Jalan Jajan RM Sri Jaya, Cirebon

Seperti yang saya ceritakan dicatatan tentang trip libur natal 2018 lalu, saya ditraktir adik saya ke warung sate di bilangan Ampera, Kota Cirebon. Warung sate yang sudah lama ada, sejak jaman nyokap bokap merantau di Cirebon, tempat ini sudah lama ada. Kami biasa menyebutnya Sate Mang Johar.

Alamatnya RM Sri Jaya ini di Jl. Ampera Raya No. 1, Kota Cirebon 08156414709/0815646779555. Ada juga cabangnya di Jl. Ki Ageng Tapa No. 244, Sendang (Sumber), Kabupaten Cirebon 081321830201.


Kalau ke sini yang dicari ya sate kambing, soalnya kalau sate ayam mah beli dimana saja, rasanya sama aja. Padahal sebenernya, kalau mau jujur rasa sate kambingnya juga biasa saja sih. Tapi karena tahunya sejak dulu di sini kalau mau beli sate kambing, akhirnya berlanjut sampai saat ini.

Saya terakhir ke sini beberapa tahun lalu, waktu makan bertiga, saya, nyokap dan adik saya. Hanya waktunya kapan saya lupa, yang pasti sudah lama sekali. Pas kebetulan saya lagi pengen sate kambing. Meskipun saya sudah harus berhati-hati jangan makan terlalu banyak, soalnya resiko kolesterol dan darah tinggi.




Di warung sate ini sebenarnya jual juga makanan lain, seperti gulai kambing, ada tumis cah kangkung, ada juga ayam penyet, bebek goreng. Warungnya sih sederhana saja, dari dulu sampai sekarang ya gitu aja. Kurang nyaman sih buat yang baru pertama kali coba.

Menu yang dipesan malam ini adalah sate kambing, buat saya dan adik saya. Saya itu minta 10 tusuk dan adik saya 15 tusuk. Pada akhirnya saya hanya habiskan 9 tusuk saja, ya rasa-rasa badan lah, meskipun masih mau.

Rincian harga jajan:
- Nasi putih @10.000 /porsi
- Sate kambing @3.520 /tusuk
- Tahu/ Tempe @2.000
- Cah kangkung @15.000 /porsi
- Ayam goreng @15.000 /potongan ayam, dada/paha

Kalau soal rasa ya sama aja kaya sate lah. Kalau soal empuk, standar, tidak keras tapi tidak begitu empuk juga, masih pas lah. Kan kadang ada tuh sate kambing yang alot, bikin capek ngunyahnya sebelum ditelen. Untuk bumbunya juga standar, bumbu kecap dengan campuran bumbu kacang sedikit si. Yang saya suka itu ada bawang merahnya dengan porsi pas. Makan sate tanpa acara timun dan bawang itu kurang mantab. Lauknya sate jangan sampai ketinggalan nasi putih hangat, wuih muaknyoss deh menu makan malam natal tahun ini.

Buat oleh-oleh, bisa lihat saja sajian sate yang berhasil terdokumentasi, buat kenang-kenangan dilain waktu. Terima kasih ya buat traktirannya @christvincent13. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar