Cara Menentukan Saat Ovulasi


Menentukan masa ovulasi sebenarnya susah-susah mudah, terutama bagi perempuan yang mempunyai siklus menstruasi tidak teratur. Saya sendiri laki-laki, saya juga bukan dokter, memang tidak mudah mengetahui hal ini, bagi perempuan sendiri hal ini cukup sulit diterka. Saya mencoba belajar memahami hal ini dan mencari tahu, karena buat saya memahami wanita pada masa-masa ini sangat penting, karena pada masa-masa inilah perempuan agak sedikit sensitif dari biasanya. Oleh karena itu, kita laki-laki harus dan wajib tahu itu, agar bisa mengerti keadaan pasangan kita.
Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila perempuan terebut melakukan hubungan seksual dimungkinkan terjadi kehamilan. Siklus menstruasi dipengaruhi oleh hormon seks perempuan yaitu hormon estrogen dan progesteron.
Bila perempuan yang mempunyai siklus menstruasi teratur, waktunya lebih mudah ditentukan. Masa subur perempuan kurang lebih 14 hari setelah hari pertama menstruasi, dengan siklus haid selama 28 hari. Pada masa subur tersebut akan terdapat satu hari dimana sel telur dilepaskan dari indung telurnya (ovulasi). Untuk memastikan apakah ovulasi sedang terjadi, berikut ini adalah tanda-tandanya :
·         Sebelum ovulasi, ada cairan mulut rahim (servical mucus) yang elastis dan bening seperti putih telur.
·        Pada saat ovulasi, temperatur badan perempuan saat bangun pagi (basal body temperature) meningkat. Hal ini karena adanya peningkatan hormon progesteron yang mengiringi pelepasan sel telur.
·         Sakit perut. Satu dari lima perempuan mengalami sakit perut pada bagian bawah perut sebelah kanan pada saat ovulasi. Tingkat rasa sakitnya bervariasi dan hanya ringan sampai seperti ditusuk-tusuk dan berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam.
Atau, cara yang paling akurat untuk membantu mengetahui ovulasi adalah dengan menggunakan alat tes ovulasi, yang menganalisis sampel urin guna mendeteksi adanya kenaikan hormon lutein yang khas pada saat ovulasi. Atau kalau ingin lebih jelasnya lagi bisa baca : TIPS Bagaimana Menentukan Masa Subur. Semoga dengan artikel ini bisa sedikit membantu kaum laki-laki yang ingin memahami pasangannya. “Karena wanita ingin dimengerti.”

Sumber :
deltapapa.wordpress.com-TIPS Bagaimana Menentukan Masa Subur, 3 April 2008 diakses tanggal 28 Februari 2011

Posting Komentar

0 Komentar