Wiskun: Bubur Sop Ayam ala Pedagang Cirebon

Bubur ayam, semua pasti sudah sering mencicipi makanan yang satu ini. Ya wajar saja, biasanya dikonsumsi untuk santap sarapan. Bubur ayam banyak ragamnya itu yang saya tahu. Karena sering sekali saya menemukan bubur ayam disajikan dengan rupa dan cita rasa yang berbeda. Tetapi intinya ya tetap bubur atau nasi yang dimasak lembut dan suir-suir daging ayam jadi poin wajib.
Bubur ayam yang sering saya temui ada bubur ayam kering, ada bubur ayam yang agak berkuah, dan ada yang berkuah banyak. Nah yang saya temui di sini adalah bubur ayam yang berkuah, namaya adalah bubur sop ayam. Setidaknya itu yang saya lihat di spanduk kain yang dipasang di gerobak jualannya.
Bubur sop ayam ala pedagang Cirebon

Bubur sop ayam ini sangat banyak kuahnya, jadi itu bubur seperti terbanjiri kuar. Malah dari tampilannya buburnya tak terlihat karena tertutup kuah kaldu tauco yang berwarna coklat, kemudian suiran ayam, kol, seledri dan kacang. Soal rasa yang saya rasakan ketika menikmati kuahnya yaitu berasa seperti kuah tauco. Bumbu tauconya sangat terasa, karena seperti ada kacang kedelainya. Yang saya tahu itu tauco itu terbuat dari kacang kedelai.
Kalau rasa keseluruhan sih biasa saja, tidak terlalu berkesan. Ya begitulah yang saya rasakan ketika menyantap menu kuliner bubur ayam. Tapi setidaknya dengan mengenal ragam menu bubur ayam jadi menambah wawasan tersendiri. Setidaknya sih kalau lagi sakit, menu bubur pasti jadi pilihan karena kelembutannya, jadi nanti tinggal pilih menu bubur yang model apa.
Sekian dulu share saya soal kuliner yang saya temui. Ya paling tidak ini jadi tempat saya untuk berbagi dan sekaligus jadi catatan pribadi saya. Sampai jumpa di jenis kuliner yang lainnya. (^_^)?

Posting Komentar

0 Komentar