Kolam Renang Banyu Cherbon "Hotel Zamrud"

Jumpa lagi, kali ini saya mau mencatat tentang tempat renang 'baru', masih di Kota Cirebon. Setidaknya bisa jadi pilihan tempat berenang, berenang untuk olahraga, bukan sekedar main air lho, ya untuk belajar berenang juga bisa lah. Sebenarnya sih ke tempat renang ini tidak direncanakan, awalnya ingin berenang di tempat langganan Pemuda Sport Center yang pernah saya catat di Naturality, tetapi karena ramai dipakai sama atlet renang jadi kami urungkan, soalnya daripada kami mengganggu mereka dan kita terganggu ada mereka, secara cara berenang mereka sudah expert sedangkan kita ini amatir. Owh iya, saya sebut kita karena kali ini saya berenang tidak hanya ditemani adik, tapi ada juga Alpin dan Endry yang ikut. Akhirnya kami memutuskan cari tempat lain, tempat yang masuk "plan b" yaitu di Hotel Zamrud yang terletak di Jalan Wahidin, Kota Cirebon.

Di Hotel Zamrud itu tersedia dua kolam renang, yaitu satu kolam renang hotel, katanya security bilang begitu, dan satu lagi kolam renang dengan gelanggang bermain minimalis untuk umum. Nah kami ini berenang di kolam yang katanya untuk tamu hotel, namanya kolam renang Banyu Cherbon. Meski katanya untuk tamu hotel tapi sebenarnya kolam ini juga terbuka untuk umum. Harga tiketnya untuk hari biasa itu Rp 12.000,00, hari libur Rp 14.000,00 dan kebetulan hari ini masih momen lebaran jadi harganya Rp 15.000,00. Awalnya saya berpikir positif, ketika dikatakan "ini kolam renang untuk tamu hotel", namun setelah saya masuk, ; ( kecewa berat, tidak seperti yang dibayangkan. Dibenak saya, terbayang minimal seperti kolam renang Toya Asri milik Grage Hotel, yang juga saya pernah buat postingannya juga di Naturality.

Entahlah itulah pandangan pertama yang saya rasakan ketika masuk ke kolam renang ini. Kalau boleh dikatakan ya standarlah, kalau dibandingkan sama Toya Asri dan Pemuda Sport Center jauh. Kolam renangnya tidaklah besar, ya ada kolam utama, ada kolam bebek untuk anak-anak dan disediakan 'prosotan' terbuat dari semen. Tersedia juga kamar ganti untuk bilas. Sayangnya untuk penanda kamar ganti laki-laki atau perempuan saja kurang jelas, saya saja bingung pembedanya apa. Nah yang mengecewakan bagi saya ya itu airnya, air kolamnya pekat sekali, tidak sejernih di beberapa kolam yang saya temui sebelumnya. Apa mungkin kebetulan memang lagi belum dikuras atau bagaimana saya kurang tahu. Tapi jika ini momen lebaran dan mereka berharap akan pedapatan dari pengunjung non tamu hotel, setidaknya kolam ini dibersihkanlah. Kadar kaporitnya tinggi sekali, sampai-sampai setelah berenang dan bilas dengan sabun saja, badan ini berasa gatal. Kemudian rambut ini jadi lengket dan pliket meski sudah keramas, mungkin harus keramas berulang kali untuk menghilangkan kaporitnya yang teramat tinggi.



Untuk kolamnya ya tidak terlalu besar, tersedia dengan kedalaman 140 cm dan 120 cm. Tidak ada batas area kedalaman, hanya penurunan ubin saja secara perlahan, pembedanya adalah dari warna keramik yang bercorak gelap. Di sekeliling kolam terdapat kursi atau tempat untuk duduk ya alakadarnya saja, nampaknya kurang terawat dengan baik. Kalau dilihat kebersihannya sih memang bersih, cuma seperti ada hal yang kurang, entah itu apa. Kolam renang ini terlindungi dari panas dan hujan karena ada atap kanopinya. Over all sih ya cukuplah, namun ketika dibebankan dengan harga yang sama Rp 15.000,00 rasanya cukup mahal. Pembanding saja di Grage Hotel hanya Rp 10.000,00.

Sekian catatan saya, kurang lebihnya ya sekian pendapat saya soal kolam yang satu ini. Kalau buat saya pribadi mungkin ini pertama dan terakhir. Mungkin kalau kedepannya ada perbaikan dan testimoni dari teman-teman lain berubah, ya saya akan coba lagi. Buat yang belum coba dan ingin coba, mampirlah. Lebih mudahnya untuk ke kolam ini masuk ke Jl. Hakabepe, posisinya sebelum Hotel Zamrud. Posisinya kolam renang yang saya maksud ini ada sebelah kanan, terlihat koq kanopi atap kolamnya, jadi tidak perlu bingung. Kalau kolam yang sebelah kiri juga sama masih satu pengelola, hanya di sana dilengkapi wahana bermain air, kalau tidak salah namanya Banyu Zamrud. Semoga catatan ini bisa jadi informasi buat teman-teman yang membutuhkannya, kirim-kirim juga komentarnya buat yang sudah pernah coba, biar ada update real time. (^_^)?

Posting Komentar

0 Komentar