Santo-Santa Baru Gereja Katolik

Menarik ketika melihat sebuah pelataran gereja di suatu tempat di bagian dindingnya menampilkan foto-foto orang kudus dalam iman Katolik. Ternyata mereka adalah Santo-Santa yang telah mendapatkan beatifikasi dan dikanonsisasi pada tanggal 14 Oktober 2018 yang lalu, dalam misa di Lapangan Santo Petrus.

Tidak mudah memang Gereja Katolik memberikan gelar santo santa kepada seseorang, meskipun secara awam kita menilai seseorang layak dan pantas mendapatkan gelar tersebut. Gereja Katolik punya pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam menetapkannya. Mereka adalah orang-orang yang resmi diakui gereja untuk layak diteladani. Dengan mengkanonisasi nama-nama mereka, gereja mengakui nama-nama mereka boleh dimasukan dalam kanon orang-orang kudus, gereja-gereja boleh dibangun untuk menghormati mereka, altar-altar boleh didedikasikan untuk mereka dan doa-doa boleh dipanjatkan kepada mereka sebagai pelindung khusus.

Source: IG @berandakatolik

Siapakah saja mereka? Berikut ini adalah tujuh tokoh-tokoh tersebut, sebagai berikut:
  1. Paulus VI
  2. Oscar Romero
  3. Fransesco Spinelli
  4. Vicenzo Romano
  5. Kaser Maria Catherine
  6. Nazaria Ignazia
  7. Nuncio Sulprizio

Nah sudahkah mengenal siapa sosok mereka? Kalau saya sendiri jujur ya belum mengenal mereka, hanya Paus Paulus VI yang pernah dengar sepintas saja, karena beliau paus yang masuk dalam sejarah hirarki kepausan Katolik Roma.

Mengenai siapa-siapa saja mereka, mungkin saya akan catatkan informasinya dipostingan berbeda. Karena untuk sementara ini saya hanya ingin menautkan catatan saya untuk informasi ini. Penting juga untuk Orang Muda Katolik tahu mengenai hal ini. Tidak hanya sibuk dengan hiruk pikuk tokoh-tokoh politik saja, tapi juga harus tau tokoh-tokoh gereja yang perlu diteladani dalam iman hidupnya, dalam mengandalkan Tuhan dalam setiap perkara hidupnya hingga maut menjemput.

Semoga cara mereka hidup bisa jadi inspirasi kita orang muda Katolik, untuk hidup seturut KehendakNya. Tuhan memberkati selalu. -cpr-

Posting Komentar

0 Komentar