Testing Perum Bulog 2012

Minggu pagi ini terasa jadi lain, padahal baru sembuh dari sakit. Tapi hari ini saya harus fit, karena hari ini saya harus mengikuti tes seleksi penerimaan pegawai Perum Bulog (Bada Urusan Logistik) tahun 2012.
Pagi ini saya sudah harus memacu sepeda motor saya menuju Salemba Raya, tepatnya di Kampus UI, di LPT-UI. Di sanalah lokasi untuk tes seleksinya. Berdasarkan jadwal yang diperoleh dari website nya Bulog tes dimulai pukul 08.30 WIB. Itu yang terdaftar pada kartu tes yang harus saya ikuti.
Sekitar pukul 07.15 saya sudah di lokasi. Hal yang merepotkan adalah mencari lokasi parkir. Pagi itu di depan gedung LPT-UI sudah ramai kendaraan peserta yang datang sedari awal. Karena memang ada jadwal lebih pagi sebelum jadwal yang saya ikuti. Situasi di sana sepertinya sudah hiruk pikuk, para peserta sibuk mencari namanya yang tercantum pada papan pengumuman. Karena di papan pengumuman itu tercantum lokasi dimana kita akan tes.
Untuk anda ketahui bahwa tes kali ini dibagi beberapa grup, grup yang pagi dan siang. Kemudian terbagi lagi berdasarkan lokasi ruang tesnya, ada yang di LPT-UI, ada yang di Fakultas Hukum, dan ada yang di FKIK. Di masing-masing lokasi itu sendiri ada terbagi ruang A dan B. Yang pasti ribet sekali deh pagi itu. Sebenarnya untuk mensiasatinya adalah kita perhatikan petunjuk dari panitia sebagai penyelenggara.
Sebagai catatan saya, untuk tes tahun ini, saya punya nomor tes S1-131228416. Berdasarkan tabel peserta yang tertulis di papan pengumumnan itu saya dapat nomor urut 893, di Gedung FH, Ruang A Bacth 2. Itu catatan yang saya lihat ketika saya mulai ikut masuk ke dalam kerumunan hiruk pikuk itu. Ternyata, setelah ditunggu-tunggu, saya masuk ke gelombang yang kedua, yaitu siang nanti, yaitu tepatnya jam 10.00 WIB. Terpaksa, sambil menunggu waktu saya hanya duduk-duduk di halaman LPT-UI. Hal yang sama juga dilakukan peserta lainnya.
Ketika sedang menunggu, saya tak sengaja bertemu dengan kawan lama semasa kuliah dulu, Mulyadi dan seorang kenalan baru bernama Yusuf. Kami menunggu bersama dan sambil ngobrol. Cukup lama rasanya menunggu sampai jam 10.00, karena peserta gelombang pertama belum juga selesai tes. Hingga akhirnya peserta gelombang tes selesai. Panitia kembali mengarahkan peserta ke bagiannya masing-masing. Peserta kembali dipecah, untuk membagi ruang lokasi tesnya.
Pada kondisi ini adalah proses yang menyebalkan, kenapa? Antre yang tidak beraturan ditambah suasana panas sekali siang ini. Panitia juga terlihat diam saja melihat peserta kepanasan. Tapi karena peserta terlihat antusias panas yang ada bukan masalah rupanya. Ditambah, panitia menyiapkan kue dalam kotak yang akan diberikan untuk peserta siang itu.
Akhirnya masuklah saya ke ruang tes, cukup nyaman ruang tes ini, pendingin udaranya nyaman dan cukup membayar peluh yang sudah tercecer karena terik matahari tadi. Tes ini ternayata adalah tes tahap pertama, tes ini berisi kemampuan dasar yang terdiri dari bentuk, deret aritmetik dan penalaran. Tes pertama ini ada lima bagian, dimana masing-masing bagian total soalnya kurang lebih 25-28 soal. Waktu pengerjaan dari masing-masing bagian soal itu adalah 10 menit, dengan 2 menit untuk membaca petunjuk soal. Tes tahap pertama ini adalah sistem knock out. Jadi ketika tes tahap pertama nanti gagal maka tidak bisa mengikuti tahap berikutnya, ditandai dengan adanya nama peserta pada papan pengumuman. Tes ini selesai sekitar pukul 11.30 dilanjutkan dengan istirahat.
Nah, di sinilah jadi tahap yang menjengkelkan lagi. Tahap kali ini sepertinya dijadikan tahap tes sisipan, untuk tes kesabaran. Panitia memberikan instruksi bahwa hasil tes tahap pertama dapat diakses pada pukul 13.00 WIB. Tapi ternyata sampai pukul 14.00 belum ada kabar mengenai kapan hasil tes tahap pertama diumumkan. Skenario saya sih coba meramalkan kita ini pasti akan disuruh menunggu sampai dua jam lebih.
Barulah sekitar pukul 15.30 pengumuman muncul. Di situ kembalilah suasana hiruk pikuk peserta melihat hasil tesnya. Sumpek sekali sore itu, tapi untungnya kesumpekan itu terbayar, nama saya muncul untuk tes tahap kedua. Dari papan pengumuman tertulis saya bernomor urut 398, untuk lokasi tes di FKIK.
Mengenai tes tahap kedua ini adalah lebih ke tes psikologinya. Tesnya antara lain : tes tentang "Siapakah saya?", Kraeplein Test, Tes kepribadian, Warteg Test, tes menggambar pohon, dan terakhir tes menggambar manusia. Tes ini dimulai sekitar jam 16.00 sampai 18.20.
Tes yang paling melelahkan otak adalah tes Kraeplein, karena membutuhkan konsentrasi tinggi. Di sinilah saya banyak melakukan kesalahan. Tapi sudahlah, pasrahkan saja. Kita sudah berusaha, untuk hasil kembalikan pada Tuhan.
Sekian catatan saya pada tes kali ini, bila ada tes-tes lainnya yang saya ikuti, saya akan mencoba membagikannya di sini. Oh ya, ada beberapa foto yang saya abadikan pada tes kali ini. Saya pun lihat banyak peserta yang mengabadikan suasana hiruk pikuk pada tes hari ini. Mari disimak di bawah ini. Foto ini saya abadikan dengan kamera ponsel saya.
Suasana di depan gedung LPT-UI pagi hari
Suasana para peserta saat melihat daftar nama tes pagi hari
Suasana menunggu tes gelombang pertama (pagi) selesai
Suasana antre verifikasi sebelum tes untuk yang jam 10.00 WIB
Suasana di dalam ruang tes pada tes tahap pertama

Suasana hiruk pikuk peserta melihat pengumuman tes tahap pertama


Mohon maaf kalau fotonya tidak fokus, maklum hanya foto sekenanya saja, yang penting ada dokumentasi. Sampai jumpa di postingan lainnya. Cpr.

Posting Komentar

50 Komentar

  1. saya juga ikut penerimaan pegawai bulog 2012 rayon Medan. Tapi sampai saat ini sudah memasuki minggu ketiga setelah tes psikologi,belum juga ada kejelasan kapan pengumumannya. Di website bulog pun infonya tidak ada perubahan. jika bro punya informasi mohon di sharing, mungkin banyak juga rekan-rekan yang bernasib sama seperti saya!! thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh ternyata nasib yg sm dialami peserta rayon Medan. Sy sendiri mengalami hal yg sama yg ikt tes di Jakarta.
      Kmrn2 sy jg smpet bbrp x buka web bulog, tp hasilnya sm sj. Ga da info yg berarti. Sy tny jg k tmn yg kebetulan knl sewaktu tes, smw nya mengalami nasib serupa.
      Sy jg tdk tw, kpn pngumuman pastinya, sudah atau belum tdk ad kepastian. Cm sy si duga biasa pengumuman itu 2minggu setelah tes hrs nya sdh keluar. Atau bagi yg lolos mendapat email dri panitia. Nah yg ga lolos ga dpt email sm sx.
      Sama seperti wkt seleksi admnistrasi awal. Yg lolos dpt email balasan, yg ga lolos tdk dpt email balasan.
      Wkt tahap awal, tmn sy ikutan juga, tp dy tdk lolos, krn tdk dpt email. Sy sndiri mendfatr 2acc secara tk sengaja, namun hny 1acc sj yg diakui dan dinyatakan lolos smpe akhirnya sy bs tes.
      Nah dri hal td asumsi sy bhw yg lolos mendapat email balasan, sdgkan yg tdk lolos g akn dpt email blsn sm sx.

      Hapus
    2. Makasih banyak bro informasinya!! Setidaknya rasa penasaran saya sedikit berkurang!! hehehe

      Hapus
    3. ;)°•°§ą♍å~§ą♍å°•°;)™

      Hapus
    4. udah hampir 4 minggu, kenapa belum ada kejelasan dari bulog ya. padahal saya menunggu hasil psikotesnya

      Hapus
  2. ada yang tau ga kapan hasil test psikotest perum bulog diumumkan. sampai skrng saya blom dapat info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama saja, sy saja sampai bingung sudah hampir bbrp minggu lebih ini tidak ada kabar sm sx dari Bulog. Email sy selalu standby, namun tidak ada yang masuk. Dugaan sy info pengumuman sudah. Seperti pada pengumuman seleksi adm pada sebelum tes psikologi awal itu pemberitahuan via email. Nah bagi yg diundang akan dapat email, yang tidak diundang makan tdk mendapat email balasan. Mungkin hal yang sama juga terjadi pada pengumuman after psikotes kemarin.

      Hapus
    2. Hari ini sudah keluar tuh boz pengumumannya..
      ada test selanjutnya tgl 8 november nanti buat yg lulus..

      Hapus
    3. Kami di Medan tgl 1 november bro!!!

      Hapus
  3. ga tau bro!!! kayaknya peserta seluruh Indonesia sedang menunggu hasil psikotes!!
    sabar aja!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, smw peserta yg ikt tes pasti menunggu. Lulus atau tidak! Klo lulus ya mbok segera dinfokan, kalau tidak ya diinfokan juga, jadi biar tdk nunggu begini. Harusnya sih begitu.
      Klo yg tes di Jkt, tepatnya di Salemba, UI. Untuk tes tahap 1 dan 2 saja kita (sy mengalami) hrs menunggu pengumuman tahap 1 lolos dl, bru bs ikt tahap 2. Itu pun waktunya lama, menunggu terlunta-lunta. Kt'y pengumuman muncul sekitar /2 tidak juga muncul, baru sekitar sore baru diumumkan. Kalau begitu kasihan yang gagal sdh tggu lama buang waktu menunggu.
      Yah, sepertinya harus jadi masukan bagi penyelenggara test sejenis agar informasi lebih cepat disampaikan, jangan biarkan peserta menunggu tanpa kejelasan.

      Hapus
  4. ia...bro... maaf numpang ikutan... saya juga peserta BULOG..belum dapat info sampai sekarang. berdasarkan info dari teman-teman, kalo BUMN biasanya prosesnya lama. (benri) terima kasih ya teman-teman atas infonya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau memang masih proses. Sy sendiri masih berharap mukjijat Нâ²˚°=D°˚Нé²˚°:D°˚Нü²˚°=))

      Kita tunggu sj.
      Bwt kawan2 lain yg pny info berbeda bisa diinfokan di sini. Kasihan kn tmn2 lain yg menunggu dg ketidakjelasan begini.

      Hapus
    2. Info hasil tes sdh bisa diakses melalui website bulog. Sy bru dptkan info dri teman yg kbtln ikt tes juga. Masukan no tes dan pasword, nanti d login peserta bs dliat infonya.

      Hapus
    3. kapan si pengumuman yang udah psikotes di ui kak?abang saya kqblmada pngmuman yaaa

      Hapus
  5. ternyata bukan aku saja yang harap2 cemas menunggu pengumuman hasil tes tahap 2....semua peserta tes BULOG jg sepertinya mengalami hal yang sama. apalagi setelah baca postingan ini...mulai dari tes tahap 1 sampe hasil tes tahap 2...benar2 butuh kesabaran ekstra.
    terimakasih temen2 buat infonya, setelah ngecek ternyata sy msh kurang beruntung untuk ikut tes selanjutnya. bagi temen2 yg masih lanjut...semangat yaaa... (^_^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa sampai tahap akhir ya. ini lagi tunggu pengumuman tes wawancara.

      Hapus
    2. bagi yg sedang menunggu pengumuman tes wawancara invite pin 2298891E saya. saya ikut lwt rayon medan.

      Hapus
    3. sama bro!! ane lg nunggu pengumuman hasil tes wwncara dari rayon medan jg!!

      Hapus
    4. Selamat buat yang lolos ke tahap berikutnya, terus beri kabar untuk rekan-rekannya di sini. Kalau boleh sih sekalian infoin apa saja yang ditanyakan pada tes yang sudah dijalanim just share informasi bagi rekan yang lain ;p

      Hapus
    5. Bro, kalian udah dapet hasil wawancaranya bagaimana?
      Saya sudah beberapa kali login diwebsitenya hanya ada kata2 hasil test sedang dalam perumusan.. H2C nih..

      Hapus
    6. kira" berapa lama ya menunggu hasil tespsikotes. ane udah hampir 4 minggu tapi blom ada kabar dari bulog

      Hapus
  6. palembang sudah pengumuman untuk tes kesehatan,, mohon info yang tes jakarta,,,, sudah ada pengumuman blum??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat buat yang lolos ke tahap berikutnya, terus beri kabar untuk rekan-rekannya di sini. Kalau boleh sih sekalian infoin apa saja yang ditanyakan pada tes yang sudah dijalanim just share informasi bagi rekan yang lain ;p

      Hapus
    2. kapan tes kesehatan bro?? yg teriliminasi di wawancara berapa orang?

      Hapus
    3. Saya test di Jakarta bro tapi sampai sekarang blum ada dipengumuman, apa itu artinya saya tidak lolos untuk ketahap test kesehatan ya bro?

      Hapus
  7. aq ikut rayon yogyakarta,,sbnrnya sudah ada pengumuman hasil tes wawancara belom sihh,,biasanya disms sm panitia disuruh ngliat pengumuman di web,tp sampe skrg koq blm disms yaa,,aq telfon ga aktif,,hehehee,,login isinya msh nunggu perumusan hasil tp koq di beranda umum tertulis hasil tes kesehatan 8 rayon sudah ditetapkan yaa,,aq googling lg ada pengumuman peserta lolos tes kesehatan rayon surabaya,,nahh loo

    BalasHapus
  8. kata2 di situsny klw dah login kok cman kek gini ya...
    "Terimakasih atas partisipasi Anda dalam Rekrutmen Pegawai Perum BULOG tahun 2012.
    Saat ini sedang dilakukan perumusan terhadap hasil seleksi yang telah Saudara ikuti. Silahkan buka kembali layar ini beberapa waktu ke depan."

    ane juga ikut tes d medan, nunggu hasil wawancara jg gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gw jg gt, ga lolos donk brarti ya?

      Hapus
    2. Sebagian peserta udah mulai diklat bro tgl 27 nov kmren!! Yg dr medan lolos 25 org!! Separuhnya masih dlm perumusan, termasuk saya!!
      Jd bingung ne, statusnya menggantung, lolos atau tidak :(

      Hapus
    3. kaya jadi cadangan gt ya bro.. hadehhh

      Hapus
  9. Ada yang tau pengumuman hasil test wawancara rayon dki jakarta?

    BalasHapus
  10. Mas, kalo dari tanggal pendaftaran terakhir sampai pengumuman tes administrasi itu berapa lama yaaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang begitu paham, bukan panitia si, kebetulan juga belum sampe tahap lebih lanjut

      Hapus
    2. soalnya udah hampir 2 minggu tapi belum ada kabar

      Hapus
  11. iya. saya juga lagi nunggu pengumuman psikotes. brapa lama ya kira"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane jg gan nunggu hasil tes tahap III untuk tahun 2015. untuk lokasi Surabaya.

      Hapus
    2. kalau ane rayon medan gan. udah 3 minggu lebih blom ada kabar ya gan. tiap hari cek websitenya aja

      Hapus
  12. Tesimakasih infonya... sangat membantu bangat buat yang akan mengikuti test selanjutnya,,,,

    BalasHapus
  13. Agan2, pengumuman kelulusan administrasi brp lama ya dri tgl terakhir pendaftaran?? Please sharenya :)

    BalasHapus
  14. Untuk pengumuman bulog 2016 sudah ada pengumumannya di web http://lp3t.psikologi.unair.ac.id/

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. adakah teman2 disini yang lokasi test nya di Jakarta tanggal 16 April 2016?

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. Saya ada panggilan test tahap 1 besok di unjani jam 8
      Yg test di bandung boleh invite pinnya 790c0095 biar ada teman

      Hapus
  18. besok pengumumman seleksi bulog 2016 untuk tahap tes psikotes dan wawancara psikolog ..............kira kira jam brp ya udah di publish di web lp3t unair nya

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6