Servis Pertama DatSilver

Hari pertama after liburan lebaran, DatSilver sudah langsung masuk bengkel, untuk servis pertamanya. Setelah melakukan perjalanan panjang, jawa trip kurang lebih 900an kilometer, hari ini harus segera servis pertamanya dimasa garansi.

Sebenarnya kalau bengkel buka sejak kembali dari mudik, harusnya langsung masuk, tapi berhubung bengkel baru buka hari ini, apa boleh buat.

Pagi ini saja, antrian non appointment servis sudah ke-5, sebelum kami sudah ada beberapa mobil antri lebih dulu. Ada Nissan Navara, Grand Livina 2 unit, Nissan March dan terakhir DatSilver. Setelahnya pun sudah mengantri. Sebenarnya, kalau sudah appointment servis sebelumnya, mungkin bisa via jalur khusus. Namun, appointment nya baru hari ini, percuma juga.

Operasional bengkel baru mulai sekitar pukul 08:30, kami masuk sekitar pukul 07:36. Kalau informasi yang diperoleh, bengkel resmi (beres) di Nissan Kedawung, Kabupaten Cirebon ada 9 slot teknisi, jadi kalau antrian ke-5 pasti langsung masuk dilayani.


Proses untuk servis dimulai ketika datang, kita disambut oleh security, mau servis, nanti kita akan diberikan nomor antrian dan kertas sobekan kecil, yang akan dituliskan nomor kendaraan dan kilometer yang sudah tertempuh.

Setelah itu, kendaraan kita parkiran di antrian. Pagi ini saya sudah dapat antrian nomor lima. Setelah itu, kita masuk ke ruang tunggu pendaftaran servis. Di sana kita akan dipanggil satu-satu sesuai antrian. Sebelumnya, kendaraan kita akan dicek dulu oleh teknisi, kemudian daftar ceklisnya akan masuk ke bagian teknikal advisory atau apalah itu namanya. Di sini kita akan diberitahukan apa saja yang perlu mendapat penggantian menurut manual book servis. Rincian biaya dan sparepart juga akan dijelaskan di sini. Kebetulan karena servis pertama, tidak ada biaya yang dikeluarkan alias free.

Si DatSilv mulai masuk 'meja' pemeriksaan

Setelah informasi apa saja yang akan kita dapatkan selama servis, serta rincian biaya telah kita terima, dan kita konfirmasi oke, maka proses servis kendaraan kita bisa dikerjakan oleh mekanik. Kita hanya tinggal menunggu di ruang tunggu.


Setelah kendaraan selesai, tinggal kita bayar ke loket pembayaran dan bukti bayar itu digunakan untuk mengambil kendaraan kita.

Karena kebetulan baru servis pertama, jadi hanya checking kondisi kendaraan saja. Baru nanti setelah 10.000 km atau 6 bulan, akan ada penggantian oli mesin dan sparepart consumable lainnya.

Ya saya cukupkan catatan saya soal pengalaman pertama servis kendaraan besar. Tentunya masing-masing pabrikan punya proses berbeda, ini sih sharing pengalaman saya bersama Nissan. Maklum, namanya juga newbe.

Sambil nunggu kita bisa sembari sarapan dan ngupi atau ngeteh (free)
Sambil nunggu iseng-iseng aja lihat mobil baru di showroom

Dokumentasinya terbatas, karena tidak kepikiran pengen buat catatan ini. Iseng aja karena bete tunggu macet jalanan pantura saat mudik arus balik menuju Jakarta, edisi salah milih rute.cpr.

Posting Komentar

0 Komentar