Iron Man and Batman

Iron Man and The Dark Knight (Batman) [Sumber : Google Image]
28/7 Selamat malam menjelang pagi. Postingan ini muncul setelah saya selesai menonton skuel terakhir dari The Dark Knight  yaitu Dark Knight The Risis, atau gampangnya film Batman versi hollywood. Sebelumnya saya juga sudah menonton film Iron Man, dari skuel pertama hingga kedua, bahkan saya sedang menunggu skuel yang ketiga. Dari hasil menonton film itu muncul ide untuk membuat postingan ini, dengan maksud melihat kesamaan dan perbedaan dari tokoh super hero dari film tersebut. Sumber informasinya saya gali dari informasi yang ada di dunia maya dan sepengetahuan saya.
Sejak saya kecil hingga saya menuju dewasa sekarang ini, saya masih menggemari tokoh-tokoh fantasi super hero.
Di sini saya akan membahas tentang profil Iron Man dan Batman. Ada beberapa kemiripan dan perbedaan dari kedua tokoh super hero ini. Menurut  cerita, mereka adalah manusia biasa. Kemampuan yang mereka miliki didukung dari peralatan yang serba canggih dan kecerdasan ilmiah yang mereka miliki.
Iron Man
Iron Man, dari nama nya saja iron artinya besi atau kalau kita baru belajar bahasa Inggris, iron berarti setrika. Sedangkan man artinya laki-laki atau manusia. Dulu ketika saya baru mengenal tokoh super hero yang satu ini, saya mengartikannya sebagai manusia setrika. Arti yang aneh memang, tapi itu awal saya mengenal tokoh super hero ini. Arti sebenarnya iron man adalah manusia berjirah besi.
Tony Stark (Robert Downey Jr.)[Sumber : Google Image]
Memang tubuh dari super hero ini dilapisi jubah besi yang anti peluru dan mempunyai kemampuan teknologi tinggi. Tokoh manusia dibalik jubah besi itu adalah Tony Stark. Tony Stark sebenarnya hanya manusia biasa. Berbeda dengan super hero lain seperti Superman, Spiderman atau Hulk dll yang mempunyai kemampuan super yang keluar dari tubuh sendiri.
Satu-satunya kemampuan yang Tony miliki adalah kekayaan, Tony merupakan pewaris dari usaha keluarganya, yang dikenal sebagai keluarga milyader. Kekayaan yang diwariskan kepadanya itulah yang dimanfaatkan Tony untuk berjuang membela keadilan dengan caranya.
Tony Stark sendiri merupakan pewaris dari keluarga Stark yang mempunyai lini usaha dibidang riset dan teknologi yang cukup terkenal dan disegani. Lini usahanya dikenal dengan nama Stark Industry. Ayahnya bernama Howard Anthony Stark dan ibunya bernama Maria Collins Carbonel Stark. Keduanya adalah almarhum, sehingga Tony Stark adalah anak yatim piatu.
Tony sendiri mempunyai pengetahuan dasar dalam ilmu fisika dan teknik listrik. Dengan ilmu yang dia miliki ini dan dengan memanfaatkan lini usaha yang dia miliki, dia mengembangkan teknik teknologi pertahanan yang mutakir.
Iron Man[Sumber : Google Image]
Berdasarkan seri film hollywood atau film kartunnya, lini usaha bisnis Stark adalah teknologi pertahanan. Teknologi-teknologi pertahanan dan persenjataan mutakir di bidang militer dikembangkan Stark Industry.
Kemajuan bisnis Stark ini membuat iri kerabatnya, sehingga Tony sebagai pewaris tahta kekayaan keluarga Stark sampai harus disingkirkan. Namun, akibat proses inilah, menjadi awal memasuki dunia kepahlawanan sebagai pembela keadilan dan kebenaran. Pada proses penyingkiran dirinya itulah Tony nyaris mati, tubuhnya terluka. Untuk menyembuhkan dirinya itu, Tony memodifikasi dirinya dengan teknologi yang dia pelajari, Tony menyuntikan sistem saraf dengan teknologi organik yang diubah menjadi virus. Inti dari sistem teknologi yang dia buat ini merupakan leburan ion besi yang disimpan dalam sebuah inti bola cahaya sebagai sumber tenaganya. Inti bola cahaya yang tersipan di dada ini tersambung langsung dengan impuls otaknya.
Tony sendiri dikenal sebagai prbadi yang nyentrik, playboy, asal bicara dan punya pemikiran yang cerdas serta daya analisis yang tinggi. Dengan kemampuan yang dia miliki setelah menjadi manusia semi robot, Tony merancang dan memodifikasi jubah besi, yang akan dia pakai sebagai pelindung tubuh dalam aksinya. Jubah besi ini dia desain sendiri dengan bantuan komputer cerdas yang dia miliki.
Jubah atau baju besinya ini mempunyai kemampuan teknologi canggih, dapat memberikan perlindungan fisik dan kekuatan. Memiliki kemampuan terbang serta memiliki kemampuan persenjataan mutakir. Dari balik jubah besinya ini pun segala macam kontrol sistem komunikasi terhubung baik dengan satelit maupun dengan sistem informasi data base di markasnya.
Kehidupan Tony seperti layaknya manusia biasa, bila dalam keadaan normal dia tetap melakukan aktivitasnya, menjalankan bisnisnya. Tony pun sudah dianggap sebagai orang terkenal di kota dimana dia tinggal. Kisah cintanya pun berjalan mulus. Dalam menjalankan setiap misinya, Tony dibantu sekertarisnya yang sekaligus jadi pasangannya.
Kisah menarik dari tokoh super hero ini akhirnya dibuat versi hollywood. Sampai sejauh ini sudah dua skuel yang dilahirkan karya sutradara Jon Favreau, yaitu Iron Man 1 (2008) dan Iron Man 2 (2010). Bahkan Iron Man 3 pun sedang tahap produksi, rencananya akan dirilis Mei 2013.

Batman
Batman, manusia kelelawar, itulah sosok manusia hero yang satu ini. Sama seperti Iron Man, Batman juga sudah saya kenal sejak kecil hingga sekarang.
Bruce Wayne (Christian Bale)[Sumber : Google Image]
Tokoh yang terkenal dibalik jubah hitam batman adalah Bruce Wayne, seorang pewaris keluarga kaya dinasti Wayne. Keluarga Wayne sendiri terkenal sebagai milyader terkenal di kota Gotham. Bisnisnya pun dimana-mana, sehingga menjadikan keluarga Wayne keluarga terpandang. Bruce Wayne sendiri adalah yatim piatu, kedua orang tuanya meninggal lebih dahulu akibat kasus perampokan. Ayahnya bernama Dr. Thomas Wayne dan ibunya bernama Martha. Sejak kecil Bruce diasuh oleh seorang pengasuh setia bernama Alfred Pennyworth. Ada lagi orang terdekatnya yaitu Lucious Fox sebagai manajer di perusahaannya. Fox ini pula yang mengembangkan peralatan canggih yang digunakan batman dalam setiap aksinya.
Kota Gotham sendiri merupakan kota yang cukup tinggi tingkat kriminalitasnya, korupsi bahkan sampai terorisme. Atas alasan itulah Bruce tergerak untuk mengatasi semua masalah itu. Dengan kemampuan finansialnya itulah Bruce berusaha mengatasi segala bentuk kejahatan dan ketidakadilan. Bruce sendiri dilahirkan sebagai manusia biasa. Bruce hanya menggunakan intelejensi, ketrampilan sebagai detektif, ilmu pengetahuan dan teknologi, kekayaan, ketangkasan fisik, dan intimidasi dalam memerangi kejahatan.
Jati diri Batman sendiri sengaja ditutupi oleh Bruce, agar tidak diketahui rakyat Gotham. Batman tetap menjaga kemisteriusannya, sebagai makluk kegelapan. Bahkan sampai-sampai markasnya tersembunyi yang diberi nama batcave. Markasnya tersembunyi di bawah tanah, dimana di atasnya terdapat kastil keluarga Wayne.
The Dark Knight (Batman)[Sumber : Google Image]
Bruce sendiri merupakan pribadi yang menarik, tampan, sangat iba terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kemanusian. Bruce sendiri sangat terkenal di kota Gotham. Sepak terjangnya di dunia bisnis kota Gotham sudah tidak diragukan lagi, hal ini pula menobatkan dia sebagai salah satu milyader kota Gotham, meski dia memperoleh dari warisan keluarganya.
Batman sendiri dalam aksinya dibantu oleh Robin dan Catwoman. Pertemuan batman dengan mereka punya ceritanya masing-masing. Catwoman sendiri dianggap sebagai pasangan dari sang Batman.
Kisah menarik dari sang super hero kegelapan malan ini juga dibuat versi hollywood nya. Film yang terkenal adalah trilogi karya Sutradara Christoper Nolan. Pertama adalah Batman Begins (2005), kedua The Dark Knight (2008) dan ketiga yang terakhir The Dark Knight Rises (2012).

Kedua tokoh di atas mempunyai banyak kesamaan. Meski begitu ada juga perbedaannya, meski menurut saya tidak banyak. Justru yang sama dari kedua tokoh inilah yang membuat saya mencoba membuat postingan ini.
Kesamaannya, pertama, Tony Stark dan Bruce Wayne adalah super hero dari seorang manusia biasa dan mereka berdua adalah seorang yatim piatu dan pewaris tahta kekayaan keluarga. Kedua, yang membantu mereka disetiap misinya adalah kemampuan finansial. Mereka berdua terkenal sebagai milyader di kotanya masing-masing. Mereka memanfaatkan kemampuan finansialnya untuk menciptakan penemuan-penemuan baru berteknologi tinggi untuk membantu misi mereka. Mereka mempunyai ajudan, alias pembantu yang setia menemani. Tony Stark selalu ditemani pasangannya yang juga sekertarisnya dan sebuah komputer cerdas. Dan Bruce Wayne selalu dibantu oleh Alfred dan Fox, yang selalu membantu menyiapkan segala sesuatu saat Bruce menjalankan misinya. Ketiga, mereka punya ketergantungan yang sama pada markas utama, karena di sanalah sumber segala peralatannya. Keempat, mereka berdua merupakan pribadi yang menarik dan disegani setiap orang di kotanya.
Perbedaan dari kedua tokoh super hero ini, pertama yang saya lihat adalah soal jalan hidup kisah percintaannya. Bruce Wayne punya kisah cinta yang lebih rumit, berbeda dengan Tony Stark yang punya pasangan setia dan sekaligus menjadi asistennya dalam membantu Tony disetiap misinya. Kedua adalah mengenai keterbukaan identitas diri dari sang super hero. Tony Stark secara terbuka membiarkan orang-orang tahu bahwa dirinya adalah Iron Man. Berbeda dengan Bruce Wayne, yang menyembunyikan identitasnya sebagai seorang Batman. Bagi Bruce Wayne penyembunyian identitas dirinya dengan maksud melindungi orang-orang yang disayanginya. Karena apa yang dihadapi seorang super hero adalah hal-hal yang berkaitan dengan sesuatu yang berbahaya.

Iron Man dan Batman, Tony Stark dan Bruce Wayne. Tokoh super hero yang menarik untuk diikuti jalan ceritanya, baik di serial kartun komik atau di serial film hollywood. Meskipun kedua super hero ini tidak mempunyai kekuatan super alami dari dalam dirinya, namun kemampuannya untuk membasmi kejahatan bisa diacungi jempol. Mereka akan tetap menjadi super hero dan pantas untuk bersanding dengan super hero lainnya.
Informasi yang coba saya sampaikan di sini hanya secuil dari profil masing-masing tokoh. Masih banyak kisah dan profil unik dari Tony atau Bruce, karena mereka punya jalan ceritanya masing-masing. Memang ada beberapa serial yang menggabungkan beberapa super hero ke dalam satu cerita. Iron Man dan Batman berada di kelompok yang terpisah. Iron Man sendiri tergabung dalam The Avenger dan Batman tergabung dalam Justice League. Meski mereka tergabung dalam kelompok berbeda, tujuan mereka adalah sama, yakni membasmi kejahatan dan memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Cpr.

Sumber :
Super Hero Stuff. Iron Man Biography | diakses 29 Juli 2012
Wikipedia. Batman | diakses 29 Juli 2012

Posting Komentar

0 Komentar