Kolak Murah-Banyak-Enak Depok

Momen Ramadhan pasti tidak bisa jauh dari yang namanya ngabuburit dan cari takjil. Padahal ya, pengertiaan takjil sendiri itu bukan makanan atau hidangan, tapi terjadi pergeseran pengertian takjil itu jadi hidangan atau sajian untuk berbuka sebelum hidangan utama.
Pengertian takjil sendiri sebenarnya adalah "bersegera", yang diambil dari hadist Nabi Muhammad SAW yang menyuruh untuk berbuka puasa dengan bersegera ketika telah sampai waktunya. Intinya adalah tidak menunda untuk segera berbuka.

Beragam bentuk takjil, ada kolak, bubur candil, bubur sum-sum, bubur pacar, es campur, es kelapa, es selendang mayang, es pisang ijo, ragam gorengan dll., pokoknya banyak deh.

Mungkin ya, dengan hidangan-hidangan itu memudahkan untuk orang yang berpuasa membatalkannya ketika waktu berbuka tiba. Karena kondisi ini berlangsung terus-menerus, akhirnya terjadilah pergeseran makna itu sendiri.

Kalau mau nemuin menu takjil, bisa kita temuin di sepanjang jalanan yang ada di Indonesia. Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Muslim dan pasti melakukan ibadah puasa setiap tahunnya.

Nah, soal takjil yang saya sebutkan di atas tadi, ada satu hidangan yang jadi langganan saya setiap tahunnya, yaitu kolak. Banyak sih kolak yang dijual di sepanjang jalan, tapi dari kesemuanya kolak yang saya suka ini hanya ada di Depok, dan yang jual cuma satu.

Sejak saya tinggal di Depok, saya sudah langganan dengan "Pak Kolpraktongyur", saya sampai saat ini lupa namanya, padahal pernah kenalan. Saya beri singkatan itu karena kalau siang hari biasa dia jualan ketoprak, lontong sayur. Beliau jualan kolak biasanya pas bulan puasa aja, pas menjelang sore.
Ketopraknya, lontong sayurnya sudah akrab di lidah saya. Kadang kalau sakit, males cari makan pagi-pagi, saya cari gerobaknya di depan Bakmi Margonda, di Jalan Margonda.


Tapi sejak beberapa tahun kebelakang (2016) ruko di deretan Bakmi Margonda sudah digusur sama pemilik tanah, membuat lokasi di sana tidak lagi ramai, hal ini membuat Pak Kolpraktongyur pindah lokasi berjualan.

Sejak setahun lalu, beliau sudah berjualan di depan KFC Margonda, atau bergeser sedikit tidak jauh di sana. Di sana memang relatif lebih ramai. Ya mudah-mudahan, dagangan bisa laris kaya dulu lagi ya pak.


Oh iya, saya jadi kebanyakan cerita. Kembali ke kolak. Kolaknya beliau ini kenapa saya suka adalah karena soal harga dan porsinya yang banyak. Coba deh, cari takjil kolak di sepanjang jalan di Indonesia deh, pasti dijual dengan kemasa "pas banget" dengan kemasan cup, dan dijual dengan harga tidak murah, 5K-7K, malah ada yang 10K. Kalau yang biasa konsumsi kolak model itu pasti bilang "murah". Tapi kalau sudah kenal kolak langganan saya ini, pasti bilang kolak-kolak mainstream itu mahal.

Kolak langganan saya ini, satu porsi bisa buat dua orang cewe, atau buat porsi cowo itu sudah cukup bikin perut terganjal sebelum hidangan utama. Malah habis nyantap takjil kolak ini, bisa sholat dulu, bisa teraweh dulu, baru habis teraweh makan besarnya. Saking porsinya itu puassss banget. Nah, soal harga, coba tebak harganya? Harganya hanya 7K. Saya mengikuti inflasi harganya dari dijual 5K, 6K hingga sekarang 7K per porsi. Murah bukan? Enak pula dan mengenyangkan.


Eits nanti dulu, soal harga mahal murah belum cukup, perlu juga tahu isi kolaknya apa saja kan. Baru kalau sudah tahu isinya, pasti bisa bilang murah. Isi dari kolak langganan saya ini ada, pisang, ubi, kolang-kaling, cincau hitam, dan pacar cina dadu. Banyak kan? Coba bandingkan kolak cup mainstream yang dijual di sepanjang jalan seluruh Indonesia yang isinya pasti terbatas mengikuti kemasan.

Jadi layak kan jika kolak langganan saya ini dikatakan murah dan banyak. Soal enak, silakan coba dulu karena ini selera. Tapi untuk standar kolak, okelah.

Coba deh kalau mau cari kolak dan pengen kenyang dan gak sekedar cari jajanan, mampirlah ke kolaknya Pak Kolpraktongyur ini. Gerobaknya memang agak samar karena warna cat gerobaknya tidak mencolok. Tapi, saya kan ada gambar tuh, coba saja dicari di sekitaran lokasi yang saya sebut tadi.

Kadang sih kecewa sama kolak-kolak mainstream yang dijual kebanyakan, udah porsinya mini, harganya itu lho terus naik, tidak sebanding sih. Tapi sejak saya temukan kolak langganan ini dahulu, ternyata jualan takjil tidak sekedar cari untung.

Sudah lama sih mau buat catatan ini, tapi lupa aja, sampai akhirnya Pak Kolpraktongyur ini pindah lokasi jualan. Nah pas tadi saya jalan kaki cari tempat jualan beliau yang baru, jadi kepikiran buat catatan ini. Ya siapa tahu, bisa menambah rejeki untuk Pak Kolpraktongyur. Maaf ya pak, saya kasi namanya #aneh, gpp, biar terkenal yak. Sekian dulu catatan saya sore ini.cpr.

Posting Komentar

0 Komentar