Simulasi Belanja 2

Berbelanja kebutuhan sehari-hari sudah jadi kewajiban untuk dilakukan rutin, entah bisa sebulan sekali atau dua bulan sekali atau tiga bulan sekali, semua tergantung kapan kebutuhan kita habis. Saya biasa berbelanja kebutuhan sehari-hari bisa sebulan sekali atau dua bulan sekali. Sebelum kita berbelanja ada baiknya mencatat semua kebutuhan yang diperlukan, baik kebutuhan pribadi maupun kebutuhan rumah tangga. Untuk bulan September ini saya harus mencukupi kebutuhan saya yang sudah habis, soalnya wajar hampir lima bulan saya meninggalkan kos, sehingga banyak kebutuhan yang saya lupakan untuk saya penuhi. Tapi har ini saya harus menstok kebutuhan itu untuk beberapa hari ke depan.

Belanjaanku

Saya beruntung punya catatan mengenai Simulasi Belanja yang saya buat beberapa waktu yang lalu. Sehingga saya bisa mempunyai patokan mengenai harga di swalayan mana yang harus saya pilih untuk berbelanja. Untuk kali ini saya memilih Hypermart yang kebetulan dekat dengan kos saya. Kebetulan saya punya karti hi-card, ya berharap biar dapat diskon atau apalah itu. Tapi sayangnya saya tidak mendapatkan diskon yang dimaksud. Tapi karena masalah jarak, ya sudahlah, toh jarak dan waktu juga bisa diuangkan. Kalau dibandingkan dengan catatan saya sebelumnya, untuk perbandingan belanja memang untuk Hypermart relatif lebih mahal, meski hanya beberapa ribu pembedanya.

Tapi kali ini saya bukan mau membahas perbedaan itu. Toh sekarang saya hanya mempunyai satu patokan harga hasil belanjaan saya hari ini. Jadi jangan harap mendapatkan harga pembanding dengan swalayan lainnya. Hanya ada beberapa item yang jadi kebutuhan yang saya perlukan yang saya catat dalam catatan Simulasi Belanja 2 ini. Berikut ini beberapa item barangnya dan harganya saya lampirkan sekalian.
  1. Gatsby Talk Floral  90 gr| Rp 7.675,00
  2. Formula Action Protector 75 gr | Rp 3.225,00
  3. Ciptaden Fresh 75 gr | Rp 2.725,00
  4. Lifeboy Total Protect Refil 250 ml | Rp 10.000,00
  5. Sunlight Lemon Refil  200 ml | Rp 3.800,00
  6. Nuvo Family Soap  80 gr | Rp 1.700,00
  7. Head & Shoulder 180 ml | Rp 12.180,00 (promo price)
  8. Hi-cook Tabung Gas 230 gr | Rp15.900,00
  9. Kecap Bango 135 ml | Rp 6.550,00
  10. Whiskas 85 gr | Rp 5.900,00
Dalam daftar belanjaan yang sudah dibayar itu ada catatan yang bikin tidak rela, yaitu yang poin 7, Hi-cook Tabung Gas, biasanya saya kalau beli tabung gas ini harganya dikisaran Rp 9.800,00 sampai Rp 14.000,00, tapi di sini saya harus mengeluarkan kocek lebih. Memang dari pengalaman, saya jarang menemukan promo harga untuk tabung gas ini, selalu harganya mahal kalau saya beli di sini, tapi karena saya sangat memerlukannya, jadi saya tak ada pilihan. Untuk harga yang lain saya tidak banyak komentar, karena memang ada perbedaan harga antara swalayan yang satu dengan yang lain, tapi untuk tabung gas ini cukup mengecewakan. Coba saja harganya menurut saya terjangkau, pasti saya ambil minimal tiga tabung, karena untuk persediaan. Rata-rata satu tabung dengan kebutuhan memasak saya yang relatif pemakaian ringan itu satu bulan habis. Jadi biarlah bulan ini saya beli mahal, bulan depan saya harus cari tabung dengan harga promo.

Oh iya, ada satu lagi yang bisa jadi "pembayar" kekecewaanku karena tidak dapat harga tabung gas yang murah. Kebetulan saya butuh sampo, dan ada sampo yang lagi promo, harga sebenarnya katanya sih Rp 17.400,00 tapi saya hanya membayar sesuai yang tercatat di daftar di atas tadi, ya lumayan lah. Karena jika dibandingkan dengan produk merk lain, harganya tidak jauh berbeda, tapi ukurannya berbeda, jadi saya ambil yang ukurannya lebih dan harga murah. ha3x, otaknya ibu rumah tangga saya pinjam dulu ye .. :) Laki-laki juga harus pintar mengatur keuangan, jadi ketika berkeluarga bisa saling bahu-membahu mengatur keuangan keluarga agar lebih efektif dalam pengeluaran uang.

Sebagai informasi saja, barangkali ada yang mau membandingkan harga dulu dan sekarang. Bisa dibandingkan dengan harga sebelum BBM naik pada Simulasi Belanja yang pertama saya buat, dengan yang buat sekarang. Ya bedanya memang tidak terlalu signifikan sih, mungkin hanya beberapa item saja, dan kenaikan yang masih wajar.

Untuk sementara catatan harga ini yang bisa saya share, mungkin ke depannya dalam waktu dekat saya sempatkan waktu untuk berbelanja lagi di swalayan yang berbeda, saya akan sempatkan mencatatkan harga pembandingnya, meski tidak membeli. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar