Joseph Alois Ratzinger - Paus Benediktus XVI

Bapa Paus, merupakan pemimpin tertinggi umat Katolik Roma, beliau bertempat di Vatikan. Vatikan merupakan negara yang berada di wilayah Italia. Beliau juga menjadi pimpinan negara tersebut. Belum lama ini dunia dikejutkan dengan berita akan keputusan Bapa Paus Benediktus XVI untuk mengundurkan diri dari jabatan tertinggi sebagai pimpinan umat Katolik Roma seluruh dunia. Bapa Paus Benediktus XVI memilih keputusan yang tidak mudah untuk mengundurkan diri.
Pada awalnya saya tidak mengetahui pasti, dan saya pikir hanya berita hoak. Saya membaca status BBM teman-teman seiman yang mendoakan Bapa Paus. Saya pikir Bapa Paus hanya sakit, sakit yang biasa. Tapi ternyata, doa bagi Bapa Paus adalah akan keputusan besarnya untuk mengakhiri tugas lebih cepat sebagai Paus. Informasi yang saya peroleh, Bapa Paus mengundurkan diri karena alasan kesehatannya yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan segala macam tugas kepausannya. Fisik Bapa Paus yang tidak memungkinkan untuk itu, sehingga beliau mengambil keputusan yang tidak mudah.
Berdasarkan latar belakang berita tentang Bapa Paus itu, saya ingin mencari tahu tentang profil beliau. Wikipedia dan sumber-sumber lain saya gunakan sebagai referensi mencari tahu tentang profil Bapa Paus Benediktus XVI.
Sri Paus Benediktus XVI punya nama asli Joseph Aloisius Ratzinger. Beliau lahir di Marktl, Bayern, Jerman pada 16 April 1927.
Joseph A. Ratzinger lahir dari pasangan Joseph Ratzinger Sr. dan maria Ratzinger. Beliau ditahbiskan menjadi Imam pada 29 Juni 1951. Kemudian menjadi Kardinal pada 27 Juni 1977. Beliau terpilih sebagai Paus Gereja Katolik Roma pada 19 April 2005. Beliau terpilih untuk menggantikan Sri Paus Yohanes Paulus II dan dilantik sebagai Paus secara resmi melalui Misa Pelantikan Paus pada 24 April 2005.
Beliau dilantik pada usia 78 tahun, beliau merupakan Paus tertua yang dilantik dalam 275 tahun terakhir seja Paus Klemens XII (yang terpilih pada tahun 1730 pada umur 3 bulan lebih tua). Ketika Paus Yohanes Paulus II masih hidup, kardinal Joseph Ratzinger sudah ingin pensiun. Beliau mengatakan bahwa tak pernah ingin menjadi Paus.
Beliau adalah Uskup Roma, pemimpin Negara Kota Vatikan dan Gereja Katolik Roma, termasuk Gereja Katolik Timur dalam komuni dengan Takhta Suci.
Paus terakhir yang bergelar nama kepausan Benediktus, adalah Paus Benediktus XV, yang bertugas dari 1914 hingga 1922 (8 tahun, pada masa Perang Dunia I). Pada 11 Februari 2013, Paus Benediktus XVI mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Paus atas alasan kesehatan serta kondisi fisiknya. Beliau menyatakan akan menduduki posisi Paus sampai tanggal 28 Februari 2013. Dengan ini pula, beliau merupakan paus ketiga dalam sejarah kepausan Katolik Roma yang mengundurkan diri. Paus yang pertama mengundurkan diri adalah Paus Selestinus V pada tahun 1284 karena alasan kesehatan. Kedua adalah Paus Gregorius XII pada tahun 1415 karena alasan politis.
Sebelum terpilih sebagai Paus menggantikan Bapa Paus Yohanes Paulus II, beliau menduduki jabatan sebagai Uskup Kardinal Katedral Velletri-Segni pada 1993, dan dilantik sebagai Dekan (Ketua) Kolegium Dewan Kardinal pada 2002, menjadi Uskup Ostia.
Beliau merupakan salah satu tokoh terpenting di Vatikan dan rekan dekat Yohanes Paulus II sebelum menjadi Paus. Beliau juga memimpin pemakaman Paus Yohanes Paulus II dan konklaf di tahun 2005. Pada sede vacante terakhir, beliau merupakan pejabat dengan posisi tertinggi dalam Gereja Katolik Roma.

[sede vacante adalah kekosongan tahta gerejawi dari sebuah Gereja Partikular di dalam Hukum Kanon Gereja Katolik Roma. Dalam Bahasa Latin bermakna "tempat duduk sedang kosong", merujuk pada tahta suci (cathedra) dari Gereja Partikular.] Kunjungi link ini untuk lebih jelas.

[Gereja Partikular adalah komunitas gerejawi yang beranggotakan orang-orang dalam persekutuan penuh dengan Roma dan merupakan bagian dari Gereja Katolik secara keseluruhan.] Kunjungi link ini untuk lebih jelas.
Paus Benediktus XVI dianggap sebagai seorang tradisionalis, pandangannya ketat terhadap prinsip-prinsip kepausan. Beliau juga seorang yang mengkritik soal homoseksualitas, pengangkatan pendeta wanita, pernikahan kelamin sejenis, euthanasia (suntik mati) dan aborsi. Tidak hanya itu, ketika muda (saat mengajar di Universitas Bonn pada tahun 1959 an pada tahun 1966  mengajar teologi dogmatik di Universitas Tuebingen.) beliau merasa tak senang dengan maraknya Marxixme di kalangan mahasiswanya. Menurut pandangannya, agama telah direndahkan di bawah ideologi politik yang dianggapnya bersifat "tirani, brutal dan jahat." Beliau juga mendukung penegakan hak asasi manusia, perlindungan lingkungan alam dan perlawanan terhadap kemiskinan dan ketidakadilan. Tema utama kepausannya adalah pembelaan terhadap nilai-nilai dasar Kristiani dalam menghadapi apa yang dipandangnya sebagai kemrosotan moral di sebagian besar kawasan Eropa.
Sebagian besar informasi mengenai beliau sudah dicatatkan di atas, untuk lebih jelasnya bisa kunjungi link yang saya bagikan di bawah ini. Link yang ada di bawah merupakan link terkait berita tentang Paus Benediktus XVI.

Sumber:
Wikipedia. Paus Benediktus XVI | diakses tanggal 17 Februari 2013
Wikipedia. Sede Vacante | diakses tanggal 17 Februari 2013
Wikipedia. Gereja Partikular | diakses tanggal 17 Februari 2013
BBC Indonesia. 2013. Profil Paus Benediktus XVI. bbc[dot]co.uk | diakses tanggal 17 Februari 2013

Catatan terkait:
Kompas. 2013. Profil Paus Benediktus XVI (1). kompas[dot]com | diakses tanggal 17 Februari 2013

Kompas. 2013. Profil Paus Benediktus XVI (2). kompas[dot]com | diakses tanggal 17 Februari 2013Kompas. 2013. Profil Paus Benediktus XVI (3). kompas[dot]com | diakses tanggal 17 Februari 2013
LUNTURAN_PENA. 2013. Profil - Paus Benediktus XVI: Mantan 'Hitlerjugend' Yang Jadi Wakil Tuhan. arrumtamsq[dot]blogspot[dot]com | diakses tanggal 17 Februari 2013
TEMPO[DOT]CO. 2013. Paus Benediktus XVI Doakan Jakarta Ketika Banjir. tempo[dot]co | diakses tanggal 17 Februari 2013
Viva News. 2013. Paus Benediktus XVI Pimpin Misa untuk Kali Terakhir. viva[dot]co[dot]id | diakses tanggal 17 Februari 2013
Gema Warta. 2013. Profil Paus Benediktus XVI. gemawarta[dot]wordpress[dot]com | diakses tanggal 17 Februari 2013

Posting Komentar

0 Komentar