Sirup Tjampolay, Khas Cirebon

Sirup Tjampolay, itulah nama oleh-oleh khas dari Cirebon. Sirup ini memang khas dan asli dari Cirebon. Memang diproduksi sudah sejak lama, kalau tidak salah sejak tahun 1936. Sudah lama bukan?
Sirup ini pertama kali dibuat oleh Tan Tjek Tjiu, tepatnya pada 11 Juli 1936, sesuai yang tertera pada label botol sirup Tjampolai. Tan Tjek Tjiu sendiri sudah meninggal tahun 1964. Produksi sirup ini sempat berhenti beroperasi selama enam tahun, dan baru mulai lagi aktif tahun 1970, dilajutkan oleh anaknya Setiawan. Perusahaan ini pun sempat tidak beroperasi lagi, namun pada akhirnya kembali lagi pada tahun 1983. Meskipun perusahaan sirup ini sempat tidur dan bangun, tidur dan bangun lagi, namun dengan tetap berjayanya hingga sekarang membuktikan bahwa perusahaan ini mampu melawan kekuatan jaman. Tiga generasi telah memegang perusahaan ini, kini perusahaan dilanjutkan oleh generasi ketiga.
Pada awalnya yang ada di pikiran saya, pabrik dari sirup ini adalah besar seperti layaknya pabrik. Ternyata pikiran saya itu salah, sirup Tjampolay ini dibuat oleh home industry. Meskipun hasil produksi rumahan, soal kualitas bisa diadu dengan sirup-sirup lainnya dengan merk terkenal.
Sirup Tjampolay sendiri mempunyai sembilan rasa, antara lain : rasa pisang susu, rozen roos, asam jeruk, jeruk nipis, lychee, mangga gedong, melon, coffie moca, strawberry, cocopandan, durian dan sirsak. Rasa yang paling terkenal adalah rasa pisang susu. Pada awalnya Sirup Tjampolay hanya menyediakan tiga rasa, yaitu : rasa rozen, asam jeruk dan nanas.
Sirup Tjampolay dijual dalam kemasan botol kaca, dengan label yang sedari dulu tak berubah, masih sederhana, yakni menggunakan label kertas, dengan terpampang gambar buah tjampolai. Isi bersihnya sekitar 630 ml. Kelebihan dari sirup ini adalah penggunaan bahan-bahan alami dan penggunaan gula alami. Inilah yang tetap dijaga sedari dulu.
[Sumber : Google Image]
Sirup Tjampolay ini sudah dipasarkan ke beberapa daerah. Meskipun sirup ini produk lokal, tapi di daerah lain pun mengenal sirup yang satu ini, terutama di toko oleh-oleh. Sebagai informasi, untuk harga satu botol sirup ini sekitar Rp 17.000,00.  Saya biasa membelinya langsung dari pabriknya Perusahaan Siroop Tjap Buah Tjampolay di Jalan Elang Raya K. 11-12, Kota Cirebon. Bagi yang berminat, dan mengunjungi toko oleh-oleh terdekat di kota anda. Bukan untuk promosi juga sih, hanya ingin mengenalkan mengenai produk dalam negeri, meski olahan lokal, kualitas bersaing. Cpr.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Nikmatnya siang-siang begini menenggak segelas es sirup tjampolay. Panas-panas, disi dengan yang segar dan manis dari tjampolay. Maknyos (ˆڡˆ) ...

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Нâ²˚°=D°˚Нé²˚°:D°˚Нü²˚°=))
      Ini bkn posting bwt jualan, cm share aja. :)

      .·.◦†нªηк's◦.· mz bro ...
      Semakin lancar juga usaha online nya ... Siii :D(y)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Itu di postingan kan ada alamatnya bu, dibaca aja. Kalau mau ngorder ya bisa ke sana. Tp kalau mau beli eceran di toko-toko juga banyak koq, sudah kemana-mana juga barangnya.

      Hapus
  4. mantap.. Rasa melon (sprite tanpa soda? Haha

    BalasHapus
  5. Halo mas bro dan mbak sis sekalian, karena banyaknya peminat, kali ini saya ingin menawarkan kembali oleh-oleh khas Cirebon, Sirup Tjampolay.
    Pasti sudah pada tahu kan sirup Tjampolay?
    Rasanya benar-benar segar dan enak, ditambah lagi 100% memakai gula murni. Yaps Gula murni tanpa tambahan gula kimia.

    kunjungi http://siruptjampolaycirebon.com/jual-sirup-tjampolay-campolay/

    BalasHapus
  6. maaf saya mau tnya, buah Tjampolay itu mengandung apa aja yah? dan maafaat nya apa, saya brousing tidak dapat jawabannya..

    BalasHapus
  7. CP: 089666138083. Sirup TJAMPOLAY ini Rasanya benar-benar segar dan 100% gula murni. Harga 220.000/dus.

    BalasHapus
  8. sirup tjampolay, siroop tjampolay, sirup campolay, tjampolay sirup, buah tjampolay, sirup cap buah tjampolay, siroop tjap buah tjampolay, harga sirup tjampolay, jual sirup tjampolay, jual sirup campolay, distributor sirup tjampolay, agen sirup tjampolay, tempat jual sirup tjampolay.

    Sirup Tjampolay adalah sirup produksi lokal yang punya nama besar sejak tahun 1936. Rasanya benar-benar segar dan enak, ditambah lagi 100% memakai “GULA MURNI”. Sangat cocok disajikan untuk minuman dingin, campuran es, maupun sajian hari raya.

    Untuk pemesanan (SMS/WA:089666138083) atau ke http://siruptjampolay.co.id

    BalasHapus

Tinggalkan jejak, jika anda mampir ;p Terima kasih atas kunjungannya - cocoper6