Simulasi Belanja

Setiap bulan bagi rumah tangga atau anak ko pasti melakukan belanja bulanan, guna mengisi stok kebutuhan rutin. Kebutuhan rutin bulanan ini bisa seperti kebutuhan perlengkapan mandi, bumbu-bumbu dapur, bahan-bahan makanan dan lain-lain. Yang mana barang-barang kebutuhan itu biasanya habis dalam waktu sebulan, ada juga yang habis 3-4 bulan ke depan. Tetapi untuk kebutuhan rutin bulanan pasti harus ada yang dibeli.
Nah, kalau sudah jadi kebutuhan rutin, perlu ada budget khusus yang dialokasikan untuk belanja ini. Setiap bulannya harus ada pendapatan yang disisihkan. Budget bulanannya ini sebenarnya bisa dihitung dari bulan ke bulan, angkanya pun tidak akan meleset jauh. Oleh karena itu kita harus punya catatan mengenai apa saja yang penting yang dibutuhkan dan pantauan harganya, dengan begitu anggaran belanja yang efesien dan efektif bisa dibuat, dalam rangka memaksimalkan pendapatan.
Saya sebagai anak kos melakukan hal itu. Saya selalu membiasakan diri untuk mengatur pendapatan yang saya miliki untuk pos-pos tertentu, sehingga pendapatan yang kita peroleh tahu kemana keluarnya. Mengingat soal keungan, jaman sekarang bila tidak ada pengaturan yang cermat, uang akan habis begitu saja tanpa ada sesuatu yang didapatkan.
Setiap bulan ada sebuah catatan yang saya buat, kira-kira setelah melihat kebutuhan-kebutuhan rutin yang hampir habis. Bila sudah dilist mana saja yang dibutuhkan, lalu coba buat catatan harga untuk perbandingan. Saya teradang kerap melakukan cek harga di beberapa swalayan besar, untuk melihat barang-barang mana yang bisa saya dapatkan dengan harga yang paling efisien dan sesuai budget.
Memang, harga di masing-masing swalayan besar cukup variatif, ada yang lebih murah ada yang mahal. Bahkan ada yang perbedaan harganya cukup mencolok.
Berikut ini merupakan contoh barang-barang yang saya butuhkan rutin 1-2 bulan sekali (info hargaper 16 Juli dan 16 Agustus 20120 :
Jenis-jenis Barang
Pantauan Harga
Care4 Exs. DPK
Hyprrt Detoz
Perbandingan
Simas Palmia 250g
6.800
7.300
500 [6,85%]
Whiskas sachet
4.800
5.900
1.100 [18,64%]
Mie gepeng lada hitam
1.200
1.350
150 [11,11%]
Lada putih kumbang
13.000
9.975
 3.025 [23,27%]
Ciptaden 75g
2.300
2.575
275 [10,68%]
SoKlin Softergen 700g
13.300
13.050
250 [1,88%]
Rinso molto ultra 800g
12.370
14.300
1.930 [13,5%]
Rinso antinoda 700g
13.760
14.300
540 [3,78]
Hit 400ml
17.000
19.600
2.600 [13,27%]
Bodyspry Extrem
10.000
10.050
50 [0,5%]
Deodorant Extrem
7.300
7.475
175 [2,34
Kecap bango manis 135ml
6.150
6.275
125 [1,99%]
Kecap bango manis pedas gurih 135ml
5.775
6.175
400 [6,48%]
Total
113.755
118.325
4.570 [3,86%]

Berdasarkan tabel simulasi belanja di atas bisa dilihat perbedaan harga antara tempat perbelanjaan satu dengan lainnya. Untuk kelengkapan hampir semua swalayan punya kelengkapannya masing-masing. Memang untuk dilihat perbedaan harganya tidak terlalu jauh, ditotal hanya 4.570. Dengan melihat perbedaan itu bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih dimana kita akan belanja. Perhatikan lokasi jarak tempat dimana kita akan belanja dan waktu yang diperlukan.
Sekian informasi dan share yang bisa saya bagikan. Ini merupakan pengalaman yang biasa saya lakukan dalam mengelola keuangan yang serba minimal. Cpr.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Postingan yang saya buat ini ternyata ya membantu saya, sangat membantu. Kenapa, kebetulan sudah lama saya tidak pernah berbelanja lagi di Depok, dan sekarang saya mau belanja. Nah kalau Carefour expres saya ingat itu letaknya. Nah, saya ingin ke Hypermart. Nah posisi saya di Beji, sebelum Gramedia. Nah di dekat tempat kos saya ada dua pusat perbelanjaan besar, kiri jalan ada Margocity dan ada Detoz di seberangnya. Nah saya bingung, letak Hypermart itu ada di Margo atau di Detoz. Saya bingung? Akhirnya saya ingat pernah punya postingan tentang simulasi belanja yang saya lakukan. Dan saya tulis di sana Hyprmrt Detoz, nah berarti kalau mau cari Hypermart itu di Detoz, karena kalau di Margocity itu adanya Giant.

    Inilah yang manfaat dari mencatat semua yang pernah kita lakukan d blog, suatu waktu kita ingin menggali informasi atas sesuatu yang pernah kita lakukan, kita tinggal cari Google dan mengetikan kata kuncinya, kata kunci ini pasti akan mudah ditemukan ketika kita membuat catatan sendiri. Itu sebabnya saya selalu mencoba menulis apa yang telah saya lakukan di blog saya.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6