Captain Marvel (2019)

Kepingan terakhir sebelum Avenger: Endgame akhirnya rilis juga, apa itu? Captain Marvel. Saya kira, saya tidak bisa nonton film satu ini karena tinggal di desa yang jauh dari kota. Tapi ternyata, bersyukur punya genk jalan-jalan, tempat jauh dijabanin hanya buat refresing.


Saya bisa nonton Captain Marvel diawal tanggal rilisnya di Indonesia, senangnya. The genk nonton di XXI Ciputra World, Surabaya. Ya sekalian merasakan sensasi kota besar, ketika datang ke mall ini lumayan mengobati suasana Jakarta, masuk di dalam mall ini suasananya mirip di Jakarta ternyata.

Kembali ke topik. Captain Marvel ini merupakan superhero anggota Avenger baru yang selama ini belum muncul difilm Avenger sebelumnya. Meskipun karakternya sudah dikenal dikomik Marvel. Film Captain Marvel ini merupakan film pertama, yang menceritakan asal mula dari superhero perempuan ini, ya tepatnya sih super woman. Dikomiknya, Captain Marvel dikenal sebagai manusia superhero unlimited power. Selain itu, film ini juga menjawab potongan-potongan pertanyaan yang belum terjawab selama ini seperti:
- Kenapa mata Agen Fury ditutup sebelah?
- Pager yang digunakan Agen Fury ketika momen pemusnahan manusia terjadi, saat mencoba mengontak Captain Marvel.
- Benang merah kenapa Teseract bisa tersimpan di Bumi.
- Alasan pemilihan nama Avenger sebagai kelompok superhero.


Film ini di Amerika rilis tanggal 8 Maret 2019, tapi Indonesia kebagian duluan karena fans Marvelnya cukup banyak dan demi meminimalisir kerugian dari pembajakan, jadi rilis 6 Maret 2019. Ya menurut saya sih begitu, jadi biar semua orang Indonesia yang kepo bisa nonton duluan, daripada mengejar bajakan.

Film ini mengenalkan pada sosok Carol Susan Jane Denvers (Brie Larson). Kalau karakter pemeran tokoh superhero Marvel lain sudah begitu kental dan lengket dengan karakternya, sekarang kita diajak mengenal dan membiasakan diri dengan sosok Brie Larson. Awalnya saya melihat dia agak kaku memerankan adegan action berkelahi atau berlari, berbeda dengan Scarlett Johannsen sebagai Black Widow. Tapi ya lama-lama saya menikmati paras menariknya, dan saya suka.


Catatan ini berisi spoiler, jadi jangan lanjutkan jika anti spoiler. Karena catatan ini adalah murni catatan pribadi, untuk mencegah lupa.

Di awal cerita saya sempat dibuat bingung, membaca alurnya. Karena dikepala saya berpikir film ini akan bercerita tentang asal-usul Captain Marvel ini dengan cara biasa. Tapi ternyata dikisahkan sepotong-sepotong, alur maju mundur sehingga jadi kepingan utuh yang kita jalin sendiri.

Sosok Carol Danvers merupakan anggota skuadron tempur AU Amerika Serikat. Kebetulan dia ikut dalam misi pengembangan alutista udara canggih bersama atasannya, yang dikenal dengan Dr. Water Lawson (Annete Benning). Dr. Lawson ini mengembangkan alutista canggih demi meniadakan perang atau menengahi perang. Ternyata, Dr. Lawson sendiri menyamar sebagai manusia bumi untuk mengembangkan alat canggihnya ini agar tidak diketahui oleh pihak lain yang berusaha memanfaatkan untuk tujuan perang. Alat canggihnya ini dibuat untuk mengakomodir sebuah inti energy.

Inti energy ini entah sebuah inti apa saya belum memahaminya. Yang pasti inti energy ini bisa jadi sumber energy yang luar biasa jika dimanfaatkan, bisa untuk kebaikan atau kejahatan jika berada ditangan yang salah.

Musuh dibalik perang antar galaksi ini adalah Ronan The Accuser, yang berada dibalik invasi manusia Planet Kree, yang dalam cerita ini berperan sebagai playing victim demi memanfaatkan kekuatan dari Carol Denvers yang terkena ledakan radiasi inti energi yang ditempatkan dan dikembangkan Dr. Lawson di pesawat canggihnya. Dr. Lawson ini punya nama asli yaitu Mar-Vell.

Carol dimanfaatkan karena dia mengalami lupa ingatan, tentang siapa dirinya. Inti energi yang dimanfaatkan ini ternyata berasal dari teseract, yang merupakan bentuk dari infinity stone. Entahlah, tapi ini saya hanya mengira-ngira saja. Ini pula yang dicari oleh Ronan The Accuser.

Dalam misi percobaan alutista canggih ini, ternyata mendapat serangan dari prajurit elit Kree yang bernama Starforce. Pesawat yang ditumpangi Dr. Lawson dan Carol Denvers tumbang ditembak jatuh. Dalam kondisi terdesak, supaya inti energy tidak dimanfaatkan pihak yang salah, Dr. Lawson berniat memusnahkan inti energy itu tapi terlambat keburu ditembak oleh salah satu prajurit Kree. Carol yang ada di lokasi berusaha melindungi diri dan melindungi inti energy tadi agar tidak diambil pihak yang salah. Carol hanya tahu untuk menghancurkan inti energy itu, karena terakhir dia melihat Dr. Lawson berusaha menghancurkannya sebelum dibunuh.

Disaat terjepit, Carol menembakan senjatanya ke unit pesawat purwarupa canggih itu yang tertanam inti energy dan boom, inti energy itu meledak dan meradiasi tubuhnya yang terkena imbas ledakan energy tadi. Seluruh ledakan energy inti tadi mengarah ke tubuh Carol dan tubuhnya menyerap semua energy itu. Akibat ledakan inti energy itu, membuat Carol bukan lagi manusia biasa. Carol menjadi manusia hybrid.

Akibat ledakan itu, Carol terlempar dan tak sadarkan diri dan membuatnya lupa ingatan. Prajurit elit Kree saat itu tahu bagaimana memanfaatkan situasi dan membuat cerita baru tentang siapa Carol ini, dan memberi nama baru sebagai Vers. Vers selama tinggal di Planet Kree dijejali informasi potongan masa lalunya yang salah, bahwa dia diberi kekuatan oleh bangsa Kree. Dan menempatkan bangsa Kree sebagai pelindung galaksi dari serangan bangsa alien lain. Dalam hal ini adalah bangsa Skrull yang dikambinghitamkan sebagai ras alien yang menginvasi.

Dr. Lawson yang dikagumi oleh Carol diceritakan sebagai sosok lain, yang jadi alat propaganda pasukan Starforce. Karena Mar-Vell sendiri nampaknya buronan dari pasukan Starforce ini, dicari karena keilmuannya itu, agar mereka bisa memanfaatkan inti energy yang dicari.

Ternyata bangsa Skrull berusaha melawan demi hidup yang lebih baik, mencari hunian baru yang layak, karena bangsa mereka hidup dalam pelarian mengungsi ke berbagai galaksi. Bangsa Skrull sendiri dijanjikan atau diselamatkan oleh Dr. Lawson yang merupakan ilmuwan dari bangsa Kree yang tidak menginginkan perang.


Akibat misi yang gagal, Vers sempat tertahan oleh bangsa Skrull, dan mereka mencoba menyatukan kepingan ingatan Vers demi mendapatkan kode dimana disimpannya pesawat canggih ciptaan Dr. Lawson untuk membawa bangsa Skrull ke planet yang aman untuk kelangsungan hidup bangsa mereka. Bangsa Skrull tahu bahwa sumber ingatan itu ada pada Vers.

Akibat membangkitkan potongan ingatan tersebut, Vers merasa ada yang aneh, karena apa yang dia terima selama ini dari bangsa Kree nampak ganjil dengan flashback yang dia terima ketika sedang ditangkap oleh bangsa Skrull. Vers masih menganggap bahwa bangsa Skrull adalah jahat.

Sampai akhirnya terjadi pergumulan di pesawat angkasa bangsa Skrull yang membuatnya terlempar ke planet Bumi. Di sana Vers mencoba mengingat potongan ingatannya dan kebetulan dibantu agen SHIELD Fury. Fury difilm ini nampak muda, karena seting film ini jauh sebelum Avenger terbentuk, yang jelas sebelum Iron Man. Selain itu, bangsa Skrull pun membantu Vers menceritakan yang sebenarnya terjadi.

Vers pun jadi tahu siapa sosok Dr. Lawson atasannya itu, ternyata dikenal dengan nama Mar-Vell. Pada akhirnya Vers bisa menerima siapa dirinya sesungguhnya, meski belum betul-betul ingat. Tapi dia tahu dimana dia harus berpihak. Disanalah awal action sesungguhnya, Vers memilih menjadi jatidiri baru, lepas dari pasukan penjaga bangsa Kree dan menjadi sosok pahlawan. Vers atau Carol memilih tetap menggunakan armor suitnya itu tapi merubah decal warna armornya menjadi merah biru.

Istilah Captain Mar-Vell entah muncul dari mana, yang jelas keterkaitan Carol yang melanjutkan misi mulia Mar-Vell menyelamatkan itulah yang jadi insial penyebutan namanya. Ini pendapat pribadi saya sih.


Pertarungan antara prajurit Kree dengan Captain Marvel ini jadi tak seimbang memang, kekuatan unlimited power Captain Marvel tak sebanding dengan prajurit kroco bangsa Kree. Apalagi setelah Carol berhasil melepas 'kuncian' yang dipasang bangsa Kree untuk mengendalikan kekuatannya, kekuatan melimpah superheronya makin tak terbendung.

Prajurit Kree berhasil dipukul mundur. Teseract yang diincar mereka pun diamankan di Bumi. Captain Marvel memutuskan melanjutkan misinya menghantarkan bangsa Skrull ke hunian layak, seperti misi Mar-Vell.

Namun sebelum pergi, pertemanan Agen Fury dan Carol berjalan baik, Carol memodifikasi pager Agen Fury agar bisa digunakan untuk memanggilnya melintas antar galaksi. Pager inilah yang digunakan Fury sebelum dirinya hancur menjadi abu.

Soal mata Fury yang tertutup itu adalah akibat terkacar oleh kucing orange. Kucing "Goose" yang merupakan peliharaan dari Carol Denvers, ini jadi penghibur difilm ini. Kucing orange ini merupakan ras alien berjenis Flerken. Tapi entah datang dari mana soal kucing ini, atau memang kucing ini adalah peliharaan dari Dr. Lawson.

Melihat latar belakang ancaman makluk luar planet Bumi, Fury merasa perlu mengumpulkan manusia super demi melindungi bumi. Dia berencana membangun sebuah proyek pelindung bumi, dan nama kelompok ini terinspirasi dari nama tim skuadron Carol Denvers, "Avenger".

Potongan untuk penyambung cerita Avenger: Endgame, post credit pertama muncul situasi di markas Avenger, dimana di sana ada Captain Amerika, Black Widow dan Hulk. Mereka sedang mengamati pemusnahan massal yang terjadi karena ulah Thanos. Mereka juga mengamati ada sinyal lain yang keluar bumi untuk memanggil seseorang, baru beberapa detik scene dihadapkan dengan kehadiran Captain Marvel secara tiba-tiba, sambil menanyakan soal keberadaan Fury sahabatnya.


Yups, saya rasa cukup untuk bahan materi sebelum nonton seri Avenger: Endgame. Menunggu sebulan lagi untuk kehadiran para Avenger dengan segala misterinya, bagaimana Thanos dikalahkan versi MCU.

Buat yang belum nonton ya nonton saja ya di bioskop, yang pasti lebih seru. Nonton film MCU memang enak di bioskop daripada tunggu ditayangin ditelevisi, soalnya banyak potongannya dan banyak iklannya, bikin males kan itu. Mohon maaf kalau catatan ini berisi spoiler, karena ya ini murni catatan pribadi untuk melawan lupa yang murah meriah. Sampai jumpa dicatatan saya lainnya. -cpr-

Posting Komentar

42 Komentar

  1. Kebiasaan jaman saya dulu, jika lama tayang dibioskop langsung deh cari bajakan. Wah hebat juga ya reviewnya, punya daya ingat yang tinggi. Kalau saya pastinya sudah lupa alur ceritanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu seingat-ingat sj, mw nntn 2x akses ke bioskop dari Pandaan jauh, jadi mw gk mw mengandalkan ram otak seadanya. ..

      Hapus
  2. Aaakkkk jadi penasaran hehehe ... Ternyata mata si Fury jadi guru gegara ku-cing a-lien tooooh qiqiqiq. Makasih ulasannya, Kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya hebatnya itu yang buat cerita, cerita yang dirilis belakangan bisa jadi jawaban segala benang merah yang belum tersambung selama ini, padahal seting ceritanya itu terjadi sebelum kisah-kisah yang selama ini terjadi.

      Captain Marvel justru adalah pionirnya para hero Avenger.

      Hapus
    2. Betul, Kak. Istilahnya prekuel kan, Kak? Jadi benang merah dari semua yang sudah terjadi (kita tonton) Hehe.

      Hapus
    3. Sudah ada di Indoxxi, tapi masih Cam :p

      Hapus
    4. Iya, biasa lah bajakan si sdh ada. Cepat, klo yg ori, maka ny Indo dikasi duluan, spy mencegah yg kepo, akhr ny pd nntn bajakan.

      Tp bwt yg fans berat, psti pgn ny nntn lngsg yg ori, lbh berasa gitu hahaha

      Hapus
  3. bagus juga ini pilem, ane jadi pengen nonton juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton mas bro, sebelum filmnya hilang diperedaran, sebelum nonton Avenger Endgame tiba April 2019.

      Hapus
    2. kebetulan ane tinggal di pedesaan gan, jauh dari bioskop, kalau streaming online boleh juga tapi yang gratisan kalau ada hhhh :D

      Hapus
    3. Tinggal dimana mas bro?
      Sy kbtln jg di pedesaan Pandaan, demi Marvel, go to Sby untuk nonton perdana hahaha
      #niat

      Hapus
  4. Seru kayanya nih mas nonton film Captain Marvel serasa berada di alam yang berbeda. Meski kenyataannya hanya di gedung bioskop..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cb nntn yang 4DX itu lebih seru lagi ..
      Kalau di Jakarta bs nntn 3x nih.
      Krn d desa ya sabar2 sj, buat nunggu Avenger Endgame sj tgl 26 April 2019 bahkan bs lbh cepat untuk Indonesia

      Hapus
  5. Langsung kumasukin ke jadwal wajib tonton di bioskop ... gegara film Captain Marvel diulas apik oleh mas Chris.
    Bukan penasaran lihat kostum keren sosok Brie Larson, tapiii .. penasaran lihat aksi si Fury kucing alien warna orange di tayangan 4D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasan nonton itu buat persiapan nonton Avenger End Game :)

      Hapus
  6. Wah...
    Aku termasuk pengikut pengikut film marvel tapi nggak keseluruhan sih.
    Setiap nonton di bioskop pasti rasanya semakin menegangkan.
    Btw, reviewnya kakak keren banget.
    Bisa menceritakan alur dengan baik dan lengkap banget.
    Aku belum nonton sih tapi kayaknya memang nggak kesampaian buat nonton.
    Makanya gpp dapet spoiler.

    Terima kasih reviewnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sy tipe pelupa, jd klo bgni sy prlu buat catatan biar inget hahaha

      Hapus
    2. Jangan-jangan wakyu nonton sambil baca buku ya kak?

      Hapus
    3. Haha, gk lah, kalau nonton hrs fokus supaya bisa buat catatan gini.
      Kalau lupa dilain wkt gtu maksudnya :)

      Hapus
    4. Kalau ada yang lupa gimana dong? Hihi... Iya ya Kak. Siap. Aku coba juga deh, mungkin bisa review kayak Kakak.

      Hapus
    5. Klo ad yg lupa, kn ad yg lain mengingatkan hehehe
      Sesama manusia hrs saling mengingatkan bukan ? Hehehe

      Hapus
  7. film yang recommended untuk refresh sejenak dari hiruk pikuk dunia yang kian hari kian memanas akibat konstelasi politik menjelang pileg dan pilpres ya gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, buat refresing nonton bioskop saja. Matikan televisi, tinggalkan rumah pergilah ke bioskop dan bersenang-senanglah dengan imajinasi mu.

      Siapapun Presidennya, semuanya akan tetap seperti biasanya

      Hapus
    2. mantap gan, ane setuju dengan agan, maju terus gan pantang mundur, ijin follow ya gan blog nya untuk menjalin persahabatan sesama blogger, dan salam kenal :D

      Hapus
    3. Sama2 ya mas bro :) keep blogging ya
      Salam kenal yups

      Hapus
  8. Keren bgt nih filem, awal mula munculnya ide "Avenger"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi tahu kan setelah film MCU pertama Iron Man, ternyata inilah jagoan yang mengawali Avenger

      Hapus
  9. Tapi tokoh karekter captain marvel tampak kurang tangguh gitu ya, kurang hebat secara fisik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dengan jabatan hero terkuat Marvel, jika dibandingkan dengan lainnya agak gimana gitu.
      Kemudian karena dia jagoan cwe. Coba jika disandingkan dengan Wonder Woman bagaimana komentarnya?

      Hapus
  10. Udah nonton juga dan asli puas banget
    Nggak sabar nonton marvel end gameee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tonton dl thriler ny, baru aj rilis lg ... Bakal lama nanti durasi endgame, 3jam lbh

      Hapus
    2. Iyaa udah liat juga trailernya

      Harus bawa bekal ke bioskop ini kayaknya hahahhaha

      Hapus
    3. Makanan nya mesti 2-3 paket box hahaha

      Hapus
  11. salah satu film yang gue tunggu-tunggu nih bang, sama the avenger the end game

    BalasHapus
    Balasan
    1. CM nya udah nntn blm nih? AEG bentar lg, thiriler nya aj dulu, biar bikin kepo

      Hapus
  12. menurut ane ni film nggak wow sih, beda dari film marvel lainnya.. mungkin hanya sebagai jembatan aja sebelum muncul kehadiran captain marvel di end game..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi sih, cerita nya lebih sederhana, mengingat hero pertama marvel.
      Seperti 'jembatan', meski hny jembatan bambu, tp ketika bs bermanfaat menyambungkan satu dan yg lainnya, pasti berasa wow buat yg merasakannya, rasanya begitu ya hehehe

      Yups, sm seperti Marvel dan DC smw pny seleranya masing2 :)

      Realistis #good

      Hapus
  13. Wah ada review nya nih. Jadi penasaran pengen nonton nih. Mesti download.

    Entah setelah black panther saya stop nonton film marvel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan review deh, ini mencatat ulang hehehe
      Itu di atas ada link nya

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6