Mimpi


Mimpi merupakan bunga tidur, kita tidak pernah tahu akan mimpi apa nanti malam. Mimpi datang begitu saja, terkadang pun saat kita tidur tidak memimpikan apa-apa. Saya pernah membaca suatu artikel, bahwa saat kita terbangun dari tidur yang bermimpi, menit-menit awal kita masih bisa mengingat mimpi kita, tapi selanjutnya mimpi kita itu akan sulit diingat detailnya, hanya gambaran umumnya saja. Bahkan ada yang tidak bisa diingat sama sekali.
Mimpi merupakan hal yang unik. Ada pula yang bisa mengartikan mimpi kita, melalui primbon, percaya atau tidak entahlah. Ada contoh, ketika kita bermimpi gigi kita tanggal, katanya akan ada anggota keluarga yang akan meninggal. Atau mimpi bertemu ular dan sebagainya. Semua mimpi dalam primbon atau apa itu punya makna yang bisa dihubungkan dengan kehidupan nyata kita. Percaya atau tidak kembali kepada pribadi masing-masing.
Saya sendiri, menganggap makna mimpi jadi referensi saja dalam hidup. Bila mimpi begini maka begini, tidak semuanya saya percaya, hanya sebagai referensi saja, “Oh begini ya”, hanya sebatas itu saja. Sekarang-sekarang ini saya mencoba melatih mengingat mimpi saya setelah saya terbangun dari mimpi. Karena saya merasa dalam mimpi itu menyajikan cerita yang menarik dan menegangkan, bak di film saja, dan itu yang akan saya coba latih mengingatnya. Karena mengingat mimpi setelah lama kita terbangun merupakan hal yang sulit.
Mimpi menyajikan pengalaman bermacam-macam, dari petualangan, kisah seram, kisah senang, sedih, hal-hal yang aneh dan unik, bahkan sesuatu yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata bisa terjadi di dalam mimpi. Bahkan terkadang mimpi itu suatu saat terwujud di dunia nyata, baik secara sekilas atau keseluruhan, biasanya disebut de javu. Saya juga pernah mengalami hal ini, tetapi biasanya hanya sekilas kejadian. Mimpi masih akan tetap jadi misteri dan bunga tidur. Buat saya mimpi menjadi petualangan tersendiri ketika saya tidur, karena dalam kondisi yang tertidur kita bisa menjelajah kemana pun dan melakukan aktivitas lain.
Beberapa waktu yang lalu saya menemukan artikel menarik Arti & Makna dari Mimpi Buruk, di sana disebutkan beberapa makna dari mimpi-mimpi buruk yang umumnya dimimpikan sebagain orang. Seperti mimpi ditembak senjata api, gigi tanggal, terperangkap, tenggelam, kematian kita, dikejar-kejar, menyetir mobil yang tidak bisa dikendalikan, kiamat, dan tidak bisa bernafas. Itu makna mimpi-mimpi yang dijabarkan dalam artikel yang saya baca. Anda bisa membaca langsung artikel tersebut.
Teruslah bermimpi, karena mimpi datang tanpa diundang dan itu semua kita nikmati secara cuma-cuma alias gratis. Bukankah kita senang dengan yang gratisan? Jadi nikmatilah bermimpi dikala tidur, karena mimpi akan selalu menjadi bunga di saat kita terlelap. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar