Pengalaman: Retur Barang Zalora Agak Ribet Karena Kurang Sosialisasi

Kemajuan jaman membuat belanja sesuatu tidak lagi mesti ke toko fisik. Transaksi bisa dilakukan melalui web atau aplikasi, semua dibuat mudah. Meski begitu, ada kelebihan dan kekurangan belanja online begini. Kalau belanja di toko fisik kita bisa memastikan barang yang kita beli, kalau tidak cocok bisa dikembalikan saat itu. Kemudian kita bisa langsung menikmati apa yang baru kita beli.

Lain hal dengan belanja online, dimana ada jeda waktu menunggu dari proses transaksi bayar hingga barang sampai ke tangan kita. Kendala lain bisa kita temui ketika barang yang dibeli tidak sesuai. Kalau soal praktis, ya praktis, tanpa perlu keluar rumah, kita bisa transaksi kapan dan dimana saja.

Nah, soal kendala seperti yang saya bilang tadi ketika barang datang tidak sesuai dengan deal transaksi awal, otomatis harus ditukar dong. Masing-masing toko online pastinya punya kebijakan berbeda soal ini. Ada yang simpel, ada yang ribet ada pula yang terkesan tidak mau tahu alias masa bodoh, meskipun iklannya menawarkan kepraktisan.

Seperti yang saya alami, ketika melakukan proses retur atas transaksi online dari Zalora. Ya meskipun bukan saya sendiri yang transaksi, tapi kebetulan saya dimintai tolong untuk melakukan proses retur ini. Jadi, mau tidak mau jadi merasakan keribetan yang sungguh tidak praktis, belum lagi apa yang diprogramkan oleh si toko online ini sosialiasinya tidak merata ke merchant yang diajak kerjasama.

Ilustrasi

Zalora itu punya kerjasama dengan beberapa merchant untuk melakukan proses retur ini, seperti dengan PT Pos Indonesia, Alfamart, PopBox, JNE atau TIKI. Atau bisa juga dipickup oleh Zalora sendiri. Merchant ini tertampil dilabel retur barang yang tertempel pada kemasan paket kiriman. Di sana tertulis "gratis".


Hanya saja, ketika melakukan proses retur ini di merchant terdaftar, dalam hal ini berdasarkan pengalaman saya, di Alfamart, tidak semua karyawan Alfamartnya tahu prosedur returnya. Beberapa Alfamart yang didatangi responnya begitu sih, dari sistem yang katanya eror dan tidak paham. Sehingga ketika kita datang ingin melakukan proses retur butuh waktu cukup lama untuk memahami prosesnya di sistem mereka. Kemudian, biaya gratisnya sempat juga mau ditagihkan ke customer, padahal proses klaim biaya ini harusnya dilakukan oleh pihak merchant ke Zalora. Di sini perlu ketelitian dan pengetahuan dari kita sebagai customer, jika tidak justru kita jadi mengeluarkan biaya untuk hal ini.

Ya, menurut saya sih kedepannya pihak Zalora harus rajin melakukan sosialisasi soal ini ke merchant yang sudah diajak kerjasama, sehingga ketika ada retur begini tidak lagi memakan waktu lama. Repot juga bagi merchant karena akan mengganggu transaksi di meja kasir, kalau prosedurnya sudah sama-sama tahu kan enak, tidak makan waktu lama, sehingga pihak merchant jadi tidak terganggu juga proses kasirnya untuk pembeli di tokonya.

Ini sih baru di Alfamart, entah kalau di Pos Indonesia bagaimana. Saya sih under estimate, apalagi merchant "plat merah" yang lebih terkesan masa bodoh, mungkin akan lebih ribet lagi. Ya mudah-mudahan sih tidak begitu, tapi saya sudah terbiasa mendapat pengalaman kurang asyik dengan pelayanan-pelayanan dari lembaga plat merah jadinya kesannya pasti under estimate.

Ya setelah melalui proses panjang menunggu bermenit-menit di depan kasir Alfamart, akhirnya proses selesai, dengan diserahkannya struk transaksi bukti retur dari merchant yang kita pilih. Struk ini akan jadi bukti customer atas retur barang.


Semoga ke depannya Zalora lebih teliti lagi lah kalau kirim barang, ordernya apa kirimnya ya hendaknya sesuai, jangan salah. Soalnya kan kerugian juga buat Zalora sendiri, customer juga repot, Zalora juga repot kan. Jadinya, lebih baik ribet di awal supaya tidak salah kirim. Sukses terus buat Zalora, terus berinovasi untuk memanjakan customernya.

Catatan ini saya buat mengisi waktu luang akibat si merchant cari informasi prosedur retur, karena saking lamanya, daripada bengong saya buat catatan ini. Sebagai pelampiasan kekesalan juga sih, tapi habis saya salurkan di catatan ini dan saya dapat struk transaksi retur akhirnya jadi legah. Sekian dulu catatan kali ini. -cpr-

Posting Komentar

13 Komentar

  1. Saya mau retur lewat alfa itu gratis kan ya tidak bayar? Dan waktu kedatangan barang pengganti brp lama? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gratis koq, kalau bayar dan nego tetap hrs byr mending cri alfa lain, dan catat alfa mana yg ky gt, mungkin perlu ditatar lg x. Mrk sdh krj sama, toh ad trtulis itu free, alfa yg akan klaim k Zalora.

      Klo brp lama krg tw ya, itu operasional ny Zalora sndiri yg bs jwb.

      Klo yg pnglaman yg trtulis di atas, sprti ny tmn sy itu mnt kmbali duit deh, ybs order lain lg.

      Hapus
  2. estimasi uang masuk ke rek kita berapa lama ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak sampai seminggu kalau waktu saya tanya sama yang transaksi Zalora ini. Soalnya saya waktu itu dimintakan bantuan untuk mereturkan ke channel yang bekerja sama dengan Zalora itu.

      Hapus
  3. Sy jg punya pengalaman retur sepatu dan baju alasan krna kurang cocok disaya sepatunya sdgkan baju celana kepanjangan bahan&wrna tdk seperti gambar keduanya tdk sesuai eksepktasi sy kemudian sy refund melalui Pos begitulah layanan kurang ramah awalnya petugas tdk tau bgmn setelah sekitar sejam menunggu akhirnya bisa pdhal itu hnya sy yg dilayani ya cukup lama menurut sy dan tinggal menunggu uang ditranfer ke rek. Semoga dana sgra bisa sy trima ya kecewa si sepertinya sy kapok blnja baju/sepatu online lbih baik sy blnja ke moll hehehhee trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itulah, sosialisasi dari online shop nya kurang merata ke rekanannya, jadi konsumen yang dibuat bingung. Rekanannya saja bingung, apalagi konsumen.

      Ya catatan korektif ini buat online shop

      Hapus
    2. Kak meirli gimana apa sudah mendapatkan refund, apakah dipersulit atau tidak?

      Hapus
  4. Balasan
    1. Jl. Inspeksi Kalimalang No.71, Sukadanau, Kec. Cikarang Bar., Bekasi, Jawa Barat 17530.

      Search saja di Google, dia bisa membantu apa yang kau butuhkan.
      Terima kasih.

      Hapus
  5. Berapa hari kita bisa terima dana kembali? Pas di alfamart gak langsung dibalikin dana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di komentar di atas tahun lalu pernah ada yang menanyakan hal yang sama. Kalau dulu saya sudah pernah jawab di komen di atas: Tidak sampai seminggu kalau waktu saya tanya sama yang transaksi Zalora ini. Soalnya saya waktu itu dimintakan bantuan untuk mereturkan ke channel yang bekerja sama dengan Zalora itu.

      Hanya saja, itu kan tahun lalu, kalau saat ini ada perubahan atau pelayanan lebih baik kan sy kurang tahu.

      Untuk pengembalian dana untuk saat ini saya kurang tahu updatenya, tapi sepertinya sama ya dulu dan sekarang. Mungkin yang lain bisa sharing di sini yang pernah coba baru-baru ini?

      Hapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6