Alat-alat Ajaib Doraemon chapter I

Fantasi membayangkan menjadi nobita yang punya sahabat Doraemon pasti sangat menyenangkan. Doraemon yang punya kantong ajaib menyimpan banyak peralatan yang sebenarnya bermanfaat jika digunakan dengan baik.

Hanya saja dari semua serial Doraemon, Nobita sangat sedikit sekali memanfaatkan alat-alat itu dengan baik, selalu saja berakhir dengan kegagalan atau senjata makan tuan. Belum lagi, alat-alat yang dipinjamkan ke teman-temannya (Giant dan Suneo) lebih sering dimanfaatkan untuk tidak semestinya.


Sangat sayang sekali sih. Andaikan saya yang mendapatkan kesempatan itu, pasti akan saya manfaatkan baik-baik dan mengkombinasikan alat-alat itu untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, setidaknya bisa sebagai sarana hiburan.

Dibawah ini saya mencoba mencatat beberapa alat-alat Doraemon, yang sudah pernah dikeluarkan dari kantong ajaibnya. Termasuk semua properti ajaib yang ada sejak Doraemon ada.

Belakangan memang saya sering nonton Doraemon melalui Youtube, sebagai teman selagi makan. Nah, kayanya pengen deh mencatat semua alat-alat Doraemon itu, sekalian menambah perbendaharaan fantasi saya hahaha.  Saya bagi dua kelompok, alat-alat standar dan alat-alat khusus yang dipakai jadi judul cerita tiap serinya.


Alat-alat Standar:
1. Kantong Ajaib | Merupakan kantung empat dimensi, yang mampu menyimpan apa saja di dalamnya, tanpa terbatas ruang dan waktu. Kantong ajaib ada cadangannya, jika kantong utama lagi diperbaiki. 100 bulan sekali harus mendapatkan perawatan.


2. Mesin Waktu | Merupakan alat, yang disembunyikan di laci meja belajar Nobita, digunakan untuk melakukan perjalanan waktu. Baik yang past and future. Diceritakan Doraemon datang dari masa depan dengan mesin ini.


3. Baling-baling Bambu | Merupakan alat seperti baling-baling kecil, yang jadi alat bantu mobilitas ke satu tempat dengan lebih cepat dengan terbang. Waktu jelajahnya terbatas tergantung daya baterai, jika didiamkan baterai akan terisi otomatis.


4. Pintu Kemana Saja | Pintu yang bisa menghantarkan kita kemana saja, sesuai yang kita inginkan. Meski begitu ada keterbatasan pada pintu ini. Cara kerjanya dengan membaca pikiran saat kita memegang handel pintunya. Dikisahkan juga, pintu kemana saja ini bisa dibuat secara manual dengan buku petunjuk khusus yang jadi paket mainan masa depan.


5. Senter Pembesar | Senter yang berguna memperbesar objek sesuai dengan keinginan.


6. Senter Pengecil | Senter yang berguna memperkecil objek sesuai dengan keinginan.


7. Konyaku Segala Bahasa | Merupakan makanan seperti jelly gitu, fungsinya yang memakan konyaku ini jadi bisa memahami bahasa apapun dari lawan bicaranya, melalui telepati.


8. Selimut Waktu | Selimut ini bisa mengubah objek yang dibungkusnya sesuai waktu yang diinginkan. Contohnya, sewaktu Nobita memecahkan vas bunga, untuk mengembalikan vas itu kebentuk semula, digunakanlah selimut waktu. Lalu waktu cerita tentang telur ikan yang tak sengaja terbungkus selimut waktu ini, langsung berubah menjadi ikan-ikan dewasa.


9. Mantel Tembus Pandang | Mantel ini jika dipakai membuat objek atau penggunanya jadi tidak terlihat. Biasa digunakan untuk penyamaran.

10. Meriam Angin | Merupakan alat pertahanan, sering muncul saat seri petualangan Doraemon. Digunakan untuk membela diri dari serangan musuh atau menghalau hewan buas atau lainnya.


Masih banyak alat-alat ajaib masa depan lainnya yang dikeluarkan Doraemon dari kantong ajaibnya. Saya akan lanjutkak dicatatan yang lain, chapter II. Ya biar tidak terlalu panjang jika dijadikan satu catatan, lebih baik dibagi. Cu next. -cpr-


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Yang paling lucu itu telur apa ya kayak telur asmara begitu, jadi yang masuk ke dalam telur itu kalau keluar bakal cinta banget sama orang pertama yang dilihatnya hahahah sialnya si Nobita, si Sizuka malah ngelihat Degisuki :D kocak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya tw, telur itu. Sayang sj, nobita apes, alat yang bermanfaat sllu zonk kalau dy gunakan.

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6