Perkembangan Teknologi Informasi Seputar Gadget

Jaman sekarang jelas berbeda dengan jaman dulu. Sekarang semuanya serba canggih, dari alat komunikasi, gadget untuk bekerja atau bisnis, atau sampai gadget untuk multimedia. Semua sudah dibuat simpel dan mempermudah untuk penggunaannya. Seperti contoh dulu sekali sebelum ada ponsel, orang kalau mau menghubungi orang lain harus menggunakan telepon duduk (telepon yang tidak bisa dibawa kemana-mana, alias hanya bisa disimpan di atas meja atau ditempel di tembok), paling juga telepon umum. Kemudian jaman berlalu muncul pager, orang bisa berkomunikasi meski hanya melalui tulisan singkat. Teknologi semakin maju akhirnya muncul ponsel atau telepon seluler, biasa disebut hape (handphone). Melalui ponsel ini orang bisa membawa kemana-mana piranti telepon dan bisa untuk mengirimkan pesan teks pula. Meski begitu rupanya ponsel kala itu relatif besar, seperti jantung pisang gitu deh (#lebay). Teknologi semakin berkembang lagi hingga sekarang ini, ponsel dibuat simpel, tipis, dan beragam fungsinya, dari yang konvensional sampai yang layar sentuh.
Itu baru teknologi telepon, yang lain seperti piranti untuk kerja. Dulu sih kita kalau bekerja membuat tulisan terbatas pada ketikan, mesin tik lah yang jadi pilihan. Lalu muncul namanya komputer atau pc (personal computer). Komputer ini dulu ukurannya masih sangat besar, dengan layarnya mirip televisi, kemampuan aksesbilitas datanya pun terbatas. Teknologi ini pun semakin berkembang, hingga muncul pc dengan bentuk lebih kecil dengan layar flat/ LCD. Teknologi berkembang juga mengikuti kebutuhan penggunanya, karena kebutuhan pengguna yang mobile perlu ada dimana saja, akhirnya muncul komputer jinjing, dulu itu namanya laptop. Wah, jaman itu yang punya laptop sudah seperti bos, orang kaya dah pokoknya. Laptop pun bentuknya masih besar dan berat jika dibawa kemana-mana. Para profesor-profesor teknologi itu menciptakan lagi laptop yang simpel, ringan, serta kemampuan pendukungnya. Munculah netbook, ada juga tablet atau hybrid (bisa untuk laptop dan sekaligus tablet). Semuanya dibuat untuk mempermudah kegiatan manusia.
Nah, itu semua dicatat sekarang, jaman sekarang. Postingan ini dibuat dari piranti netbook. Tapi bagaimana teknologi yang akan berkembang di masa depan? Akan seperti apa, kita juga belum tahu. Yang jelas ketika jaman ini, barang-barang yang ada saat ini merupakan yang paling canggih, sama seperti barang-barang pendahulu yang ada di jamannya. Cukup beruntung bagi kita yang bisa merasakan era-era perkembangan teknologi, dari era primitif hingga madya modern. Kenapa saya bilang madya, karena jaman ini proses perkembangan masih terus berjalan, ujungnya dimana kita belum tahu. Mari kita manfaatkan teknologi yang ada untuk hal-hal yang positif serta bermanfaat. Salam kemajuan! Cpr.


Posting Komentar

0 Komentar