuk fitur ini saya belum pernah mencobanya, ya takut data hilang dan smartphone jadi tidak bisa digunakan. Tapi jika terpaksa dan memungkinkan daripada smartphone kita digunakan oleh maling, lebih baik kita gunakan fitur ini.


Ini sih hanya share dari saya, yang malam ini telah mencoba fungsi Find Device dan it's works! Silakan, selamat mencoba bagi pemilih smartphone Xiaomi. Untuk merk lain mungkin ada caranya, saya tidak tahu. Ini saya bagikan pengalaman yang saya alami saja. Segitu saja, terima kasih Xiaomi sudah memberikan kemudahan dari fitur yang simple tapi bermanfaat. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar