Lalat Kuda

Lalat kuda begitu namanya dikenal. Awalnya saya mengira serangga ini sama seperti lalat pada umumnya, yakni lalat yang suka main-main di sampah, atau bangkai hewan. Namun ternyata ada perbedaan dengan lalat "sebayanya", lalat ini agak lebih berbahaya karena dianggap sedikit lebih mematikan. Hari ini kebetulan saya membaca di media online tentang kematian mendadak seorang pria di Inggris akibat gigitan lalat kuda. "Waw, lalat bisa menggit?" Kaget memang membaca artikelnya, karena setahu saya lalat biasa hanya bisa menjilat, tidak mematikan sama sekali, tapi koq lalat kuda ini bisa membunuh. Yang ada dipikiran saya, lalat kuda ya lalat yang senang bermain di kandang kuda. Tapi ternyata lalat kuda adalah jenis serangga saudara lalat yang senang menghisap darah kuda. Bila dihubungkan dengan pria yang mati setelah digigit lalat kuda itu adalah akibat infeksi akibat gigitan lalat tersebut.

Berbekal rasa penasaran tentang profil lalat kuda, saya coba buat catatan ini. Dan saya coba cari informasi terkait dengan serangga yang bernama lalat kuda ini. Seberbahaya apakah? Bentuknya seperti apa? Yang jelas informasi soal lalat kuda. Agar suatu waktu saya menemukan lalat jenis ini bisa sedikit lebih waspada. Informasi pendukung yang saya temukan akan saya share di bawah catatan ini.

Lalat merupakan jenis serangga yang berasal dari subordo Cyclorrapha, ordo Diptera. Secara morfologi lalat dibedakan dari nyamuk (subordo Nematocera) berdasarkan ukuran antenanya. Lalat mempunyai antena pendek, sedangkan nyamuk berantena panjang. Lalat umumnya mempunyai sepasang sayap asli serta sepasang sayap kecil yang digunakan untuk menjaga stabilitas saat terbang. Lalat sering hidup di antara manusia dan sebagian jenis dapat menyebabkan penyakit yang serius. Lalat disebut penyebar penyakit karena setiap lalat hinggap di suatu tempat, kurang lebih 125.000 kuman jatuh ke tempat tersebut. Lalat sangat mengandalkan penglihatan untuk bertahan hidup. Mata majemuk lalat terdiri atas ribuan lensa dan sangat peka terhadap gerakan. Ada beberapa jenis lalat yang memiliki penglihatan tiga dimensi yang akurat.

Ada banyak jenis lalat, lalat rumah mungkin sudah sering kita kenal, lalu ada lalat buah, ada juga lalat bangkai yang warnanya hijau. Lalat-lalat itu lebih dikenal sebagai sumber penyakit, karena mereka senang hinggap di tempat yang banyak terdapat kuman penyakit. Nah, lalat jenis lain ada yang berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian, yaitu lalat kuda yang berasal dari famili Tabanidae yang punya nama latin Tabanus bromius. Lalat yang masuk berita karena berhasil membunuh manusia.

Lalat kuda mempunyai ukuran sedang hingga besar. Ukurannya sedikit lebih besar dari pada lalat rumah. Tubuhnya relatif kokoh dengan warna hitam, abu-abu atau kecoklatan, terkadang ada titik hitam pada bagian sayap. Matanya berwarna mengkilap, terisi dengan tiga telapa kaki. Lalat dewasa meletakan telur di permukaan daun atau tempat-tempat yang berada di atas permukaan air. Larvanya bersifat akuatik. Lalat kuda jantan dewasa sering terdapat pada bunga-bungaan untuk menghisap nektar. Sedangkan lalat kuda betina menghisap darah kuda, kijang atau hewan ternak lainnya bahkan juga manusia. Lalat kuda secara luas dianggap sebagai hama karena gigitannya bisa membawa penyakit dan parasit. Air liur lalat bisa menyebabkan reaksi pusing, infeksi atau pembengkakan. Berdasarkan catatan jarang yang berakibat fatal. Gigitannya terkenal menyakitkan karena tidak seperti nyamuk yang menembus kulit, lalat kuda menggunakan rahangnya yang kuat untuk merobek kulit mangsanya.


Jika dihubungkan dengan kasus yang menimpa seorang pria di Inggris yang terkena gigitan lalat kuda, mungkin dia salah satu korban fatal akibat gigitan lalat ini. Pria malang tersebut bernama Andy Batty, pria berumur 48 tahun. Sebelum kejadian yang menyebabkan kehilangan nyawanya, Andy sedang menonton anak perempuannya berkuda. Andy sedang berada di arena berkuda untuk memberi semangat pada putrinya. Tidak sengaja Andy terkena gigitan lalat kuda hingga ambruk begitu saja. Andy dikenal sebagai pria berbadan besar, dia senang bermain rugby, sehingga ketika melihatnya roboh hanya digigit lalat menjadi sebuah tanda tanya besar. Diketahui ternyata Andy sebelumnya sudah mempunyai alergi, entah karena gigitan lalat jenis ini sebelumnya, yang jelas Andy mempunyai alergi, dan ketika lalat kuda mengigitnya, efeknya menjadi fatal. Andy tak meninggal seketika, Andy meninggal di rumah sakit.

Sekian catatan yang bisa dibagikan tentang lalat kuda. Tidak begitu banyak informasi yang bisa dihimpun. Saya ambil dari beberapa catatan yang ada. Semoga informasinya bermanfaat. Soal artikel berita tentang korban dari lalat kuda ini bisa dilihat Detik Health, di sana ulasannya lebih lengkap. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan paling tidak agar kita lebih berhati-hati terhadap lingkungan sekitar. (^_^)?


Sumber informasi terkait:

KPHMPH: no speed limit. 12-2013. Topspeed: Serangga Jika Dibandingkan dengan Manusia 170 cm. kphmph[dot]wordpress[dot]com | diakses tanggal 1 Agustus 2013

Wikipedia. Lalat | diakses tanggal 1 Agustus 2013

Wikipedia. Horse-fly | diakses tanggal 1 Agustus 2013

mjumani. 10-2011. Beberapa Jenis Lalat dan Deskripsinya. mjumani[dot]net | diakses tanggal 1 Agustus 2013

Yahoo OMG. 01-2012. Spesies Lalat Kuda Australia Diberi Nama Beyonce. id[dot]omg[dot]yahoo[dot]com | diakses tanggal 1 Agustus 2013

Suara Kawan. 07-2013. Nonton Putrinya Naik Kuda, Pria Ini Tewas. suarakawan[dot]com | diakses tanggal 1 Agustus 2013

Detik Health. 07-2013. Alergi Parah, Pria Ini Meninggal Setelah Digigit Lalat. health[dot]detik[dot]com | diakses tanggal 1 Agustus 2013

Posting Komentar

1 Komentar

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6