Nyetem Gitar dengan Guitar Tuner

Saya bukan penggitar atau yang pandai gitar, tapi memang sejak kecil, orang tua terutama ayah membelikan gitar untuk digunakan di rumah, supaya kita anak-anaknya bisa main gitar.

Sayangnya sampai saya besar, saya juga tak bisa main gitar, ya paling hanya sekedar bernyanyi sambil gitaran untuk lagu dengan chord mudah. Meski begitu, pernah juga diminta mengiringi bernyanyi ketika acara kemahasiswaan dulu, ya serba pas-pasanlah.


Sejak dulu sampai saat ini saya masih belum bisa itu nyetem gitar, pokoknya kalau ada gitar ya hanya tahu beres suara sudah oke, tapi kalau mengkondisikan sebuah gitar yang siap didendangkan itu saya angkat tangan deh.


Sampai akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi android yang bisa membantu saya menyetem gitar supaya siap pakai. Memang luar biasa, jaman teknologi sudah canggih, aplikasi bisa digunakan untuk nyetem dengan bantuan smartphone tentunya. Yang tidak bisa ngegitar saja bisa nyetem.

Aplikasi yang saya maksud adalah Gitar Tuner. Sebenarnya ada banyak aplikasi sejenis yang bisa digunakan sebagai sarana bantu nyetem gitar. Tapi kebetulan yang saya gunakan pertama kali dan saya mudah pergunakan dan berhasil adalah aplikasi ini.

Tampilannya menurut saya sederhana. Aplikasi ini bisa membantu kita untuk menyetem secara manual dan otomatis, tergantung pilihan kita. Aplikasi ini tentunya memanfaatkan smartphone kita ya. Jadi bunyi dentingan senar gitar yang masuk melalui input microphone smartphone akan dibaca oleh aplikasi ini menyesuaikan dengan nada yang sesuai.

Ada pilihan untuk gitar standard, ukulele soprano in c dan gitar bass standard. Ada pula addtional optional lain, tapi itu berbayar.  Kalau gratisan ya yang standar-standar saja, mau lebih ya bayar.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, kita hanya perlu mengikuti notifikasi kesesuaian nada yang terinput ke microphone dan jika suara nadanya sudah dianggap sesuai dengan yang seharusnya, maka akan ada tanda hijau, jika ketinggian atau kerendahan, kita hanya perlu menyesuaikan dengan putaran senar pada gitar fisik.



Patokan senar gitar kita harus paham juga, gitar standar itu punya enam senar, senar paling atas hingga bawah punya nada berbeda, E, A, D, G, B, E. Senar E paling atas itu nada rendah dan E paling bawah nada tinggi. Tiga senar atas itu milimeternya lebih tebal, tiga senar ke bawah itu makin tipis.

Aplikasi ini sebenarnya meringkaskan alat fisik gitar tuner yang berbentuk seperti alat menyerupai pager atau jam digital kecil. Intinya, dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah menyetem gitar. Jadi buat pemain gitar genjrang-genjereng amatiran, aplikasi bisa sangat membantu sekali. Selamat mencoba. -cpr-

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Terimakasih informasnya hahaha ini sangat berguna untuk saya yang sedikit bisa main gitar tapi tidak mampu menyetelnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyek, mba Tuteh bisa tho sedikit2 jreng jreng jreng, genjreng :)

      #kalianluarbiasa

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6