Cinta dan Kasih Sayang


Februari, bulan kedua dalam tahun. Bulan ini memang identik dengan ‘cinta’. Terkadang bulan ini diidentikkan dengan warna merah jambu yang melambangkan warna hati. Karena di bulan ini, tepatnya tanggal 14 Februari, biasanya sebagian orang merayakan Valentine’s Day, memang ini bukan hari raya besar, hanya bentuk perayaan hari tentang kasih sayang. Di bulan inilah biasanya orang memilih waktu untuk menyatakan cinta. Sebenarnya cinta tidak harus pada bulan ini saja, ungkapan cinta dan sayang terhadap siapa pun bisa dinyatakan setiap hari, sepanjang tahun.
Hari kasih sayang juga bisanya diperuntukkan untuk mereka yang sudah berpasangan, baik suami-istri, tunangan yang sudah ada ikatan, yang pacaran juga merayakannya bahkan yang sedang ingin mencari/ menyatakan cinta pada seseorang pujaannya juga memanfaatkan momen ini. Bagi saya hari kasih sayang tidak hanya berkutat pada pasangan. Rasa cinta dan kasih sayang bisa dinyatakan pada siapa saja di sekitar kita. Seperti keluarga, teman dan siapa pun itu. Rasa cinta itu berupa perasaan saling menjaga, menyayangi, bisa juga bentuk perhatian kepada sesama, dan mereka juga bagian dari hidup kita. Jadi benih-benih permusuhan, benci, dendam yang dilandaskan atas perbedaan harusnya bisa disingkirkan. Sehingga suasana tentram dan damai bisa tercipta, indah rasanya.
Sebenarnya hari kasih sayang harusnya dimaknai seperti itu. Hendaknya tidak berlebihan merayakan hari ini, lebih baik lagi kalau hari cinta ini bisa diciptakan setiap hari, sungguh indahnya. Memang, tidak semua orang merayakan Valentine’s Day, karena berdasarkan sejarah hari kasih sayang ini lahir dari sebutah tradisi keagamaan yang kemudian bergeser menjadi hari kasih sayang, dan hal inilah yang membuat sebagian orang berpendapat tidak wajib merayakan bahkan tidak perlu. Tidak masalah sepertinya, yang penting suasana yang berlandaskan cinta dan kasih sayang bisa tercipta, bagaimana caranya asalkan tidak merugikan orang lain, itu yang terpenting.
Sekarang ini, mengawali tahun 2011 banyak sekali suasana kekerasan yang terjadi, bentrok, saling bunuh, saling menghancurkan, penindasan kerap terjadi yang dilandaskan pada perbedaan. Hendaknya dengan cinta dan kasih sayang terhadap sesama bisa menghancurkan kebencian dan suasana yang negatif. Cinta dan kasih sayang harus membawa efek yang positif. Itulah yang harusnya kita maknai dihari kasih sayang ini  menurut saya. Selamat hari kasih sayang 14 Februari 2011. Cpr.

Posting Komentar

0 Komentar